11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan, Kering, dan Ketombe secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Desember 2019 16:25
11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan, Kering, dan Ketombe secara Alami
Kerontokan rambut sudah jadi masalah umum yang di hadapi hampir semua orang. Tapi kalau jumlahnya sudah berlebih, tentu saja akan menyeramkan.

Kerontokan rambut jadi masalah yang umum bagi banyak pria dan wanita. Penyebabnya beragam, bisa karena faktor genetik, penyakit kronis, dan perawatan rambut yang salah. Namun yang pasti, kamu harus segera mencari cara mengatasi rambut rontok biar nggak makin parah.

Perawatannya bisa beragam. Kamu bisa mencari cara mengatasi rambut rontok berdasarkan penyebabnya terlebih dahulu, atau dari solusi yang bisa kamu daptkan segera. Untuk kamu, sudah kami rangkum 12 tips mengatasi rambt rontok yang disalin dari beberapa sumber (18/12).

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Ilustrasi Rambut Rontok © Diadona

Rambut rontok yang berlebihan tidak akan terlihat kayak ketombe. Cuman kamu bakalan shock tiap selesai menyisir rambut, selesai keramas, atau mengikat rambut kamu. Rambut rontok yang berlebihan bisa bikin rambut kamu jadi tipis, atau bahkan bisa berujung masalah masalah kebotakan.

Terapi Hormon

Hampir 65 persen masalah kerontokan rambut disebabkan oleh masalah hormonal. Penyebabnya diarahkan pada hormon dihydrostesteron (DHT) yang menyerang folikel rambut.
Akibatnya, rambut jadi nggak bisa tumbuh dengan baik dan rontok.

Untuk cara mengatasi rambut rontok karena masalah ini, sebaiknya kamu konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk terapi keseimbangan hormon.

Ketokonazole

Obat ketokonazole bisa membantu kamu mengatasi kerontokan rambut untuk beberapa kasus yang disebabkan karena peradangan folikel rambut. Khasiatnya sudah teruji dalam penelitian ilmiah. Kamu bisa mendapatkan ketokonazol dosis rendah dari formulasi produk shampo, sedangkan untuk dosis tinggi bisa kamu dapatkan dengan resep dokter.

 

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami

Ilustrasi Minyak Ketumbar © Diadona

Cara mengatasi rambut rontok juga bisa kamu lakukan dengan bantuan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Tidak hanya murah, bahan ini bisa menghindarkan kamu dari kemungkinan alergi atau hal lain yang muncul.

Lidah Buaya

Daun lidah buaya mengandung gel lengket yang rasanya pahit, namun terkenal di seluruh dunia karena sifat penyembuhannya yang luar biasa. Gel transparan ini terdiri dari 96 persen air, beberapa senyawa organik dan anorganik sejenis protein dengan 18 asam amino, vitamin A, B, C dan E. Salah satu elemen terpentingnya yaitu karbohidrat kompleks yang dikenal sebagai acemannan, yang memungkinkan nutrisi dapat mencapai sel, memberinya nutrisi dan mengeluarkan racun.

Tanaman ini punya kandungan enzim proteolitik yang bisa memperbaiki sel kulit mati yang ada di kepala. Enzim ini juga berfungsi sebagai kondisioner untuk rambut sehat dan berkilau. Keratin, yakni protein utama rambut terdiri dari asam amino, oksigen, karbon, dan sejumlah nitron, hidurogen dan belerang. Lidah buaya punya kandungan bahan kimia yang mirip dengan itu sehingga bisa meremajakan rambut, menutrisinya dan menjadi cara mengatasi rambut rontok yang sangat ampuh.

Teh hijau

Cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau sudah banyak diterapkan dan terbukti ampuh. Teh hijau mengandung antioksidan Epigallocatechin gallate (EGCG). Beberapa penelitian menyebut kalau sneyawa ini bisa menghambat efek hormon yang membuat rambut rontok, sekaligus dapat memperlambat kerontokan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau nyatanya cukup mudah. Kamu cuman perlu merebus tiga kantung teh hijau dan gunakan untuk membilas rambut. Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan dua kali seminggu atau setiap keramas.

Minyak Ketumbar

Tanaman hijau ini punya bahan-bahan diantaranya asam lemak tak jenuh, antioksidan alami, asam folat, beta karoten, kalium, mangan, zat besi. Keseluruhanannya bisa menghambat kerontokanm dan menstimulasi tumbuhnya rambut baru. Biar nggak perlu repot, kamu bisa membeli langsung minyak ketumbar di toko. Panaskan sedikit, lalu pijatkan di kulit kepala kamu.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

Ilustrasi Rambut © Diadona

Masalah rambut rontok dan kering sering dialami para wanita. Terlepas dari jenis rambut yang menurun berdasarkan genetik. Rambut yang kering bikin penampakan rambut terlihat kusam, mengembang dan nggak sehat. Lalu gimana cara mengatasi rambut yang rontok juga kering?

Rawat dengan Konditioner

Cara mengatasi rambut rontok dan kering yang pertama adalah dengan menggunakan konditioner selalu setelah keramas. Pilih produk yang menawarkan solusi dari masalah rambut kamu. Konditioner bisa menggantikan minyak alami rambut merapikan kutikula rambut.

Pakai Hair Mask

Jangan remehkan ritual masker rambut. Perawatan ini penting untuk memperbaiki rambut yang rusak di bagian korteks, sekaligus menutrisi batang rambut. Dibandingkan dengan creambath, perawatan ini lebih praktis daa mudah karena nggak perlu memijat di bagian kulit kepala. Cara mengatasi rambut rontok dan kering dengan hair mask bisa kamu lakukan dengan cara simple, cukup dengan membeli produk dan mengaplikasikannya sendiri di rumah.

Aplikasikan Vitamin Rambut

Vitamin bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok dan kering. Mengapa vitamin penting? Karena seperti bagian tubuh yang lain, rambut kamu juga memerlukan nutrisi untuk tetap sehat. Satu butir vitamin rambut yang kamu pakai setiap selesai keramas bisa membuat rambut kamu halus, lembut dan tidak kering.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Ilustrasi Rambut © Diadona

Biarpun dua masalah rambut tersebut sering mengintai, bukan berarti tidak dicari solusinya, kan? Rambut rontok kamu bisa saja mengarah pada kebotakan rambut, sedangkan keberadaan ketombe akan mengganggu kenyamanan kamu.

Ganti Shampoo Kamu dengan Shampoo Anti Ketombe


Kalau kamu berpikir bahwa semua shampoo tuh sama aja, nah kamu salah besar. Produk shampooo dengan klaim menghilangkan ketombe memang mengandung bahan tertentu yang berfungsi untuk itu.

Beberapa diantaranya yakni ketoconazole, selenium sulfida, zinc pyrithione, coal tar, dan asam salisilat. Satu merk shampoo dengan satu atau kombinasi beberapa bahan tersebut mungkin efektif hanya untuk suatu waktu. Jadi untuk hasil yang lebih maksimal, nggak ada salahnya untuk mengganti kandungan shampoo kamu.

Gunakan Minyak Sereh

Secara tradisional, minyak sereh sering digunakan untuk obat dari masalah pencernaan, tekanan darah dan stress. Sedangkan untuk menangani masalah ketombe, minyak sereh diandalkan dari kandungan antimikro dan antiinflamasinya. Sebuah penemuan kecil di tahun 2015 menyebut, tonik rambut yang mengandung 10 persen minyak sereh bisa mengurangi 81 persen ketombe cuman dalam waktu dua minggu saja.

Pengaplikasikan minyak sereh secara langsung ke kulit kepala bisa menyebabkan iritasi. Kamu harus mengencerkannya terlebih dahulu dengan air. Atau, kamu juga bisa mencampurkan beberapa tetesnya ke dalam shampoo atau kondisioner kamu.

Tea Tree Oil

Keberadaan ketombe di kulit kepala biasanya disebabkan oleh jamur Malassezia. Pada beberapa orang, jumlah jamur ini meningkat karena faktor kebersihan yanng kurang baik, misalnya jarang keramas. Namun bisa juga hal ini terjadi karena kondisi medis tertentu.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa shampoo dengan kandungan 5 persen tea tree oil nyatanya efektif mengurangi ketombe yang disebabkan oleh jamur ini. Selama sebulan, penurunan ketombe tercatat sebesar 41 persen. Dari shampo serupa juga menunjukkan adanya penurunan pertumbuhan mikroba hingga 78 persen.

Beri Komentar