11 Manfaat Kuning Telur Biar Cantikmu Makin Paripurna, Yakin Nggak Mau Coba?

Reporter : Wuri Anggarini
Jumat, 28 Februari 2020 14:00
11 Manfaat Kuning Telur Biar Cantikmu Makin Paripurna, Yakin Nggak Mau Coba?
Penasaran bagaimana mendapatkan cantik yang paripurna bermodal manfaat kuning telur? Begini caranya!

Kecantikan bukan hanya dinilai dari kulit yang cerah atau potongan rambut yang ideal, tapi bagaimana caramu merawatnya. Tanpa harus bergantung pada produk kimia dengan harga yang mahal, manfaat kuning telur bisa membantumu merawat kulit, rambut, bahkan kuku agar tetap sehat dan cantik.

Kuning telur telah digunakan sebagai perawatan untuk menguatkan rambut sejak abad ke-11. Begitu juga, bagian kuning yang berlemak dari telur ini pun dikenal lama sebagai salah satu bahan utama untuk merawat kecantikan kulit. Penasaran bagaimana mendapatkan cantik yang paripurna bermodal manfaat kuning telur? Begini caranya!

1 dari 11 halaman

Kulit Glowing

11 Manfaat Kuning Telur Biar Cantikmu Makin Paripurna, Yakin Nggak Mau Coba? © Diadona

Cara paling populer untuk mendapatkan manfaat kuning telur buat kulitmu adalah mengoleskannya pada kulit yang sudah dibersihkan. Biarkan selama sekitar 30 menit lalu bilas hingga bersih.

Selain memberikan kulit kelembapan yang dibutuhkan, juga membantu kulit tampak halus dan bercahaya. Meskipun beberapa orang mungkin merasa jijik dengan tekstur atau baunya yang dianggap amis, tapi kuning telur bisa jadi masker wajah yang cukup ampuh untuk mengatasi kulit kusam.

2 dari 11 halaman

Menghilangkan Komedo

Manfaat kuning telur lainnya yang akan mempercantik kulit wajah adalah kemampuannya dalam menghilangkan komedo. Sering bikin kulit tampak kotor, keberadaan bintik hitam atau putih seringkali bikin kepercayaan diri jadi tenggelam. Segera buat masker wajah berbahan kuning telur yang dicampur dengan madu dan lemon yang efektif mengurangi komedo, tanpa harus mengeluarkan dana berlebih untuk mengunjungi klinik kecantikan.

3 dari 11 halaman

Memperlambat Proses Penuaan

11 Manfaat Kuning Telur Biar Cantikmu Makin Paripurna, Yakin Nggak Mau Coba? © Diadona

Menjadi tua itu pasti, tapi siapa pun tak ingin tampak melebihi usia yang sebenarnya. Penyebab penuaan dini bisa beragam, mulai dari faktor lingkungan yang tinggi polusi, paparan sinar matahari, pola makan tinggi lemak dan gula, kurang minum, hingga malas berolahraga. Akibatnya, di usia muda banyak yang mengeluhkan kulit yang mulai tampak berkerut, flek hitam, bahkan kehilangan elastisitasnya.

Sebelum berpikir untuk suntik botox, nggak ada salahnya untuk memulai perawatan kulit sederhana di rumah, dengan mengandalkan manfaat kuning telur. Gunakan langsung dengan memijatkannya di kulit wajah secara merata lalu bilas dengan air hangat. Ulangi sekali dalam dua minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

4 dari 11 halaman

Membersihkan Jerawat

Selain untuk menghilangkan komedo, manfaat kuning telur dalam masker wajah juga dapat digunakan untuk menghilangkan musuh bebuyutan kecantikan kulitmu, jerawat. Bengkak, kemerahan dan nyeri membuat jari tangan tergoda untuk memencetnya.

Biasanya jerawat muncul saat wajah dalam kondisi buruk, terutama pada kulit berminyak. Gabungkan kuning telur dengan minyak zaitun dan aplikasikan kombinasi bahan alami ini hingga jerawat akhirnya menghilang dari kulit wajah.

5 dari 11 halaman

Melembapkan Kulit

11 Manfaat Kuning Telur Biar Cantikmu Makin Paripurna, Yakin Nggak Mau Coba? © Diadona

Bermasalah dengan kulit kering? Bukan hanya rentan mengalami penuaan dini tapi juga dapat menyebabkan luka pada wajah, seperti iritasi hingga perih meskipun nggak terlalu serius.

Untuk mengatasinya, tak perlu terlalu banyak menggunakan obat-obatan, cukup dengan manfaat kuning telur yang dioleskan ke kulit wajah setiap hari. Bilas dengan air suam-suam kuku dan jangan lupa oleskan pelembap untuk mendapatkan wajah yang tampak lebih segar dan jauh dari kering.

6 dari 11 halaman

Menghilangkan Lingkaran Hitam

Bagi yang terpaksa lembur atau sering maraton film hingga tengah malam, nggak heran jika lingkaran hitam berubah jadi teman baikmu. Lingkaran hitam di bawah mata membuat wajah tampak kurang segar dan kehilangan glowing-nya.

Untungnya, kamu dapat menghilangkannya dengan jam tidur yang tepat, sekitar 7 hingga 8 jam per hari. Tapi untuk membantu pemulihannya tambahkan beberapa kuning telur di atas lingkaran mata dan lakukan pijatan lembut di atasnya untuk melancarkan sirkulasi darah.

7 dari 11 halaman

Aman Buat Kulit Sensitif

11 Manfaat Kuning Telur Biar Cantikmu Makin Paripurna, Yakin Nggak Mau Coba? © Diadona

Beberapa orang kesulitan mencari produk skincare karena kondisi kulit yang terlalu sensitif. Tak bisa begitu saja menjajal produk baru karena takut akan memperburuk kondisi kulit, mencari yang tepat pun cukup lama.

Untungnya, manfaat kuning telur bisa sangat membantu bagi mereka yang menderita karena kulit yang sensitif. Selain harganya cukup terjangkau dan mudah didapatkan, bahan alami ini cukup ampuh dalam merawat kulit, kecuali mereka yang punya alergi pada telur.

8 dari 11 halaman

Ucapkan Selamat Tinggal pada Rambut Rontok

Bukan hanya menyerang manula, yang masih muda pun dapat menderita kerontokan rambut yang dapat memicu rasa frustasi. Sudah mencoba berbagai hair tonic atau berganti produk perawatan rambut tapi masih saja panik saat melihat lembaran rambut nyangkut di sisir? Saatnya mencoba manfaat kuning telur untuk rambut yang lebih kuat.

Gunakan masker rambut berbahan kuning telur dan sebarkan dengan lembut. Lalu cuci dengan sampo setelah beberapa menit, ulangi beberapa kali dalam sebulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain menggunakan kuning telur saja, bisa juga menambahkan minyak zaitun yang dapat mengurangi aroma khas telur dan meningkatkan kesehatan rambut.

9 dari 11 halaman

Menghilangkan Ketombe

11 Manfaat Kuning Telur Biar Cantikmu Makin Paripurna, Yakin Nggak Mau Coba? © Diadona

Rasa gatal di kulit kepala semakin mengganggu dari hari ke hari. Bisa saja menjajal sampo anti ketombe yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran, tapi bahan yang terkandung di dalamnya tentu saja nggak 100% alami. Jika ingin menjajal bahan alami yang efektif untuk menghilangkan ketombe, tambahkan masker rambut berbahan kuning telur untuk perawatan rambut.

Sebelum mencuci rambut dengan sampo anti ketombe, coba gunakan masker rambut kuning telur terlebih dahulu. Setelah didiamkan selama beberapa menit, bersihkan rambut dengan menggunakan sampo anti ketombe.

10 dari 11 halaman

Rambut Kering

Salah satu elemen kunci dari kuning telur adalah protein yang dikandungnya, sehingga efektif menutrisi dan membuat rambut jadi bersinar. Manfaat kuning telur lainnya yang penting bagi rambut adalah tinggi lemak yang dapat meningkatkan kelembapan rambut. Dalam 100 gram kuning telur terdapat 26,54 gram lemak, spesifik pada lesitin yang kini digunakan dalam beberapa produk perawatan rambut.

Untuk membuat masker rambut berbahan kuning telur, pertama campurkan kuning telur dan beberapa tetes perasan jeruk lemon untuk mengurangi aroma telur. Kocok hingga berbusa lalu oleskan ke rambut dan tutupi dengan shower cap. Biarkan selama 20 menit atau sampai mengering dan terasa lengket saat disentuh.

Bilas dengan air dingin karena air bersuhu tinggi akan menyebabkan telur menggumpal di rambut sehingga menyulitkanmu untuk menghilangkannya dari rambut. Cuci rambut seperti biasa lalu ulangi perawatan rambut sekali atau dua kali dalam sebulan.

11 dari 11 halaman

Merawat Kuku

11 Manfaat Kuning Telur Biar Cantikmu Makin Paripurna, Yakin Nggak Mau Coba? © Diadona

Manfaat kuning telur lainnya adalah merawat kuku agar kuat dan sehat. Kocok kuning telur dan aplikasikan dengan kuas atau langsung celupkan jari-jari ke dalamnya. Biarkan selama 15-20 menit untuk meningkatkan kelembapan kutikula kuku.

Selain melembutkan kutikula, buat yang sebal dengan kuku yang rapuh dan lemah, kombinasikan efek antijamur dari madu dengan kuning telur yang kaya protein. Campurkan dengan sedikit air lalu oleskan ke atas kuku dan biarkan selama 15 menit. Bilas dan rasakan bagaimana kuku jadi lebih kuat dan sehat dengan setiap pemakaiannya.

Ternyata manfaat kuning telur untuk kecantikan nggak main-main, lho. Yuk, buktikan sendiri khasiatnya untuk perawatan dari ujung kuku hingga rambut. (eth)

Beri Komentar