20 Penyebab Rambut Rontok Parah pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Beauty | Senin, 6 Juli 2020 11:14
20 Penyebab Rambut Rontok Parah pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita

Ada banyak penyebab rambut rontok parah yang perlu kamu tahu nih, girls!

Ternyata ada banyak faktor penyebab rambut rontok parah yang bisa berasal dari kebiasaan kita sehari-hari nih! Rambut rontok sih memang wajar. Tapi selagi jumlahnya sekitar 50-100 helai girls. Nah, kalau lebih dari ini perlu kamu waspadai.

Seratus helai rambut terlihat banyak ya? Nggak juga kok. Soalnya nantinya pasti ada rambut baru yang siap tumbuh menggantikan. Tapi kalau berlebihan bisa jadi kamu kehilangan mahkota yang berharga ini. Kenali penyebab rambut rontok berlebih agar bisa kita atasi sedini mungkin ya!

2 dari 8 halaman

Apa Penyebab Rambut Rontok Parah?

 Penyebab Rambut Rontok ParahPenyebab Rambut Rontok Parah © woodlandhillspharmacy
Tahu nggak sih, stress bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok parah loh! Dalam dunia medis, rambut rontok berlebih ini disebut telogen effluvium.

Kondisi rambut rontok ini terjadi di seluruh bagian kepala sampai-sampai menyebabkan kebotakan atau pitak di satu area saja. Hal ini mengakibatkan rambut terlihat tipis. Iniloh faktor lain yang menjadi penyebab rambut rontok parah.

1. Stres fisik secara intensif, misalnya beban pekerjaan yang tinggi.

2. Stres secara emosional, misalnya mengahadapi suatu masalah yang berat, sakit parah, kehilangan pekerjaan dan lain sebagainya.

3. Kekurangan gizi, kayak protein dan zat besi.

4. Menderita anemia.

5. Mengalami demam tinggi juga menjadi penyebab rambut rontok parah.

3 dari 8 halaman

 

6. Efek samping mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya vitamin A dosis tinggi, obat antidepresan, obat hormonal dan pil KB.

7. Berat badan turun drastis, sekitar 9 kg atau lebih.

8. Menjalani pengobatan tertentu, yaitu kemoterapi atau terapi radiasi.

9. Baru sembuh dari sakit.

10. Memiliki penyakit tertentu, misalnya menderita penyakit kelenjar tiroid, alopecia areata, infeksi berat, infeksi jamur di kepala, penyakit autoimun dan sifilis.

4 dari 8 halaman

Penyebab Rambut Rontok Parah pada Wanita

 Penyebab Rambut Rontok Parah pada WanitaPenyebab Rambut Rontok Parah pada Wanita © ctnaturalhealth
Tahu nggak sih girls, meskipun rambut rontok bisa dialami siapapun, tapi perempuan lebih sering mengalaminya loh! Hal ini dikarenakan faktor hormonal pada diri kita. Iniloh penyebab rambut rontok parah pada wanita.

1. Stress fisik intesif yang misalnya karena melahirkan.

2. Adanya perubahan hormonal pada wanita. Misalnya saat hamil, setelah melahirkan atau menyusui bisa menjadi penyebab rambut rontok parah pada wanita.

3. Efek samping mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya vitamin A dosis tinggi, obat antidepresan, obat hormonal dan pil KB.

4. Penggunaan produk perawatan rambut yang berbahan keras, misalnya cat rambut, bleaching rambut atau kebiasaan memakai pemanas rambut.

5. Faktor hormonal, oleh sebab itu perempuan lebih rentan dan sering mengalami rambut rontok parah. Biasanya terjadi antara 6 minggu sampai 3 bulan setelah stres atau karena kondisi medis tertentu.

5 dari 8 halaman

Penyebab Rambut Rontok Parah dan Cara Mengatasinya

 Penyebab Rambut Rontok ParahPenyebab Rambut Rontok Parah © myhairlosssolutions
Selain hal-hal di atas, ini loh penyebab rambut rontok parah dan cara mengatasinya yang perlu kamu tahu. 

Formula Shampoo yang Keras


Bahan yang ada di shampoo itu nggak semua sama ya girls. Ada kig formula shampoo yang keras dan bisa menyebabkan kepala iritasi, kering dan rontok perlahan. Itu kenapa penting banget buat memilih shampoo yang sesuai dengan kebutuhan rambut dan kulit kepalamu.

Pola Makan


Pola makan yang berantakan nggak hanya berpengaruh pada kesehatan lambungmu saja, rambut juga kena imbasnya nih! Kalau asupan gizi nggak terjaga maka kesehatan organ tubuh seperti rambut akan terganggu juga karena distribusi nutrisi terhambat.

Selain kulitmu akan menjadi kusam, rambut juga akan kering dan rontok. Jangan disepelekan deh kalau nggak mau botak.

6 dari 8 halaman

Terlalu Sering Catok dan Blow Rambut


Siapa nih yang hobinya menata rambut dengan mencatok dan blow? Jangan terlalu sering ya girls. Begitu pun dengan penggunaan hair dryer. Mereka bisa mejadi penyebab rambut rontok parah bahkan lebih banyak loh!

Kandungan pada alat-alat styling rambut ini membuat rambut rapuh dan rontok. Selain itu, hindari juga mengikat atau menyisir rambut terlalu sering ya!

Faktor Genetik


Kebanyakan penyebab rambut rontok parah karena hal yang satu ini jarang disadari. Padahal menurut para ahli kalau kamu punya keturunan botak atau rambut tipis, membuatmu cenderung mengalami perubahan hormon testoteron menjadi dihydrotestosteron (DHT).

Nah, hormon karkateristik pria inilah yang menyebabkan rambut rontok. Kalau diproduksi dengan jumlah besar, bisa menyebabkan kebotakan. Itu kenapa penting banget buat menjalani pola hidup sehat.

Infeksi Jamur dan Bakteri


Memang sih jamur selalu ada di kulit kepala dan hal ini wajar. Namun jika pertumbuhan jamur nggak terkontrol, bisa jadi masalah ketombe sampai rambut rontok. Hal ini bisa karena stress atau kurangnya asupan gizi.

7 dari 8 halaman

Terus gimana sih cara mengatasi rambut rontok?

 Ilustrasi Joy Red VelvetIlustrasi Joy Red Velvet © Pinterest/ mymelody106

1. Kamu perlu mengurangi penggunaan produk styling, kayak catokan rambut, hair dryer dan lain sebagainya.

2. Menggunakan minyak zaitun dan minyak rosemary untuk merawat rambut.

3. Santan juga dipercaya bisa menebalkan rambut loh!

4. Menggunakan sisir yang sesuai dan biarkan rambut tergerai bebas. Jangan sering diikat ya!

8 dari 8 halaman

5. Menggunakan shampoo sesuai kebutuhan dan lakukan pijatan di kepala.

6. Oh ya, teh hijau atau yoghurt juga bagus loh untuk dipakai masker rambut.

7. Kalau keadaannya sudah parah dan membutuhkan perawatan khusus, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ya!

Itulah banyaknya penyebab rambut rontok parah pada wanita yang perlu kamu ketahui. Hidup sehat yuk, nggak hanya buat organ dalam tapi juga anggota tubuh luar agar ternutrisi dengan baik!

Join Diadona.id