4 Cara Membuat Minyak Kemiri yang Benar untuk Perawatan Rambut

Beauty | Kamis, 23 Juli 2020 10:02
4 Cara Membuat Minyak Kemiri yang Benar untuk Perawatan Rambut

Reporter : Novi Hardita Larasati

Cara membuat minyak kemiri di rumah bisa dicoba untuk kamu yang pengin menyuburkan rambut.

Bagi ibu rumah tangga, tentu sudah tidak asing dengan cara membuat minyak kemiri. Yaps, selain dipakai sebagai penyedap makanan, kemiri juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut lho.

Biasanyanya, cara membuat minyak kemiri sering di coba para remaja atau ibu rumah tangga sebagai bahan kecantikan serta untuk menumbuhkan rambut si kecil. Sayangnya, tidak sedikit yang paham bagaimana membuat ramuan dari bahan rempah-rempah tersebut dengan benar dan aman.

Nggak usah nunggu lama-lama, berikut cara membuat minyak kemiri di rumah untuk menghemat pengeluaran, yang dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Minyak Kemiri untuk Rambut

 Cara Membuat Minyak KemiriCara Membuat Minyak Kemiri © shutterstock.com/Esin Deniz

Minyak kemiri memang sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek dan harga. Tapi, tak ada salahnya kalau kamu ingin membuatnya sendiri, apalagi membuat minyak kemiri untuk rambut ini cukup mudah.

Langsung saja, berikut cara membuat minyak kemiri untuk rambut yang bisa kamu praktikkan di rumah:

- Pertama, siapkan kemiri yang sudah lepas dari cangkangnya. Semakin banyak jumlah kemiri yang kamu olah, maka semakin banyak juga minyak kemiri yang dihasilkan.

- Siapkan wajan tanpa minyak dengan api kecil, lalu masukkan kemiri yang sudah dibersihkan tersebut ke dalam wajan.

- Sangrai biji kemiri hingga berubah warna menjadi kehitaman, kemudian tumbuk atau blender sampai mengeluarkan minyak.

- Setelah di blender, cara membuat minyak kemiri selanjutnya adalah saring olahan tersebut dengan saringan kawat atau lap bersih untuk memisahkan minyak dengan ampas kemiri.

- Minyak wijen siap digunakan untuk perawatan rambut, deh.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Minyak Kemiri Bakar

 Cara Membuat Minyak KemiriCara Membuat Minyak Kemiri © shutterstock.com/etorres

Cara membuat minyak kemiri selanjutnya ialah dengan dibakar. Pada step yang satu ini ini tergolong cukup mudah dibuat, tapi minusnya adalah warna dari minyak kemiri terlihat lebih pekat akibat proses pembakaran.

Adapun cara membuat minyak kemiri bakar di rumah adalaha sebagai berikut:

- Pertama, siapkan biji kemiri yang sudah bersih dari kulitnya dan jangan lupa untuk mencuci bersih biji kemiri tersebut ya.

- Setelah itu bakar biji kemiri tersebut sampai berwarna hitam pekat, lalu blender biji kemiri hingga mengeluarkan minyak.

- Langkah terakhir, ambil minyak kemiri tersebut dan masukkan dalam wadah. Taraaa...  Minyak kemiri siap untuk digunakan sebagai perawatan kecantikan deh.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Minyak Kemiri yang Benar

 Cara Membuat Minyak KemiriCara Membuat Minyak Kemiri © shutterstock.com/baibaz

Salah satu yang harus dipahami tentang cara membuat minyak kemiri yang benar di rumah ialah harus mengetahui takaran tepatnya.

Sebab, semakin banyak takaran biji kemiri untuk dibuat minyak, maka hasilnya pun juga akan semakin banyak. Namun, hal ini menyesuaikan kebutuhan dan penggunaan dari minyak kemiri tersebut.

Untuk itu, berikut cara membuat minyak kemiri kemiri yang benar:

- Pertama, siapkan bahan dan peralatan untuk membuat minyak kemiri, yakni kemiri sebanyak 250 gram dan air putih secukupnya. Untuk perbandingan, kemiri lebih banyak dari air ya, karena kalau terlalu banyak air akan membuat kemiri terlalu larut.

- Setelah bahan-bahan sudah siap, haluskan kemiri  dengan menggunakan cobek. Tapi, kalau kamu nggak punya cobek, blender bisa jadi alternatif lain kok, guys.

- Oh iya, kalau menggunakan blender, tambahkan sedikit air untuk menghaluskan kemiri secara maksimal, dan aduk terus sampai air serta kemiri bercampur jadi satu.

- Selanjutnya, siapkan wadah untuk menyaring ampas kemiri dengan sari-sarinya menggunakan kain. Pastikan air perasan masuk ke mangkok yang sudah disiapkan.

- Terakhir, didihkan air kemiri menggunakan panci kecil dengan api sedang yang memakan waktu cukup lama, jadi harus bersabar menunggu dan mengaduknya. Baru, setelah mendidih dan berubah menjadi minyak, matikan kompor. Diamkan hingga dingin, lalu tuangkan dalam botol kecil.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Minyak Kemiri untuk Rambut Bayi

 Cara Membuat Minyak KemiriCara Membuat Minyak Kemiri © shutterstock.com/Halil ibrahim mescioglu

Seperti yang diketahui, kemiri merupakan rempah-rempah yang sangat tenar digunakan untuk bumbu dapur. Selain itu, kemiri juga bermanfaat untuk membantu merawat kecantikan kulit dan rambut. Salah satunya ialah dengan cara diperas.

Namun, cara membuat minyak kemiri untuk rambut bayi dengan cara diperas ini membutuhkan waktu dan proses cukup lama. Langsung saja simak rangkaiannya berikut ini.

- Pertama, siapkan biji kemiri yang sudah terkupas sempurna dari cangkangnya ya.

- Setelah itu, kamu bisa memilih dengan cara memarut biji kemiri atau dengan memblendernya, lalu peras biji kemiri sembil menambahkan air sedikit demi sedikit.

- Kemudian taruh air perasan biji kemiri dalam wadah tertutup selama 24 jam penuh. Setelah disimpan 24 jam, masaklah air perasan biji kemiri hingga keluar minyaknya.

-  Lalu masak hingga keluar minyak yang terlihat dari adanya kerak berwarna coklat pekat, kemudian diamkan hingga dingin dan peras minyaknya memakai kain.

- Terakhir, cara membuat minyak wijen dengan diperas ialah masukkan minyak tersebut ke dalam wadah dan gunakan sesuai kebutuhan.

Sayangnya, kekurangan dari proses peras ini ialah minyak kemiri yang dihasilkan hanya sedikit serta membutuhkan waktu yang lama. Tapi minyak yang dihasilkan akan bening sehingga tidak akan mengotori apapun.

Itulah cara membuat minyak kemiri yang dilakukan dengan 4 proses, mudah bukan? Semoga bermanfaat!

Join Diadona.id