5 Produk Kecantikan ini Ternyata Gak Boleh Dipinjamkan, Udah Tahu Belum?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 27 Mei 2021 12:15
5 Produk Kecantikan ini Ternyata Gak Boleh Dipinjamkan, Udah Tahu Belum?
Hati-hati, karena ada bahaya yang mengintai.

Meminjamkan produk kecantikan pada orang lain mungkin terlihat sepele. Namun siapa sangka, kebiasaan ini justru punya dampak berbahaya loh.

Melansir dari Cosmopolitan, ada beberapa produk kecantikan yang ternyata nggak boleh dipakai bergantian dengan orang lain loh. Pasalnya, produk-produk tersebut bisa menjadi media transfer virus dan bakteri.

Lantas, produk apa saja yang sebaiknya dipakai untuk diri sendiri? Yuk, simak selengkapnya.

1 dari 6 halaman

1. Kuas Makeup

Ilustrasi make up yang tidak boleh dipinjamkan © Diadona

Meski sepele, kuas makeup ternyata nggak boleh dipakai bersama dengan orang lain. Pasalnya, kuas makeup bisa menjadi tempat berkumpulnya atau bahkan tersimpannya bakteri.

Kuas yang kurang bersih akibat sering dipakai bersama-sama bisa menyebabkan timbulnya jerawat loh! Ada baiknya jika kamu rajin mencuci kuas makeup setidaknya seminggu sekali agar tetap dalam kondisi bersih.

2 dari 6 halaman

2. Lip gloss

Ilustrasi make up yang tidak boleh dipinjamkan © Diadona

Lip gloss memiliki tekstur lembap yang bisa menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak. Apalagi jika kamu sedang flu, penularan penyakit bisa menyebar lewat lip gloss loh!

Sebisa mungkin, pakai lip gloss untuk diri sendiri ya. Jangan ragu menolak jika ada teman yang ingin meminjamnya.

3 dari 6 halaman

3. Lipstik atau lip balm

Ilustrasi make up yang tidak boleh dipinjamkan © Diadona

Sama seperti lip gloss, lipstik dan lip balm bisa jadi media penularan penyakit jika digunakan bersama-sama. Pasalnya, produk kecantikan ini langsung diaplikasikan ke area bibir yang berisiko menularkan penyakit lewat air liur.

Bisa jadi kamu yang menularkan atau sebaliknya malah kamu yang tertular. So, lebih baik digunakan untuk diri sendiri yaa..

4 dari 6 halaman

4. Maskara

Ilustrasi make up yang tidak boleh dipinjamkan © Diadona

Bukan rahasia lagi, maskara merupakan salah satu produk yang bisa menampung bakteri dan virus menular. Hal ini terjadi saat kamu menarik kuas maskara keluar dan memasukannya kembali ke dalam tabung.

Penggunaan kuas maskara secara bergantian bisa membuat mata rentan mengalami infeksi bakteri. Jika memang harus bergantian, usahakan untuk memakai kuas sekali pakai dan jangan dicelupkan lebih dari satu kali.

5 dari 6 halaman

5. Produk kecantikan dalam wadah

Ilustrasi make up yang tidak boleh dipinjamkan © Diadona

Beberapa produk kecantikan dalam wadah, ada yang perlu diambil menggunakan jari, seperti petroleum jelly, alas bedak, krim wajah, dan lain sebagainya. Penggunaan tangan secara langsung tentunya harus dalam kondisi bersih.

Kamu perlu mencuci tangan dan memastian tidak ada kuman yang menempel, supaya produk pun tetap higienis. Sebisa mungkin, hindari peminjaman produk ini agar tidak terjadi transfer bakteri.

Beri Komentar