5 Tips Miliki Kulit Sehat dan Glowing saat Hamil, Ampuh Bikin Pangling!

Beauty | Senin, 30 Agustus 2021 09:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Bumil wajib coba nih..

Kondisi kehamilan memang bisa mengubah penampilan seseorang. Tidak hanya pada bentuk badan, kehamilan juga bisa memengaruhi kondisi kulit seseorang.

Kejadian yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah munculnya stretch mark. Selain itu, ada pula beberapa jenis skincare dan makeup yang perlu dihindari selama masa kehamilan.

Meski demikian, ada cara yang bisa Mom lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat dan glowing loh! Penasaran seperti apa, simak ulasan selengkapnya ya!

5 Tips Miliki Kulit Sehat dan Glowing saat Hamil, Ampuh Bikin Pangling!
2 dari 7 halaman

1. Makan makanan yang mengandung minyak omega

Ilustrasi Ibu Hamil Makan SaladIlustrasi Ibu Hamil Makan Salad © shutterstock.com/id/g/prostock_studio

Saat mengandung, ibu hamil harus benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Bukan cuma untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan sang bayi, tapi juga untuk menjaga kondisi kulit.

Agar kulit tampak kenyal dan cerah saat hamil, Mom sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya akan minyak omega. Selain itu bisa juga dengan mengonsumsi sayuran hijau, buah, serta daging tanpa warna.

3 dari 7 halaman

2. Perhatikan jumlah air yang dikonsumsi

Saat hamil, penting juga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Pasalnya, kondisi kehamilan seringkali meningkatkan volume darah yang mengakibatkan mual.

Hal ini membuat ibu hamil perlu mengonsumsi air mineral setidaknya dua liter dalam sehari. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi dan nyaman, hal ini juga bisa membantu kulit terlihat bercahaya.

4 dari 7 halaman

3. Pakai skincare yang aman bagi ibu hamil

Ilustrasi Ibu Hamil Pakai SkincareIlustrasi Ibu Hamil Pakai Skincare © shutterstock.com/id/g/andone

Selama masa kehamilan, Mom juga tetap perlu merawat kulit dengan rutin memakai skincare. Pasalnya, akan terjadi berbagai perubahan hormonal yang kadangkala berimbas pada kondisi kulit.

Untuk itu, pemakaian skincare tetap diperlukan. Tapi perlu diingat, pakailah skincare yang memang aman bagi ibu hamil yakni yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

5 dari 7 halaman

4. Gunakan makeup secukupnya

Perubahan kondisi kulit saat kehamilan memang berbeda-beda pada setiap orang, namun ada beberapa tanda-tanda permasalahan kulit yang banyak terjadi. Mulai dari muncul bintik gelap, pigmentasi, lingkaran di bawah mata, hingga kulit yang terlihat pucat.

Menggunakan makeup bisa membantu Mom mengatasi hal ini, tapi jangan terlalu berlebihan yaa.. Selalu gunakan produk yang aman bagi kulit dan memberi tampilan segar dan muda.

6 dari 7 halaman

5. Rawat dan atasi stretch mark sedini mungkin

Ilustrasi Mengatasi Stretch MarkIlustrasi Mengatasi Stretch Mark © shutterstock.com/id/g/dolgachov

Kondisi kehamilan seringkali menyisakan bekas pada kondisi kulit, berupa stretch mark. Biasanya, stretch mark akan muncul pada area perut, payudara, hingga pinggul.

Untuk mengatasi hal ini Mom bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung shea butter, almond, serta zaitun. Gunakan produk-produk ini sejak awal kehamilan agar stretch mark segera teratasi.

Join Diadona.id