6 Standar Kecantikan di Korea Selatan ini Disebut Paling Ketat secara Global, Apa Saja?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 22 April 2022 19:15
6 Standar Kecantikan di Korea Selatan ini Disebut Paling Ketat secara Global, Apa Saja?
Standar kecantikan Korea Selatan menunjukkan tingkat popularitas paling tinggi selama 5 tahun terakhir.

Setiap negara atau kebudayaan pasti punya standar kecantikannya masing-masing. Namun tahu sih, Korea Selatan memiliki standar kecantikan yang popularitasnya sangat tinggi selama 5 tahun terakhir. Standar ini bahkan sampai mengalahkan standar kecantikan di negara-negara Barat.

Standar kecantikan Korea Selatan juga disebut-sebut yang paling ketat di antara negara-negara lain. Mereka memiliki ketentuan atau kriteria spesifik mengenai kecantikan itu tersendiri.

Secara umum, standar kecantikan Korea Selatan ingin menampilkan visual yang cantik, imut, dan awet muda. Maka nggak mengherankan jika standar kecantikan ini menuntut sesuatu yang presisi mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Lantas, apa saja standar kecantikan yang diterapkan di Korea Selatan? Yuk, simak ulasan selengkapnya!

1 dari 7 halaman

1. Wajah kecil dengan rahang bentuk V

Ilustrasi Standar Kecantikan Korea Selatan © Diadona

Standar kecantikan Korea seringkali diwujudkan dalam bentuk wajah yang kecil. Banyak yang menyebut jika wajah kecil adalah inti dari kecantikan seseorang.

Menurut Joyce Kong, seorang koresponden kecantikan Korea di Refinery29, wajah kecil akan memberi kesan yang lebih menonjol karena orang Korea cenderung memiliki mata yang juga kecil. Selain itu, wajah kecil dinilai lebih cantik dan awet muda.

Tak cukup wajah kecil, tapi rahang berbentuk V sering menjadi satu paket dalam standar kecantikan. Rahang berbentuk V akan menampilkan garis rahang yang halus, nggak mencolok, serta dagu akan tampak runcing.

2 dari 7 halaman

2. Hidung mancung

Ilustrasi Standar Kecantikan Korea Selatan © Diadona

Hidung mancung disebut-sebut akan menyempurnakan standar kecantikan versi Korea. Hidung yang mancung, ramping, serta agak runcing dianggap tampak elegan dan modern.

Secara umum, orang-orang bisa melakukan teknik contouring menggunakan makeup untuk 'mengakali' hidung agar tampak mancung. Namun karena makeup sifatnya sederhana, maka operasi plastik dianggap lebih praktis untuk menampilkan hidung mancung.

Standar kecantikan dengan hidung mancung sebenarnya baru berkembang di zaman modern ini. Nggak cuma pada selebriti, namun banyak kaum non-selebriti yang ikut melakukan tren operasi hidung.

3 dari 7 halaman

3. Mulut kecil dengan bibir tebal

Ilustrasi Standar Kecantikan Korea Selatan © Diadona

Standar berikutnya berupa ukuran mulut yang kecil, tapi bibir tampak tebal. Jika digambarkan, bibir bagian bawah harus lebih tebal daripada bagian atas.

Bukan hanya bentuk bibir dan mulut, tapi garis bibir juga memiliki ketentuan sendiri untuk bisa dianggap sempurna. Garis bibir harus menghadap ke atas seperti ketika sedang tersenyum.

Untuk mendapatkan model yang seperti ini, operasi dan filler bibir bisa jadi cara termudah untuk mendapatkannya. Namun, bisa juga dengan trik makeup khusus agar bibir terlihat sesuai standar kecantikan Korea.

4 dari 7 halaman

4. Mata besar

Ilustrasi Standar Kecantikan Korea Selatan © Diadona

Memiliki mata yang lebih besar dengan kelopak mata ganda dan aegyo sal (lapisan kulit menggumpal di bawah mata) juga jadi standar kecantikan lainnya. Mata besar, bentuk bulat dan seperti almond akan dianggap cantik karena memberi kesan awet muda.

Perlu diketahui, kebanyakan orang Korea memiliki bentuk kelopak mata monolid atau tunggal. Penampilan ini dianggap tidak menarik karena tidak ada lipatan yang memisahkan kelopak mata menjadi dua bagian.

Sepertiga orang Korea memutuskan untuk melakukan operasi kelopak mata ganda. Ada pula yang melakukan prosedur aegyo sal dengan menyuntikkan lemak atau filler di bawah mata.

5 dari 7 halaman

5. Kulit putih

Ilustrasi Standar Kecantikan Korea Selatan © Diadona

Orang Korea memang dikenal memiliki kulit yang putih, namun kategori sempurna hanya diberikan pada mereka yang memiliki kulit pucat. Kulit putih pucat dianggap sebagai warna kulit yang terbaik.

Pemahaman ini berasal dari kehidupan sehari-hari di zaman kerajaan. Di zaman dulu, warna kulit dijadikan sebagai identifikasi kelas sosial.

Seseorang dengan warna kulit yang lebih gelap, sering dikaitkan dengan budak atau pekerjaan lain yang memiliki gaji rendah. Sedangkan orang berkulit putih dianggap sebagai kelas menengah atas atau memiliki gaji yang tinggi. Siapa sangka, pemahaman ini justru terbawa hingga sekarang dan dijadikan sebagai standar keindahan budaya.

6 dari 7 halaman

6. Tubuh kurus

Ilustrasi Standar Kecantikan Korea Selatan © Diadona

Bentuk tubuh yang kurus juga sering disebut sempurna, tapi lagi-lagi ada ketentuan yang menjadi penilaian. Standar kecantikan untuk bentuk tubuh adalah rampingm garis bahu lurus, kaki panjang, serta tubuh berbentuk X dan S.

Standar ini membuat Korea Selatan memiliki tingkat obesitas paling rendah di dunia. Minat diet tumbuh pesat, banyak orang yang mengonsumsi pil diet, namun ada pula yang mengambil jalan pintas dengan melakukan sedot lemak.

Meski sudah memiliki bentuk tubuh ideal, biasanya orang-orang Korea harus tetap menjaga pola makan dan olahraga agar nggak mengalami kenaikan berat badan.

Beri Komentar