6 Tips Tampil Menawan Meski Pakai Lipstik Warna Gelap

Beauty | Kamis, 6 Januari 2022 17:51

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Dijamin kelihatan on point!

Kemajuan zaman termasuk di bidang kecantikan, menghasilkan banyak produk dengan varian beragam. Salah satu yang paling banyak jenisnya adalah shade lipstik, mulai dari nude, terang, hingga gelap.

Kebanyakan, orang-orang mengenakan lipstik warna nude dan terang untuk kegiatan sehari-hari. Jarang banget ada yang mengenakan lipstik warna gelap.

Dan memang lipstik gelap biasanya hanya digunakan untuk momen-momen tertentu, khususnya untuk membuat tampilan bold dan dramatis. Namun, penggunaannya nggak bisa sembarangan karena justru bisa 'menghancurkan' penampilan secara keseluruhan.

Lantas, gimana sih cara bikin lipstik wanra gelap memberikan tampilan yang on point dan menawan? Ini dia sejumlah tips yang bisa kamu ikuti, catat yaa~

6 Tips Tampil Menawan Meski Pakai Lipstik Warna Gelap
2 dari 8 halaman

1. Pilih shade lipstik yang tepat

Ilustrasi Memilih LipstikIlustrasi Memilih Lipstik © shutterstock.com/g/SerhiiBobyk

Lipstik dengan warna gelap memang nggak selalu cocok dengan semua warna kulit. Ada kalanya, lipstik warna gelap digunakan untuk nuansa formal.

Jika kamu memiliki warna kulit yang putih atau pucat, kamu bisa menggunakan lipstik dengan warna merah tua atau ungu. Sedangkan pemilik warna kulit yang lebih warm, bisa menggunakan lipstik gelap warna merah bata atau merah kecoklatan.

3 dari 8 halaman

2. Alasi dengan lip balm

Penggunaan lipstik warna gelap juga nggak bisa sembarangan. Kulit bibir yang kering membuat lipstik warna gelap jadi nggak menarik.

Sebaiknya, alasi bibir dengan lip balm yang mengandung vitamin E, jojoba oil, avocado oil, serta coconut oil. Kira-kira 30 menit kemudian, baru deh aplikasikan lipstik warna gelap yang sudah ditentukan watnanya.

4 dari 8 halaman

3. Jangan lupa lip liner

Ilustrasi Memakai Lip LinerIlustrasi Memakai Lip Liner © shutterstock.com/id/g/starush

Menggunakan lip liner juga bisa membantu pengaplikasian lipstik agar tampak lebih rapi. Tentunya, lip liner harus memiliki warna senada dengan warna lipstik yang kamu gunakan.

Coba buat garis tepi di sekitar bibir sebelum lipstik diaplikasikan. Tipis-tipis aja nggak apa-apa, karena lip liner bisa jadi 'pagar' sekaligus 'guide' agar lipstik tetap on point.

5 dari 8 halaman

4. Hindari penggunaan lip gloss

Jika kamu ingin menampilkan kesan bibir gelap, maka sebaiknya hindari penggunaan lip gloss. Lip gloss berpotensi membuat penampilan riasan jadi berantakan.

Tapi jika memang ingin menambahkan kesan mengilat dari lip gloss, tentu ada tekniknya dan nggak bisa sembarangan. Cukup aplikasikan lip gloss bening atau yang senada dengan warna lipstik di bagian tengah bibir.

6 dari 8 halaman

5. Imbangi dengan riasan mata

Ilustrasi Riasan Mata Smokey EyesIlustrasi Riasan Mata Smokey Eyes © shutterstock.com/g/Slava Vladzimirskaya

Untuk menampilkan makeup paripurna, maka imbangi lipstik gelap dengan riasan mata yang sesuai. Coba deh pakai warna-warna eyeshadow yang soft untuk tampilan menawan.

Penting juga untuk membuatnya terkesan dramatis, seperti smokey eyes. Tambahkan juga bulu mata palsu jika diperlukan, untuk bikin riasan mata makin pop-out!

7 dari 8 halaman

6. Bersihkan dengan cleansing oil

Disadari atau tidak, biasanya lipstik gelap lebih sulit dibersihkan atau dihilangkan. Namun tentu ada trik untuk bisa membersihkannya dengan sempurna.

Coba deh gunakan cleansing oil untuk mengangkat lipstik gelap pada bibir. Imbangi juga dengan pemakaian lip scrub 2 kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir.

Join Diadona.id