7 Jenis Batu Akik dan Namanya yang Populer di Indonesia, Punya Keunikan Istimewa loh!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 7 Juni 2021 11:01
7 Jenis Batu Akik dan Namanya yang Populer di Indonesia, Punya Keunikan Istimewa loh!
Aneka jenis batu akik di bawah ini yang jadi incaran banyak orang. Kamu termasuk nggak?

Kepopuleran batu akik berhasil menarik minat masyarakat Indonesia. Apalagi penggemar setianya yang makin dibuat jatuh cinta dengan aneka jenis batu akik. Bukan hanya karena warna cantiknya, harganya pun terbilang mahal.

Malahan, salah satu alasan batu akik jadi primadona adalah harga jual kembalinya yang bikin ngiler. Itu kenapa banyak orang yang menjadikan aneka batu akik sebagai koleksinya.

Namun, ada beberapa jenis batu akik yang termahal di Indonesia loh! Bahkan dipercaya memiliki kekuatan magis di dalamnya. Kalau penasaran, terus scroll down ya!

1 dari 4 halaman

Batu Akik Safir

Jenis Batu Akik Safir © Diadona

Pertama, ada jenis batuk akik Safir yang merupakan golongan termahal. Itulah yang menjadi salah satu alasannya diincar para kolektor. Warnanya begitu cantik dengan khas biru navy ataupun biru muda seperti langit.

Batu akik Safir ini juga dianggap punya khasiat istimewa loh! Ia bisa menenangkan jiwa dan pikiran sebagaimana warnanya yang menyejukkan. Itulah kenapa batu ini diincar dengan harga mahal.

Batu Akik Bacan Hijau

Kalau batuk akik yang satu ini paling populer di kalangan kolektor dan menjadikannya incaran teramai. Bahkan, batu akik ini juga diminati para kolektor batu cincin dari berbagai negara.

Batu ini dipercaya bisa bermetamorfosa secara alami loh! Makin lama, warnanya akan berubah jadi makin indah. Jenis batu akik bacan doko dan palamea yang menjadi terpopuler.

2 dari 4 halaman

Batu Akik Zamrud

Jenis Batu Akik Zamrud © Diadona

Buat batu akik Zamrud sih pasti banyak orang yang sudah tahu. Apalagi batu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Bahkan, ia sudah menjadi perhiasan sejak zaman kerajaan dulu kala.

Batu akik Zamrud juga jadi jenis yang termahal loh! Ia juga menjadi lambang kemakmuran dan kedamaian pada era itu.

Batu Akik Ruby Merah Delima

Sesuai dengan namanya, batu akik berwarna merah darah ini menjadi primadona di kalangan penggemar batu akik. Jenis batu akik ini juga sering disebut sebagai Ruby.

Batu akik ini memiliki kandungan senyawa berupa mineral korundum dan kromium yang membuatnya memancarkan warna merah menyala. Keunikannya membuat ia langka ditemukan. Apalagi ia sering dijadikan permata untuk pusaka magis peninggalan kerajaan di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Batu Akik Kalimaya

Jenis Batu Akik Kalimaya © Diadona

Batu akik Kalimaya ditemukan di daerah Maja, Cimarga, Banten. Tapi kamu juga bisa menemukannya di sekitar Pulau Kalimantan, kok.

Ini nih jenis batu akik yang dibilang punya kekuatan magis. Ia menyimpan kekuatan alam yang berpengaruh positif bagi penggunanya. Selain itu, struktur ddari batu ini juga unik karena bisa memancarkan cahaya menjadi beberapa warna.

Batu Akik Sulaiman

Tahu nggak sih, usut punya usut nama yang diambil untuk batu akik ini karena Nabi Sulaiman a.s pernah pakai batu tersebut. Di balik namanya yang fenomenal itu, batu akik ini punya beberapa jenis yang warnanya merah, kuning atau gabungan dari keduanya loh!

Nggak hanya dibedakan berdasarkan warna, jenis batu akik Sulaiman yang diincar juga yang berupa madu, combing, wulung, daud, pancawarna hingga derajat. Tapi nggak usah khawatir, kamu bisa menemukan batu ini hampir di semua daerah Indonesia, kok.

4 dari 4 halaman

Batu Akik Badar Besi

Jenis Batu Akik Badar Besi © Diadona

Keunikan yang ada di batu akik Badar Besi membuatnya populer. Sampai-sampai, hal yang dimilikinya ini jarang ditemui di jenis lainnya. Yap, keunikannya adalah bisa bereaksi dengan magnet.

Hal ini dikarenakan ia berasal dari besi atau Fe2 O3 yang secara langsung bisa bereaksi kalau didekatkan dengan magnet. Warna yang ia miliki pun beragam, ada gelap kehitaman, cokelat hingga abu-abu.

Tuh kan, ternyata nggak cuma cantik dan mahal, batu akik juga punya manfaatnya sendiri-sendiri. Kalau kamu, paling suka jenis batu akik yang mana nih?

Beri Komentar