7 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah, Cara Menggunakannya Agar Aman dan Efek Sampingnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 5 Januari 2021 11:46
7 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah, Cara Menggunakannya Agar Aman dan Efek Sampingnya
Manfaat cuka apel untuk wajah sering disebutkan oleh penggunanya. Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut. Kalau kamu ingin mencoba, perhatikan tips aman berikut ini ya!

Untuk kamu yang suka banget dengan penggunana bahan-bahan alami untuk kecantikan, pasti tahu deh ada banyak ragam manfaat cuka apel untuk wajah, mulai dari untuk toner sampai memutihkan wajah. Namun di samping itu, beberapa penelitian kesehatan masih belum menemukan manfaat nyata dari penggunaan bahan ini.

Cuka apel dibuat dari fermentasi buah apel dengan ragi dan bakteri. Selama proses fermentasi tersebut dihasilkan senyawa dalam cuka yang disebut asam asetat, yang terkenal dengan sifat antibakteri dan antijamurnya.

Ada juga kandungan asam sitrat, asam alfa hidroksi atau AHA yang bisa digunakan untuk mengelupas, mencerahkan dan juga menghaluskan kulit. Manfaat cuka apel untuk wajah juga didukung dengan kandungan antioksidan polifenol, yang dapat membantu memperbaiki penampilan kulit.

Tingkat keasamaan dari cuka sari apel ini lumayan tinggi lho, sehingga agar penggunaannya aman serta mendapatkan manfaat cuka sari apel untuk wajah, perlu dilakukan pengenceran terlebih dahulu. Lebih lanjut, yuk simak dalam ulasan Diadona berikut ini

1 dari 3 halaman

Manfaat Cuka Apel Bragg untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah © Diadona

Ada beberapa merk cuka apel yang dikenal di pasaran, salah satunya yakni cuka aepl Bragg. Untuk kemasan berukuran 1 liter, harganya dibandrol sekitar Rp. 200 ribu. atau untuk pilihan yang lebih murah, kamu bisa mencoba kemasan kecilnya terlebih dahulu.

Oke, sebelum ke apa aja manfaat cuka apel untuk wajah, kamu perlu tahu dulu nih apakah kulit kamu cocok dengan produk ini atau engga. Terlebih produk ini nggak ditujukan untuk semua orang atau beberapa orang mengalami masalah iritasi hingga munculnya luka bakar di kulit. Kan sayang tuh kalau duah beli mahal-mahal ternyata terbuang percuma dan malah bikin kulitmu bermasalah.

Tenang aja kok, ada bebertapa tahapan pengujian yang bisa kamu lakukan.

Pertama, sapukan dulu campuran cuka apel yang akan kamu gunakan di bagian tersembunyi, misalnya di bawah garis rahang.

Trus bila ingin menggunakannya sebagai toner, encerkan satu sendok makan cuka apel ini dengan 2 gelas air. Dengan menggunakan bola kapas atau bundar, usapkan campuran tersebut dengan lembut pada kulit kamu lalu bilas. Mulailah menggunakannya dua sampai tiga kali seminggu dulu untuk melihat apakah produk ini memberikan reaksi yang nggak diinginkan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah © Diadona

Menurut International Journal of Women's Dermatology, salah satu metode penggunaan cuka sari apel adalah dengan mengencerkannya karena tingkat keasaman yang tinggi.

Pembersih Muka

Karena sifatnya yang bisa sebagai antibakteri dan antijamur, manfaat cuka apel untuk wajah yakni bisa digunakan sebagai pembersih wajah. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

- 1/4 gelas air hangat
- 1 sendok makan cuka apel

Campurkan keduanya, lalu gunakan sebagai pembersih muka dan pengganti sabun atau bahan kimia lainnya.

Sayangnya nih sifat antimikroba pada kulit ini baru diteliti pada sel yang dibudidayakan, bukannya sel pada manusia yang hidup. Jadi secara nggak langsung masih belum ada nih penelitian apakah mengobti jerawata memang benar-benar merupakan manfaat cuka apel untuk wajah.

Toner

Dalam perawatan kulit, toner punya peran sebagai pembersih lebih lanjut dan mengencangkan kulit serta melindungkinya dari bakteri dan kotoran lainnya. Nah, saat dioleskan ke kulit sebagai toner, manfaat cuka apel untuk wajah ini didapat dari sifatnya sebagai astringent yakni produk berbahan dasar air yang punya kemampuan buat menyingkirkan kotoran yang menempel setelah cuci muka.

Tapi manfaat cuka apel untuk wajah sebagai toner ini nggak direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulti kering ya karena bisa menyebabkan kulit makin kering hingga iritasi. Cuka apel sebagai toner ini sebaginya digunakan untuk mereka yang punya kulit berminyak, berjerawat dan juga pemilik kulit kombinasi.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampur air dan cuka apel denngan perbandingan 1:2 lalu tak-tapkan di wajah dengan menggunakan kapas. Kamu juga bisa menggunakan botol semprot agar cuka apel bsia merata hingga ke seluruh wajah.

Mengobati Jerawat

Beberapa orang mengklaim kalau manfaat cuka apel untuk wajah yakni sebagai obat jerawat karena sifat antimikrobanya. Jika diencerkan dengan benar, cuka sari apel dapat mengurangi bakteri di kulit yang memperburuk jerawat.

Kamu bisa mengoleskan larutan langsung ke jerawat, trus bilas. Bila kulit terasa kering dan teriritasi, hentikan pemakaian ya dan coba beralih keperawatan lainnya.

Sayangnya, dikutip dari Medical News Today, nggak ada bukti ilmiah yang mengkonfirmasi manfaat cuka apel untuk wajah ini. Jadi sebelum melakukan perawatan dengan bahan ini, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit ya!

Mengobati Bekas Jerawat

Asama salisilat atau glikolat dari cuka apel yang diencerkan diklaim bisa sebagai pengelupasan kimiawi untuk mengobati bekas jerawat. Tapi penting banget untuk diskusi dengan ahlinya sebelum menggunakan cuka apel dengan cara berikut ini.

3 dari 3 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah © Diadona

Mengatasi Keriput

Memang nggak ada bukti ilmiah mengenai manfaat cuka apel untuk wajah keriput. Kebanyakan, kalim tersebut hadir dari beberapa orang yang menggunakannya.

Katanya nih penggunaan toner cuka apel dapat membantu mengencangkan kulit dan melindunginya dari unsur lingkungan yang berbahaya. Mengencangkan sel-sel kulit juga dapat membantu memperkuat kulit dan mencegah terbentuknya kerutan.

Meredakan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Beberapa orang mengambil manfaat cuka apel untuk wajah sebagai obat sengatan matahari. Sayang, belum ada bukti ilmiah yang emndukung hal ini.

Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit adalah tahapan penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang bikin wajah kusam dan bisa menimnbulkan jerawat. Dan cuka sari apel mengandung beberapa asam, termasuk asam malat yang katanya sih punya fungsi sebagai eksfoliator kimiawi dan enghilangkan lapisan kulit terluar.

Informasi tentang manfaat cuka apel untuk wajah emang banyak ditemukan di internet. Sayangnya, belum ada penelitian yang memebrikan bukti ilmiah dari hal ini. Sehingga dalam penggunaan kamu harus hati-hati dan segera hentikan bila terjdi iritasi.

Beri Komentar