7 Penyebab Rambut Beruban di Usia 20-an, Bisa Dicegah Nggak ya?

Beauty | Selasa, 8 September 2020 19:00

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Selain genetika, rupanya masih ada faktor lain dario gaya hidup yang berkontribusi sebagai penyebab rambut beruban cepat datang.

Rambut beruban umumnya terjadi pada mereka yang sudah mendekati paruh baya. Bikin kaget banget kan kalau ini terjadi di usia yang muda? Lalu, apakah ini normal? Apa penyebab rambut beruban ini ya?

Secara umum nih penyebab rambut beruban yaitu ketika tubuh udah berhenti memproduksi pigmen.

Pigmen yang memberi warna pada rambut dan kulit yang disebut dengan melanin, akan dilepaskan saat rambut tumbuh. Namun seiring dengan bertambahnya umur, melanin berhenti terbentuk dan rambut mulai kehilangan warnanya. Pertama, rambut bakalan berubah jadi abu-abu sampai akhirnya memutih karena produksi melanin yang udah berhenti seutuhnya.

Rambut berubah erat kaitannya dnegan penambahan usia, tapi ini bisa sangat bervariasi. Ada yang berumur 60 tahun tapi belum beruban, eh tapi ada juga yang sudah mulai punya uban di umur 20 tahun. Coba deh simak ulasana Diadona berikut mengenai apa saja penyebab rambut beruban.

7 Penyebab Rambut Beruban di Usia 20-an, Bisa Dicegah Nggak ya?
2 dari 4 halaman

Penyebab Rambut Beruban di Usia 20an

Penyebab Rambut BerubanPenyebab Rambut Beruban © 2020 GettyImages.com

Kalau rambut kamu beruban di umur 20 tahunan, sebenarnya hal ini agak nggak biasa kalau orang tua kamu baru mengalami pemutihan rambut di umur paruh baya mereka. Kalau rambut kamu mulai beruban di kisaran umur yang lebih muda ketimbang anggota keluarga lainnya, kemungkinan penyebab rambut beruban ini ada pada lingkungan dan gaya hidup kamu.

Mengutip dari Health, Marie Jhin, MD, seorang dokter kulit bersertifikat dan direktur Dermatologi Premier di San Francisco mengeksplorasi apa aja nih kira-kira penyebab rambut berubah di umur yang reatif muda.

Genetika

Kalau rambut orang tua kamu cenderung memutih lebih cepat, kemungkinan kamu bakalan mengalaminya juga lho! Namun kalau ini nggak terjadi pada orang tua kamu, berarti ada faktor lain yang jadi penyebab rambut beruban ini, yakni:

Stres

Hubungan mengenai stres sebagai penyeba rambut beruban ini memang masih diperdebatkan. Tapi, beberapa penelitian mengungkapkan memang ada kaitannya antara dua hal tersebut.

Di tahun 2013 lalu Universitas New York meneribitkan penelitian di Nature Medicine yang mengungkap kalau stres bisa menipiskan sel induk dari dasar folikel rambut pada tikus.

Memang, penelitian tentang stres sebagai penyebab rambut beruban memang belum banyak dilakukan, tapi ada banyak bukti non ilmiah yang mendukung klaim ini.

Namun, dikutip dari Shape, Dr. Doris Day, seorang dokter kulit bersertifikat dan profesor klinis dermatologi di Universitas New York menjelaskan kalau sebenarnya stres bukan penyebab rambut beruban secara langsung. Namun sebuah akselerator dari segala hal yang membuat seseorang jadi keliatan lebih tua.

Dan bagi sebagian orang, tergantung pada genetika mereka, tanda pertama penuaan adalah rambut yang mulai beruban.

Stres sebagai penyebab rambut beruban sebagian besar berkaitan dengan perubahan kortisol alias "hormon stres". Kadar kortisol yang tinggi dapat mempengaruhi dan mempercepat penuaan folikel, yang pada akhirnya dapat menyebabkan rambut beruban.

Kondisi Medis

Ini memang jarang terjadi, tapi kondisi medis bisa jadi penyebab rambut beruban. Misalnya, penyakit tiroid atau masalah dengan kelenjar pituitari.

Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut, seperti alopecia atau vitiligo, juga bisa menyebabkan uban bermunculan di usia yang relatif muda.

Produk Perawatn Rambut

Salah satu bahan dalam produk kecantikan rambut rupanya bisa bikin uban jadi cepat muncul. Salah satu yang paling kerap dijumpai yaitu hidrogen peroksida, yang bila digunakan secara berlebih bisa mengurangi produksi melanin pada rambut.

3 dari 4 halaman

Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Penyebab Rambut BerubanPenyebab Rambut Beruban © 2020 clooneyclub.com/

Kekurangan Vitamin 12

Kemungkinan lain penyebab rambut beruban yaitu kekurangan vitamin B12. Ada sejumlah orang yang berisiko mengalami kekurangan vitamin ini, yakni vegetarian atau mereka yang minum pil KB.

Tapi bisa juga nih penyebab rambut beruban ini karena anemia pernisiosa, yaitu penurunan sel darah merah yang terjadi karena usus nggak bisa menyerap cukup vitamin B12.

Merokok

Merokok punya efek yang buruk banget untuk kulit dan rambut. Penelitian mengungkapkan ada hubungan antara perokok dengan kemunculan uban sebelum umur 30-an.

Tapi, perlu diingat kalau semua penyebab rambut beruban ini punya pengaruh yang kecil banget ketimbang genetika. Bila ternyata kondisi uban di usia muda adalah sesuatu yang umum di keluarga kamu, berarti ini adalah sesuatu yang nggak bisa kamu hindari.

4 dari 4 halaman

Penyebab Rambut Cepat Beruban

Penyebab Rambut BerubanPenyebab Rambut Beruban © 2020 shutterstock.com/imtmphoto

Rambut cepat sekali beruban. Gimana cara mengatasinya ya? Apakah mencabut uban bikin jumlahnya bertambah banyak?

Engga kok.

Sayangnya ketika uban dicabut, maka rambut yang tumbuh akan berwarna putih juga. Mencabut satu uban akan memunculkan uban yang baru. Jadi daripada dicabut, kamu bisa menyamarkannya dengan cat rambut warna apapun yang kamu suka.

Nggak ada cara yang terbukti secara alamiah bisa mengembalikan warna alami rambut sebelum beruban. Nggak jarang sih orang ngerasa ketakutan karena uban identik dengan penuaan.

Tapi nggak usah khawatir karena ada beberapa cara pencegahan yang bisa kamu usahakan untuk mencegah uban muncul lebih banyak lagi. Ingat, tubuh, terutama kulit dan rambut punya kemampuan besar baut beregenerai. Kalau kamu nggak ingin kulit dan rambut mengalami penuaan dengan cepat, kamu bisa menghindari rokok atau menerapkan gaya hidup lebih sehat.

Join Diadona.id