8 Manfaat Garam untuk Wajah Bopeng dan Berjerawat, Nyatanya Bisa Meningkatkan Produksi Kolagen

Beauty | Kamis, 6 Mei 2021 16:14

Reporter : Sheila Fathin

Jerawat dan bopeng hempas dengan air garam

Manfaat garam untuk wajah memiliki khasiat yang bagus. Kandungan yodium pada air garam untuk kulit ternyata memberikan efek yang baik. Walaupun, garam jika dikonsumsi dapat menyebabkan kembung dan bisa meningkatkan tekanan darah tinggi. Saat digunakan pada kulit efeknya tidak begitu buruk. 

Kulit wajah memiliki bermacam-macam masalah seperti berminyak, berjerawat, kering hingga iritasi. Banyak orang yang belum tahu tentang manfaat garam untuk wajah dan perawatannya. Air garam ternyata bisa membantu mengatasi permasalahan kulit. Hal itu karena garam sendiri mengandung mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, zat besi dan lainnya. Menurut para ahli kandungan-kandungan tersebut bisa diyakini untuk membantu peradangan pada kulit hingga mampu mencerahkan kulit wajah. Berikut ini menurut beberapa ahli manfaat air asin untuk kulit.

8 Manfaat Garam untuk Wajah Bopeng dan Berjerawat, Nyatanya Bisa Meningkatkan Produksi Kolagen
2 dari 3 halaman

Manfaat Air Garam untuk Wajah

Manfaat Garam untuk WajahManfaat Garam untuk Wajah © 2021 freepik.com

Mampu Menangani Semua Pemasalahan Kulit

Air garam memiliki kandungan mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Kandungan-kandungan itu merupakan mineral yang ramah terhadap kulit. Manfaat garam untuk wajah dapat membantu memerangi bakteri penyebab jerawat, infeksi kulit dan mempercepat proses penyembuhan. 

Manfaat garam untuk wajah juga bisa membantu mengurangi minyak berlebih dan membantu mengontrolnya. 

Sebagai Eksfoliasi Kulit yang Lembut

Garam bisa digunakan sebagai bahan eksfoliator yang bagus untuk kulit. Garam digunakan untuk membuka pori-pori agar lebih bersih, meningkatkan sirkulasi darah, dan memungkinkan kulit kamu mendapatkan perawatan lainnya. Jika memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan air garam untuk tubuh kamu, bukan untuk wajah, di mana kulit kamu lebih tipis dan lebih mudah teriritasi.

Berfungsi untuk Meremajakan Kulit

Manfaat garam untuk wajah yang memiliki jenis kulit sensitif, kamu bisa mendapatkan kulit yang lembut dengan menggunakan air garam ini. Hal ini karena air garam dapat membantu pergantian sel kulit mati dan membantu mendapatkan tekstur wajah yang lebih lembut.

Mengurangi Peradangan

Air garam untuk wajah bisa bermanfaat untuk mengurangi kulit yang terasa kulit dan meradang. Dilansir dari National Eczema Foundation, satu cangkir garam dapat meredakan iritasi dari eksim.

3 dari 3 halaman

Manfaat Garam untuk Wajah Bopeng dan Berjerawat

Manfaat Garam untuk WajahManfaat Garam untuk Wajah © 2021 freepik.com

Air garam juga bisa membantu untuk wajah berjerawat. Kira-kira apa yang bisa dilakukan air garam untuk wajah berjerawat?

Membantu Mengurangi Jerawat

Manfaat  garam dapat membantu kamu menyerap bakteri di kulit kamu. Hal ini juga dapat mengencangkan kulit kamu untuk mengecilkan pori-pori yang menyedot minyak dan racun yang menyumbat pori-pori keluar dari kulit kamu untuk mengurangi jerawat dan mencegah munculnya lagi.

Bisa Berfungsi sebagai Toner Wajah

Manfaat air garam untuk wajah berjerawat bisa digunakan untuk toner yang dapat membantu mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak berlebihan dan membuat kulit terasa halus dan segar.  Air garam dapat melakukan semua ini, dan tidak memerlukan biaya lima belas hingga dua puluh dolar di toko kecantikan lokal kamu seperti yang dilakukan banyak toner wajah kelas atas.

Untuk menggunakan air garam sebagai toner wajah, cukup tuangkan air garam laut murni ke dalam botol semprot. Setiap kali mencuci muka dan sebelum merias wajah, semprotkan wajah dengan air garam untuk membuatnya terasa segar dan bebas minyak sepanjang hari.

Menghambat Komedo Muncul

Manfaat air garam untuk wajah bopeng dan berjerawat adalah menghambat munculnya komedo. Komedo muncul disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang berkumpul dan menyumbat pori-pori. Air garam ini berfungsi untuk mencegah terjadinya komedo tadi.

Membantu Meningkat Produksi Kolagen

Menutup bopeng bisa dilakukan dengan cara meningkatkan produksi kolagen. Manfaat air garam ini bisa digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen secara bertahap. Selain itu garamnya bisa kamu gunakan sebagai scrub.

Manfaat garam untuk wajah cukup bermanfaat. Air garam bisa membuat kulit wajah menjadi lembut dan lembab.

Join Diadona.id