Ampuh Menyamarkan Kerutan, Ini Tips Makeup dari Para Ahli untuk Wanita Usia 40-an

Beauty | Jumat, 17 September 2021 20:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Trik makeup ini bikin kulit terlihat kencang.

Memasuki usia 40-an, kulit manusia akan ikut mengalami penuaan. Salah satu tanda yang menunjukkan penuaan tersebut yakni dengan munculnya garis halus hingga kerutan.

Untuk mengatasinya bisa dengan menjalankan pola hidup sehat serta memakai skincare untuk perawatan kulit. Namun ada cara cepat untuk menyamarkan kerutan, yakni dengan menggunakan makeup.

Ampuh Menyamarkan Kerutan, Ini Tips Makeup dari Para Ahli untuk Wanita Usia 40-an
2 dari 8 halaman

Para ahli menyebut cara termudah yang perlu dilakukan yakni lebih dulu dengan mengetahui tone kulit dan shade apa yang cocok untuk diaplikasikan. Selain itu, mempersiapkan kulit agar memiliki kondisi yang paripurna sebelum di-makeup pun perlu dilakukan.

Berikut ada 6 tips makeup yang bisa kamu ikuti untuk menyamarkan garis halus dan kerutan di kulit. Simak selengkapnya ya!

3 dari 8 halaman

1. Gunakan foundation yang ringan

Untuk wanita usia 40-an, penggunaan foundation tetap diperlukan namun sebaiknya pilih yang memiliki tekstur ringan. Foundation yang ringan tidak hanya memudahkan kamu untuk meratakannya, namun juga bisa menutupi masalah kulit dan memberikan kesan halus dan dewy.

"Gunakan kuas untuk mengoleskan sedikit alas bedak ke kulit sebelum menggunakan beauty blender yang lembap untuk melembutkan di sekeliling wajah," ujar Robert Sesnek, penata rias selebriti untuk Catrice Cosmetics.

4 dari 8 halaman

2. Pakai bedak seminimal mungkin

Di usia 40-an penggunaan bedak ternyata tidak terlalu diperlukan. Bedak bisa dilewatkan atau cukup diaplikasikan sedikit saja. Hal ini membantu kulit tampak awet muda.

"Jika kulit kamu benar-benar berminyak, cukup gunakan pada hot spot seperti T-zone saja," ujar Robert.

5 dari 8 halaman

3. Seimbangkan shade makeup

Jamie Greenberg, seorang makeup artis menyarankan agar wanita usia 40-an selalu menyeimbangkan warna/shade makeup yang digunakan. Terutama untuk warna lipstik dan riasan mata, sebisa mungkin pilihlah shade yang terlihat seimbang.

Greenberg mencontohkan, jika lipstik terlihat bold maka riasan mata sebaiknya terkesan lembut. Hal ini pun berlaku sebaliknya.

6 dari 8 halaman

4. Rias area mata dengan sederhana

Untuk memberi tampilan awet muda, beberapa makeup artist menyarankan untuk memilih warna-warna lembut. Nechelle Turner, seorang penata rias menyebut jika garis keras yang kuat bisa memberi efek berat pada mata.

Sebaiknya pilih eyeshadow cair atau krim untuk memberikan sapuan sederhana pada kelopak mata. Selain itu, tekstur ini lebih mudah diaplikasikan dan cenderung tidak menimbulkan garis halus di area mata.

7 dari 8 halaman

5. Jangan skip blush on

Blush on jadi salah satu item yang nggak boleh dilewatkan. Blush on ini akan membantu menyatukan semua makeup yang sudah diaplikasikan.

"Aplikasikan blush on tinggi-tinggi pada tulang pipi untuk mengangkat wajah dan menambah dimensi. Bisa juga dengan memadukan blush on ke arah kelopak mata," ujar Robert.

8 dari 8 halaman

6. Pilih lipstik yang tepat

Yang terakhir dan cukup penting yakni tentang pemilihan lipstik. Jangan cuma memakai lipstik, tapi juga gunakan lipliner untuk membuat ilusi bibir yang penuh tapi nggak terlihat berlebihan.

Sebisa mungkin pilih lipstik yang memiliki formula pelembap di dalamnya. Hindari penggunaan lipstik matte karena bisa membuat bibir terlihat kering dengan garis-garis halus.


Itu dia sejumlah tips makeup dari para ahli untuk wanita usia 40-an. Semoga menginspirasi dan selamat mencoba!

Join Diadona.id