Bukan Cuma Kulit, Rambut Juga Bisa Alami Penuaan lho! Kenali Tanda-Tandanya, Yuk

Beauty | Rabu, 17 Juni 2020 19:30
Bukan Cuma Kulit, Rambut Juga Bisa Alami Penuaan lho! Kenali Tanda-Tandanya, Yuk

Reporter : Devi Puspitasari

Apa aja sih tanda-tandanya?

Seiring bertambah usia, ternyata nggak cuma kulit kita yang mengalami penuaan namun juga rambut. Selama ini, mungkin kita lebih familiar ya dengan penuaan dini yang terjadi pada kulit ketimbang pada rambut.

Mengenali tanda-tanda penuaan pada rambut juga nggak kalah penting lho agar kita bisa melakukan penanganan yang tepat. Apa saja sih tanda-tandanya? Melansir dari Huffpost, yuk kita simak tanda-tanda paling umum yang dibagikan oleh dermatologis di bawah ini.

2 dari 5 halaman

Beruban

 Rambut UbananRambut Ubanan © Healthline.com

Pasti kita udah familiar ya dengan tanda penuaan rambut satu ini atau malah kita udah mulai mengalaminya nih.

Dr. Jeffrey Benabio, dokter kulit sekaligus direktur dokter transformasi kesehatan di Kaiser Permanente, San Diego mengatakan bahwa rata-rata orang mulai memperhatikan uban pertama mereka di usia 30an lho, namun kebanyakan di usia 40an.

" Rambut jadi beruban saat sel berhenti memproduksi pigmen, yang terjadi secara alami seiring bertambahnya usia. Pada usia 50, 50 persen orang memiliki rambut beruban," kata Benabio.

3 dari 5 halaman

Penipisan Rambut

 Penyebab Rambut RontokPenyebab Rambut Rontok © ladyfirst

Sebenarnya, sangat normal kok untuk kehilangan sekitar sekitar 100 helai rambut per hari berapapun usiamu. Meski begitu, penipisan rambut bisa jadi salah satu tanda penuaan pada rambut lho.

“ Untuk pria dan wanita normal (walaupun tidak menyenangkan) untuk mengalami penipisan rambut seiring bertambahnya usia," ungkap Benabio.

Benabio mengatakan bagi wanita perubahan hormon bisa juga memengaruhi pola pertumbuhan rambut. Maka dari itu, nggak jarang wanita menopause mengalami penipisan sekaligus kerontokan rambut dalam waktu yang bersamaan.

4 dari 5 halaman

Rambut Kering

 Ilustrasi rambut keringIlustrasi rambut kering © cdnparenting.com

Rambut kering juga jadi tanda penuaan pada rambut berikutnya. Heather Woolery-Lloyd, seorang dermatologis asal Amerika menjelaskan bahwa kelenjar minyak kita akan menyusut seiring waktu dan nggak menghasilkan minyak lagi secara efisien.

" Saat kita muda, minyak mengalir ke folikel rambut dan melapisi rambut secara alami. Sebaliknya, saat kita sudah tua folikel tidak menghasilkan minyak sebanyak sebelumnya yang menjadikan rambut kita jauh lebih kering dari yang pernah kita ingat saat remaja," ucap Woolery-Lloyd.

Woolery-Lloyd menyarankan untuk menghindari menggunakan catok dengan suhu yang tinggi dan hairstyling yang agresif agar mencegah hilangnya minyak alami pada rambut.

5 dari 5 halaman

Rambut Rapuh

 Ilustrasi rambut rapuhIlustrasi rambut rapuh © prevention.com

Sayangnya memang benar bahwa seiring bertambahnya usia, rambut juga kehilangan elastisitasnya. Hal ini yang menyebabkan rambut jadi rapuh.

Meski begitu, Benabio mengatakan jika rambut rapuh ini lebih terkait dengan produk yang kamu gunakan ketimbang penuaan rambut itu sendiri.

“ Tapi seringkali, rambut kering dan rapuh kurang terkait dengan penuaan dan lebih terkait dengan produk yang kamu gunakan. Rambut yang berulang kali dirawat dengan bahan kimia seperti bleaching, smoothing, dan mewarnai rambut bisa membuat rambut jadi kaku, kering dan rentan terhadap kerusakan," ungkap Benabio.

Nah, itu dia empat tanda yang paling umum dan menonjol dari penuaan rambut. Dari keempatnya, mana nih yang pernah kamu alami?

Join Diadona.id