Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju dengan Cepat dan Efektif

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 18 September 2020 09:34
Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju dengan Cepat dan Efektif
Inilah cara menghilangkan noda tinta di baju dengan cepat. Dijamin ampuh untuk noda yang membandel.

Seringkali tanpa sadar kamu atau rekan kerja menggoreskan pulpen sehingga tintanya meninggalkan noda di baju. Tentu saja, hal ini akan membuatmu merasa jengkel saat baju kesayanganmu terkena noda tinta yang membandel.

Terlebih pada baju berwarna terang, noda tinta akan terlihat jelas sehingga membuatmu langsung mencari cara menghilangkan noda tinta di baju dengan cepat dan efektif.

Eits, tapi kamu nggak usah khawatir. Sebab kamu bisa melaksanakan berbagai cara menghilangkan noda tinta di baju dengan efektif dan mudah hanya menggunakan berbagai barang-barang yang ada di rumahmu.

Apa saja itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini yang telah kami lansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju Warna Putih

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju © Diadona

Menggunakan baju putih saat di kantor, sekolah, ataupun pertemuan yang resmi tentu harus berhati-hati. Pasalnya, kalau kamu ceroboh sedikit, hal ini akan membuat penampilanmu semakin buruk karena ada sedikit noda yang menempel pada baju yang kamu kenakan tersebut.

Kalau sudah begitu, kamu pun langsung bingung dan mencari cara menghilangkan noda tinta di baju putih. Sebab, baju putih yang terkena noda tinta sangat sulit sekali untuk dihilangkan.

Tenang saja, cara menghilangkan noda tinta di baju warna putih bisa kamu lakukan dengan mudah hanya menggunakan berbagai bahan-bahan di bawah ini. Penasaran? Berikut diantaranya.

1. Cuka

Selain digunakan untuk menjaga kesehatan gigi, ternyata cuka dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan noda tinta di baju warna putih yang efektif, lho!

Caranya, campurkan cuka dengan air, kemudian rendam baju yang terkena noda tinta selama beberapa saat sebelum dibilas menggunakan mesin cuci.

2 dari 4 halaman

2. Soda Kue

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju © Diadona

Soda kue juga merupakan cara menghilangkan noda tinta di baju warna putih yang mudah didapat dan efektif. Caranya, campurkan soda kue dengan air, kemudian oleskan pada noda dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas.

Selain itu, cara menghilangkan noda tinta di baju bisa menggunakan adonan campuran cuka dan baking soda, kemudian oleskan pada noda sekitar 20 menit sebelum dicuci dengan mesin cuci.

3. Pasta Gigi

Cara menghilangkan noda tinta di baju warna putih selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. aranya sangat mudah, yakni kamu tinggal mengoleskan pasta gigi pada noda tinta di baju lau gosok dengan lembut dan perlahan hingga noda tinta menghilang, setelah dibilas dengan air bersih, kamu sudah bisa mencucinya seperti biasa lagi.

3 dari 4 halaman

4. Aseton (Cairan Pembersih Cat Kuku)

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju © Diadona

Selain menggunakan pasta gigi, kamu juga bisa memanfaatkan aseton sebagai cara menghilangkan noda tinda di baju dengan mudah dan efektif.

Caranya, tuangkan 1 atau 2 tetes cairan aseton pada bagian yang terkena noda tinta lalu tekan-tekan dengan kain bersih untuk menyerap noda tinta pada baju tersebut.

Selanjutnya, rendam baju putih tersebut dengan air hangat dengan mencampurkan 1/2 sendok deterjen bubuk. Diamkan selama 10-30 menit kemudian kamu bisa mencuci baju putih seperti biasa.

5. Garam

Langkah kelima dari cara menghilangkan noda tinda di baju adalah menggunakan garam. Selain lebih hemat, cara yang satu ini juga sangat mudah untuk diterapkan.

Kamu cukup meneteskan cairan cuka pada area bernoda di baju lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian tuangkan 2 tetes sabun cuci cair di atas nodanya dan gosok perlahan hingga nodanya hilang.

6. Sabun Cuci Piring

Kalau soda kue dan cuka bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju berwarna putih, ternyata sabun cuci piring juga bisa membantumu dalam menghilangkan noda tinta di baju berwarna.

Caranya, oleskan cairan pada noda dan biarkan selama beberapa menit, lalu bilas lalu cuci dengan mesin cuci seperti biasa.

Cara menghilangkan noda tinta di baju menggunakan sabun cuci piring bisa membuat warna baju tetap awet dan bebas kusam.

4 dari 4 halaman

7. Cairan Alkohol

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju © Diadona

Cara menghilangkan noda tinta di baju warna putih berikutnya ialah dengan memanfaatkan cairan beralkohol seperti hairspray non-aerosol ataupun hand sanitizer gel.

Caranya cukup mudah, kamu bisa menyemprotkannya cairan alkohol hingga permukaan noda mulai memudar karena basah, kemudian gosok secara perlahan supaya kain tidak rusak, lalu bilas dengan air dingin.

8. Susu

Kamu juga bisa memanfaatkan susu sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju berwarna. Sebab, zat laktosa pada susu terbukti ampuh untuk membantu meluruhkan tinta tanpa merusak pakaian.

Caranya, rendam baju selama beberapa menit lau gosok noda tinta secara perlahan, kemudian bilas dan bersihkan baju dengan air dingin. Mudah, kan?

Itulah cara menghilangkan noda tinta di baju putih ataupun berwarna dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dijamin ampuh. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar