Begini Cara Merawat Kulit Keriput agar Tetap Sehat, Gak Harus Pakai Skincare kok!

Beauty | Jumat, 11 Juni 2021 16:15
Begini Cara Merawat Kulit Keriput agar Tetap Sehat, Gak Harus Pakai Skincare kok!

Reporter : Olivia

Coba deh rawat kulit keriput dari dalam.

Seiring bertambahnya usia, tubuh pun akan mengalami penuaan termasuk pada kulit. Penuaan pada kulit biasanya ditandai dengan muculnya garis halus dan kerutan di bagian wajah, leher, tangan, bahkan lengan bawah.

Biasanya keriput akan semakin terlihat di usia 40-50 tahun. Kelembapan dan ketebalan alami pada kulit semakin berkurang, sehingga kulit jadi kendor dan keriput.

Meski sudah terlanjur keriput, kulit tetap perlu dirawat agar tetap sehat. Melansir dari Merdeka, ada beragam cara alami yang bisa dilakukan untuk merawat kulit keriput agar tetap sehat. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

2 dari 8 halaman

1. Makan makanan kaya nutrisi

 

Ilustrasi Lansia Makan Makanan SehatIlustrasi Lansia Makan Makanan Sehat © shutterstock.com/id/g/InsideCreativeHouse

Cara pertama untuk merawat kulit keriput yakni dengan mengonsumsi makanan yang sehat, tepat, dan kaya nutrisi. Biasanya makanan sehat kaya nutrisi ini disebut sebagai superfood.

Sesuai dengan namanya, sejumlah makanan ini bisa mengatasi keriput dan meningkatkan kesehatan kulit dan tubuh loh. Kamu bisa mengonsumsi artichoke, alpukat, biji chia, brokoli, kacang-kacangan, kayu manis, putih telur, jahe, miso, ikan salmon, ikan sarden, ubi jalar, tomat, dan kacang kenari.

3 dari 8 halaman

2. Pakai minyak esensial

Rutin menggunakan minyak esensial ternyata juga bisa bermanfaat untuk merawat kulit keriput. Jika selama ini minyak esensial dipercaya bisa menyembuhkan kulit, ternyata bahan tersebut juga bisa mengurangi kulit keriput dan kerutan.

Ada sejumlah minyak esensial yang bisa kamu coba, seperti minyak argan, minyak biji wortel, minyak geranium, minyak grapeseed, minyak jojoba, minyak lavender, minyak pomegranate, minyak mawar, minyak rosemary, minyak sandalwood, serta minyak zaitun. Meski ada beragam tipe, pastikan memilih minyak yang benar-benar sesuai kebutuhan dan cocok di kulit agar nggak menimbulkan iritasi.

4 dari 8 halaman

3. Rutin pijat wajah

 

Ilustrasi Pijat Wajah LansiaIlustrasi Pijat Wajah Lansia © shutterstock.com/id/g/Olena Yakobchuk

Melakukan pijat wajah ternyata bisa mencegah dan mengurangi kemunculan keriput nih! Dengan rutin memberi pijatan di area wajah, protein dalam kulit akan meningkat sehingga kulit tetap halus dan kemunculan keriput bisa diminimalisir.

Pijat wajah bisa dilakukan di salon kecantikan atau bahkan dilakukan secara mandiri di rumah dengan bantuan face roller. Cukup dengan menekan kedua sisi wajah kuat-kuat dengan jari, kemudian lakukan gerakan memutar secara perlahan.

5 dari 8 halaman

4. Gunakan Vitamin C Tropikal

Vitamin C merupakan antioksidan yang bisa merangsang pembentukan kolagen di dalam kulit. Secara alami, vitamin C terdapat dalam beragam jenis buah dan sayur, seperti jeruk, cabai, jambu biji, dan sejenisnya.

Menggunakan gel tropikal yang mengandung vitamin C dipercaya bisa merawat kulit yang keripu dan kerap terpapar sinar matahari. Gel tersebut mampu melembapkan kulit, merangsang produksi kolagen, mengurangi peradanagan, serta merawat kulit keriput.

6 dari 8 halaman

5. Perbanyak asupan mineral

 Ilustrasi Lansia Makan YogurtIlustrasi Lansia Makan Yogurt © shutterstock.com/id/g/goodluz

Mineral merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Saat berada di dalam tubuh, mineral bekerja menyaring sinar matahari, mempercepat penyembuhan, dan mencegah kerusakan kulit.

Dua mineral penting yang bisa memblokir radiasi UV serta merawat kulit keriput adalah zinc dan selenium. Dua asupan tersebut bisa didapat dengan mengonsumsi tiram, kacang polong, kacang almond, keju, biji bunga matahari, yogurt, bayam, serta pisang.

 

7 dari 8 halaman

6. Konsumsi probiotik dan yogurt

Seiring bertambahnya usia, perawatan kulit memang sebaiknya dilakukan secara alami agar tidak menimbulkan efek membahayakan. Salah satu caranya yakni dengan mengonsumsi probiotik dan yogurt secara teratur.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa probiotik dan yogurt bisa mengurangi keriput, menyehatkan kulit, serta membuat kulit lebih kuat terhadap paparan sinar matahari.

Join Diadona.id