Cuaca Lembap Bisa Bikin Rambut Jadi Rontok dan Rusak, Begini Cara Mengatasinya

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 21 Desember 2021 09:15
Cuaca Lembap Bisa Bikin Rambut Jadi Rontok dan Rusak, Begini Cara Mengatasinya
Ini 5 tips jaga rambut tetap sehat dan kuat.

Bicara soal kerontokan rambut, biasanya hal ini akan dikaitkan dengan genetika, hormon, stres, diet, serta pola tidur. Tapi tau nggak sih, ternyata cuaca juga bisa memengaruhi loh!

Apa pun jenis rambutnya, kelembapan biasanya akan memengaruhi kondisi rambut. Melansir dari Asiaone, molekul air di udara lembap bisa mengganggu ikatan hidrogen pada rambut kita.

Efeknya, helai rambut akan menyerap kelembapan, membuatnya jadi kusut, rontok, atau mengalami kerusakan lain. Apalagi jika rambut mengalami proses bleaching, pewarnaan, dikeriting, kerap menggunakan heat styling, atau terkena sinar matahari terus-menerus, maka kelembapan lebih mudah diserap ke dalam rambut.

1 dari 7 halaman

" Selama iklim dingin atau kering, kulit kepala cenderung mengeluarkan lebih sedikit sebum sehingga kemungkinan pori-pori tersumbar lebih rendah. Namun di iklim panas dan lembap, kulit kepala cenderung mengeluarkan lebih banyak sebum," ujar Tien Goh, Manajer Pendidikan di Shiseido Professional.

" Jika kulit kepala tidak dibersihkan secara efisien, hal itu dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan masalah seperti ketombe. Ketika kulit kepala tidak sehat, ada kemungkinan gejala rambut rontok yang lebih tinggi," lanjutnya.

Tapi kamu nggak perlu panik, karena hal ini masih bisa diatasi dengan mudah. Berikut ada 5 tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok dan rusah akibat cuaca lembap. Simak selengkapnya ya!

2 dari 7 halaman

1. Jangan takut keramas tiap hari

Ilustrasi Keramas © Diadona

Kita seringkali mendapat anjuran untuk nggak keramas terlalu sering, karena bisa membuat kulit kepala jadi kering dan kehilangan minyak alami. Namun dalam kondisi tertentu, keramas tiap hari justru perlu banget loh!

" Keramas setiap hari diperlukan untuk membersihkan kulit kepala dan menghilangkan sebum atau kotoran. Sama seperti mencuci muka di penghujung hari untuk mencegah pori-pori tersumbat atau radang kulit, kulit kepala kita juga membutuhkan keramas secara teratur," ujar Tien Goh.

Namun agar kondisi rambut dan kulit kepala tetap sehat, maka kita harus memilih sampo dan produk perawatan rambut dengan tepat.

" Mengaplikasikan produk pelindung rambut bisa sangat membantu. Produk ini menciptakan film hidrofobik untuk menolak air, sehingga mencegah pigmen rambut dikeluarkan oleh air selama keramas," lanjutnya.

3 dari 7 halaman

2. Jaga kulit kepala tetap sehat

Ilustrasi Rambut Sehat © Diadona

Penyebab paling umum kerontokan rambut ternyata dipengaruhi kondisi kulit kepala. Adanya kotoran, penyumbatan, atau pori-pori meradang bisa membuat rambut rontok dan kulit kepala jadi tidak sehat.

" Cara terbaik untuk memastikan bahwa kulit kepala tetap sehat, yakni melalui detoks mingguan dengan sampo pembersih dalam atau sampo untuk kulit kepala berminyak, diikuti dengan kondisioner kulit kepala untuk melembabkan kulit kepala setelah pembersihan mendalam. Langkah ini penting untuk menyeimbangkan kembali hidrasi di kulit kepala," saran Tien.

Seiring bertambahnyanya usia, sekresi sebum akan terus berkurang. Untuk itu penting banget menjaga kesehatan kulit kepala.

Selain dengan keramas, kamu bisa menggunakan toner kulit kepala yang bermanfaat menenangkan, melembapkan, membersihkan, dan melindungi kulit kepala dari pertumbuhan bakteri. Berikan pijatan ringan setiap kali menggunakan produk perawatan rambut.

4 dari 7 halaman

3. Rutin pakai masker rambut

Ilustrasi Pemakaian Masker Rambut © Diadona

Bagi kamu yang sering berada di ruangan ber-AC, kulit akan mudah mengalami kekeringan begitu juga pada kulit kepala. Efek kulit kering ini juga bisa menimbulkan rasa gatal.

Kulit kepala yang kering, gatal, bahkan bersisik tentunya membuat rambut ikut menjadi kering, lemah, hingga kehilangan cahaya alaminya. Untuk mengatasi hal ini, gunakan masker rambut agar rambut bisa terawat, ternutrisi, dan terjaga kelembapannya.

5 dari 7 halaman

4. Lindungi rambut dari paparan sinar UV

Ilustrasi Terpapar Sinar Matahari © Diadona

Paparan sinar matahari yang berkepanjangan bisa membuat kulit kepala kehilangan minyak pelindung sehingga rambut akhirnya mengalami kerusakan. Kemungkinan besar, rambut yang rusak akan kering dan mudah patah.

Radiasi UVA UVB juga bisa mengganggu kondisi kesehatan rambut. Paparan sinar UVB akan menghilangkan protein rambut, sedangkan UVA membuat rambut mudah mengalami perubahan warna.

Untuk melindungi rambut dari kerusakan jangka panjang, gunakan produk perawatan yang melidnungi rambut sekaligus kulit kepala serta akar-akarnya. Dengan demikian, kutikula rambut akan terlindungi dan keutuhan batang rambut lebih terjaga.

6 dari 7 halaman

5. Jalani gaya hidup sehat

Ilustrasi Minum Susu © Diadona

Meningkatkan kekuatan rambut dan melidunginya dari pengaruh cuaca nggak sepenuhnya dengan menggunakan produk perawatan rambut. Perubahan gaya hidup juga bisa dilakukan mengingat folikel rambut kita sebagian besar terbuat dari keratin (protein).

Banyak peneliti percaya jika mengonsumsi makanan yang kaya protein bisa membantu mencegah kerontokan rambut. Contohnya yakni, telur, ikan, kacang-kacangan, ayam, serta produk susu rendah lemak.

Sebuah penelitian juga menemukan jika konsumsi rempah segar dan sayuran bisa memengaruhi pertumbuhan rambut. Selain itu, suplemen seperti vitamin D, biotin, serta ginseng juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

Beri Komentar