Dipercaya Ampuh Mengangkat Komedo dan Mencerahkan Kulit, Sebenarnya Masker Peel-Off Aman Gak sih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 5 Desember 2020 16:15
Dipercaya Ampuh Mengangkat Komedo dan Mencerahkan Kulit, Sebenarnya Masker Peel-Off Aman Gak sih?
Kira-kira apa ya efek sampingnya terhadap kulit?

Masker Peel-Off merupakan salah satu skincare yang sudah menjamur di masyarakat. Bahkan banyak produk masker peel-off ini yang sudah terstandarisasi BPOM.

Sejak awal kemunculannya, masker peel-off dipercaya mampu mengangkat komedo sekaligus mencerahkan kulit. Namun ternyata, masker peel-off hanya bisa mengangkat minyak berlebih di kulit wajah.

1 dari 2 halaman

Kalaupun masker peel-off bisa menghempaskan kotoran dan penumpukan di pori-pori, ternyata ada efek samping yang jarang diketahui loh. Masker peel-off yang cara pembersihannya dengan dikelupas, justru berpotensi merusak skin barier, menghilangkan sel-sel kulit, serta menimbulkan iritasi karena lapisan kulit luar ikut terkelupas.

Ilustrasi Masker Peel Off © Diadona

Menurut dr. Richard Lee, MARS, masker peel-off sebenarnya memiliki kemiripan dengan waxing. Kendati demikian, penggunaan masker peel-off sebenarnya nggak disarankan oleh para ahli loh.

2 dari 2 halaman

Penggunaan masker peel-off secara berlebih bisa membuat kulit menjadi sensitif. Meski kulit terkesan lebih cerah, nyatanya hal itu justru terjadi karena lapisan kulit luar sudah terkelupas. Padahal, lapisan kulit luar ini penting banget loh keberadaannya.

Daripada menggunakan masker peel-off, dr. Richard Lee, MARS, menyarankan skincare lain yang lebih aman dan tentunya bermanfaat. Kamu bisa memakai sheet mask, atau jika memang ngotot ingin menggunakan masker peel-off maka sebaiknya pilih yang berbahan dasar jelly.

Well, itu dia ulasan mengenai aman tidaknya penggunaan masker peel-off. Semoga bermanfaat ya..

Beri Komentar