Habis Olahraga, Sebenarnya Perlu Nggak sih Kita Keramas?

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 12 Juni 2020 06:30
Habis Olahraga, Sebenarnya Perlu Nggak sih Kita Keramas?
Perlu nggak ya kira-kira?

Meski di rumah aja, menjaga tubuh tetap sehat dan bugar nggak kalah penting lho. Sehabis berolahraga, pasti badan kita terasa lengket ya karena keringat. Nggak hanya badan, rambut juga kadang jadi lepek sehabis melakukan akttivitas satu ini.

Karena lelah, nggak jarang kita jadi malas ya buat keramas. Apalagi bila keringat tak terlalu banyak. Tapi sebenarnya perlu nggak sih kita harus keramas sehabis olahraga? Yuk, simak ulasannya dari Ron Lopez, seorang hairdresser ternama yang dilansir dari Makeup berikut ini.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Olahraga © Diadona

Jawabannya nggak perlu.

Lopez mengatakan kamu nggak perlu keramas setelah berolahraga. Tapi, perlu digarisbawahi bahwa hal ini semua tergantung pada jenis rambut dan seberapa banyak keringat ya.

" Jika kamu memiliki rambut yang tebal, maka membilas rambut dengan baik sangat bagus untuk menghilangkan keringat berlebih. Terlalu banyak keringat bisa membuat rambut terlihat kering," kata Lopez.

Lain lagi bila rambut kamu nggak basah karena keringat, sama sekali nggak masalah bagi kamu untuk melewatkan keramas.

2 dari 5 halaman

Pengaruh Keringat pada Kulit Kepala

Lopez menambahkan sebenarnya bagi mereka yang memiliki rambut lurus atau bergelombang, garam dalam keringat sebenarnya bisa menambahkan sedikit tekstur yang bagus untuk rambut saat disentuh.

Keringat sediri sedikit banyak berpengaruh lho pada kulit kepala kita. Membiarkan sedikit minyak tambahan menumpuk setelah berkeringat sebenarnya bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala kita. Tapi dengan tingkat tertentu ya.

" Minyak alami pada dirimu sendiri selalu jadi yang terbaik untuk menjaga kulit kepala yang sehat," kata Lopez.

Tapi, bila minyak ini menumpuk berlebih lama kelamaan malah bisa berpotensi menutup folikel yang menyebabkan kulit kepala nggak bisa bernafas sehingga muncul jerawat. So, hati-hati ya.

3 dari 5 halaman

ilustrasi wanita mandi © Diadona

Lopez menyarankan untuk nggak melewatkan mandi selama satu atau dua hari setelah berolahraga. Selain itu, ia juga menyarankan untuk mengurangi menggunakan produk seperti kondisioner dan pastikan kamu juga melakukan eksfoliasi pada kulit kepala saat keramas.

" Scrub kulit kepala yang baik juga merupakan keharusan, karena ini nggak hanya berfungsi membersihkan kulit kepala dari minyak berlebih, tapi juga meningkatkan sirkulasi," ungkap Lopez.

Meski nggak mencuci rambut bisa kamu jadikan pilihan, tentu saja hal ini bisa membuat rambutmu nampak kotor ya. Eits, tapi jangan buru-buru ambil sampo kering ya.

4 dari 5 halaman

Solusi Menata Rambut Sehabis Olahraga

" Sampo kering pada rambut basah benar-benar akan berubah menjadi pasta. Sampo kering sendiri diperuntukkan untuk menyerap minyak berlebih pada rambut kering," kata Lopez. So, sangat nggak disaranin untuk digunakan saat berkeringat.

Lalu, gimana nih solusinya? Lopez merekomendasikan untuk pertama-tama keringkan dulu rambutmu dengan handuk. Kemudian, saat rambut sudah sedikit kering, baru deh ambil hair dryer untuk menghaluskan ujung rambut dan menghilangkan kelembapan yang tersisa.

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Rambut Cetar ala Salon © Diadona

Terakhir, ambil bagian horizontal rambut dan semprotkan sampo kering langsung ke akar rambutmu. Biarkan dulu sejenak ya setelahnya.

" Setelah lima menit atau lebih, gosok sampo kering ke kulit kepala dan sisir untuk menghilangkan bubuk berlebih," kata Lopez. Cara ini akan membantu menghilangkan bau pada rambut.

Nah, jadi boleh-boleh saja kok kamu nggak keramas sehabis olahraga. Tapi tetap perhatikan bebagai hal di atas ya. Semoga membantu.

Beri Komentar