Hati-Hati, Handphone Bisa Sebabkan Jerawat pada Wajah lho!

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 25 Juni 2020 08:30
Hati-Hati, Handphone Bisa Sebabkan Jerawat pada Wajah lho!
Perhatikan kebersihan ponselmu mulai saat ini, ya.

Siapa hayo yang habis bangun tidur langsung cari handphone? Memang, handphone sudah jadi kebutuhan yang sulit dipisahkan dari kita saat ini. Terlebih, banyak aktivitas yang kita lakukan membutuhkan handphone sebagai pendukung.

Tapi tau nggak sih ternyata handphone bisa juga jadi penyebab jerawat pada wajah, lho. Gimana bisa ya? Yuk kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Mengandung Banyak Bakteri

Coba deh kita pikirkan berapa kali kira-kira kita menyentuh ponsel per harinya. Udah enggak terhitung lagi ya pasti banyaknya. Hal ini bisa menyebabkan handphone jadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri.

Melansir dari LovelySkin, ahli mikrobiologi memperkirakan bahwa setiap inci persegi dari handphone kita mengandung sebanyak 25 ribu kuman. Bahkan, dua puluh kali lebih banyak dari kuman pada dudukan toilet!

Ilustrasi menggunakan handphone © Diadona

 

2 dari 5 halaman

Joel Schlessinger, CEO LovelySkin.com sekaligus dokter kulit bersertifikat menemukan bahwa banyak pasien yang menderita jerawat sebenarnya mengalami infeksi bakteri dari handphone mereka yang sudah terkontaminasi.

Hal ini sejalan dengan yang dikatakan oleh dokter kulit Debra Jaliman, MD bahwa sebenarnya handphone mengandung banyak bakteri, " Banyak bakteri yang terakumulasi pada handphonemu yang nggak selalu terlihat oleh mata manusia," kata Jaliman.

3 dari 5 halaman

Menyebabkan Jerawat

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Pastinya kamu menyentuh berbagai benda seperti keyboard komputer, kenop pintu, uang, dan benda lainnya yang penuh kuman lalu menyentuh handphone.

Nah, saat kamu menempelakan handphone itu pada pipi, semua bakteri itu akan masuk ke dalam pori-pori dan menyebabkan jerawat, peradangan, sampai iritasi.

4 dari 5 halaman

Cara Mencegah Jerawat yang Disebabkan oleh Handphone

Ada beberapa cara nih yang bisa kamu coba untuk mencegah timbulnya jerawat saat menggunakan handphone. Berikut caranya yang dilansir dari Women's Health.

1. Hindari Menekan Handphone pada Kulit

Sebisa mungkin, jauhkan handphone dari wajah atau pegang dengan longgar pada kulit untuk menghindari tekanan yang nggak perlu.

“ Melakukan hal itu (menekankannya pada kulit) bisa menyebabkan acne mechanica, dipicu oleh tekanan atau gesekan kulit,” kata Jaliman.

Jaliman menambahkan bahwa dalam hal jerawat yang disebabkan oleh handphone ini, tekanan yang ditempatkan pada kelenjar minyak kulit bisa menstimulasi kelenjar minya sehingga menyebabkan peningkatan jerawat.

5 dari 5 halaman

2. Bersihkan Handphone secara Rutin

Membersihkan handphone secara rutin juga nggak kalah penting. Kamu bisa menggunakan kain mikrofiber yang lembut untuk membersihkan gadget satu ini.

" Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan ponselmu setiap hari, terutama jika kamu sedang mengalami jerawat. Kamu harus tetap membersihkan ponselmu walau nggak terlihat kotor." kata Jaliman.

3. Gunakan Earphone

Ilustrasi menggunakan earphone © Diadona

Untuk mencegah menempelkan handphone langsung ke kulit, kamu bisa nih menggunakan earphone atau headset untuk mencegah agar bakteri yang ada di handphone nggak menempel pada kulit.

" Dengan cara ini, bakteri yang ada di layar ponselmu nggak akan bersentuhan dengan atau menempel di wajahmu selama telepon," kata Jaliman.

Nggak nyangka ya ternyata handphone juga bisa jadi tempat berkumpulnya bakteri. So, selalu jaga kebersihan ponselmu ya.

Beri Komentar