Hati-hati! Kenali Tanda Kulit yang Over Eksfoliasi

Beauty | Senin, 19 April 2021 17:10
Hati-hati! Kenali Tanda Kulit yang Over Eksfoliasi

Reporter : Sheila Fathin N

Over eksfoliasi tidak baik untuk kesehatan kulit, lho.

Eksfoliasi pada kulit memang dibutuhkan guna untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit wajah dari kotoran dan polusi. Hanya saja Diazens juga harus tahu, kalau sesuatu yang dilakukan secara berlebihan juga tidak baik. Melakukan eksfoliasi secara berlebihan juga akan berdampak buruk pada kulit kamu, lho. Bukan malah glowing dan sehat, kamu malah harus bergelut dengan permasalah kulit yang baru.

Diazens, untuk mengetahui kulit kamu mengalami over eksfoliasi, berikut ini tanda-tanda yang perlu kamu ketahui.

2 dari 5 halaman

Kulit Meradang

 Kulit MeradangKulit Meradang © freepik.com

Jika kamu mendapati kulit kamu kemerahan dan muncul pembengkakan pada beberapa bagian dan cenderung gatal. Itu adalah tanda kulit kamu mengalami over eksfoliasi. Hal ini terjadi karena skin barrier kamu bermasalah sehingga tidak cukup kuat untuk melindungi kulit kamu. Kulit kamu pun menjadi lebih rentan dan sensitif terhadap apapun yang berasal dari luar. Akhirnya timbullah jerawat yang meradang.

3 dari 5 halaman

Mengalami Breakout

 BreakoutBreakout © freepik.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit yang mengalami over eksfoliasi akan menjadi sangat rentan dan sensitif sehingga permasalahan kulit akan timbul terus dan terus. Seringnya, permasalahan yang timbul adalah munculnya jerawat yang meradang di daerah-daerah yang rentan muncul jerawat. 

4 dari 5 halaman

Kulit Mengelupas

 Kulit MengelupasKulit Mengelupas © freepik.com

Kulit yang mengalami over eksfoliasi akan cenderung mengalami kulit yang mengelupas. Kulit mengelupas ini dikarenakan kulit kamu sangat kering, sehingga menyebabkan iritasi pada kulit. Hal ini bisa terjadi karena lapisan kulitmu menjadi tipis sehingga kulit tidak bisa lagi bekerja secara maksimal untuk melembabkan kulit kamu. 

5 dari 5 halaman

Kulit Terasa Kaku

 Kulit terasa kakuKulit terasa kaku © freepik.com

Kulit yang mengalami over eksfoliasi akan mengalami pengelupasan yang dibarengi dengan rasa kaku tidak nyaman pada kulit. Kulit sudah tidak mampu lagi bekerja secara maksimal karena fleksibilitas dan elastisitas pada kulit berkurang. Eksfoliasi yang berlebihan ini ternyata menghilangkan elastin dan kolagen.

Eksfoliasi kulit itu memang sangat dibutuhkan dan perlu. Namun, jika dilakukan secara berlebihan kamu hanya akan menambah masalah baru, ya, Diazens. Jadi perhatikan cara penggunaan zat aktif dan ketahanan kulit kamu sebelum mencoba zat aktif untuk eksfoliasi kulit. Setiap orang pun juga memiliki kulit yang berbeda-beda.

Join Diadona.id