Ini 6 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Memakai Body Lotion, Bikin Manfaatnya Jadi Hilang!

Beauty | Kamis, 13 Januari 2022 18:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Kamu pernah kayak gini juga nggak?

Body lotion merupakan salah satu step dalam rangkaian perawatan kulit. Memakai lotion secara rutin dipercaya bisa membantu melembapkan dan menghidrasi kulit.

Namun ternyata, masih ada aja yang melakukan kesalahan saat mengaplikasikan body lotion. Kesalahan ini sepele tapi bisa menghilangkan manfaat lotion itu sendiri.

Lantas, apa aja sih kesalahan yang sering terjadi dalam pemakaian body lotion? Berikut ulasan selengkapnya..

Ini 6 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Memakai Body Lotion, Bikin Manfaatnya Jadi Hilang!
2 dari 8 halaman

1. Sering gonta-ganti produk

Ilustrasi Body LotionIlustrasi Body Lotion © shutterstock.com/g/ikrolevetc

Kesalahan pertama yang seringkali nggak disadari adalah gonta-ganti produk. Sebenarnya, mencoba beberapa produk itu nggak masalah sih, tapi tentunya harus disesuaikan dengan jenis kulit. Nah, kalau udah nemu yang cocok dan benar-benar memberi perubahan pada kulit, sebaiknya cukup pakai itu saja dan jangan berubah-berubah lagi.

3 dari 8 halaman

2. Pakai secara asal-asalan

Pakai body lotion juga nggak boleh asal-asalan apalagi diaplikasikan secara kasar loh! Meski terburu-buru, kamu tetap perlu menggunakan body lotion secara lembut. Sebenarnya perlu juga untuk melakukan gerakan memutar ditambah pijatan ringan agar kulit ikut rileks dan jadi lebih lembut.

4 dari 8 halaman

3. Tidak memakai langsung sehabis mandi

Ilustrasi Pakai Lotion Sehabis MandiIlustrasi Pakai Lotion Sehabis Mandi © shutterstock.com/g/Torwai Seubsri

Sebenarnya, waktu yang tepat untuk memakai body lotion adalah sehabis mandi. Di momen-momen usai mandi, biasanya kulit masih lembap sehingga lotion bisa terserap dengan mudah ke dalam kulit. Sebisa mungkin, langsung pakai body lotion dan jangan melebihi 30 menit usai mandi yaa..

5 dari 8 halaman

4. Tidak menyesuaikan lotion dengan jenis kulit

Kesalahan lain yang juga masih sering terjadi yakni tidak menyesuaikan lotion dengan jenis kulit yang dimiliki. Padahal, memilih jenis lotion ini penting banget loh. Jika kamu mengenakan lotion sesuai jenis kulit, maka manfaatnya akan lebih mudah dirasakan.

6 dari 8 halaman

5. Pakai terlalu sedikit

Ilustrasi Perempuan Memakai LotionIlustrasi Perempuan Memakai Lotion © shutterstock.com/g/aslysun

Memakai body lotion ternyata ada takarannya loh, jadi kamu nggak bisa memakai terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sebaiknya tuangkan lotion seukuran koin di telapak tangan, lalu oleskan dari bawah ke atas. Pastikan lotion teroles secara merata ke seluruh bagian tangan atau kaki.

7 dari 8 halaman

6. Diaplikasikan ke area wajah

Yang satu ini sebaiknya jangan sampai kamu lakuin deh. Meski mau praktis dan hemat, tapi jangan pernah mengaplikasikan body lotion di area wajah. Cukup pakai body lotion di tangan dan kaki, gunakan produk berbeda untuk melembapkan dang menghidrasi wajah.

Join Diadona.id