Intip Beragam Manfaat Nanas untuk Kecantikan, Mulai dari Mencerahkan sampai Bikin Awet Muda!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 24 Maret 2021 15:15
Intip Beragam Manfaat Nanas untuk Kecantikan, Mulai dari Mencerahkan sampai Bikin Awet Muda!
Ternyata nanas punya manfaat tak terduga bagi kulit loh!

Ada beragam bahan alami di sekitar kita yang ternyata menyimpan manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, salah satunya yakni nanas. Meski nanas kerap dikaitkan dengan beragam mitos, tapi buah ini justru menyimpan banyak manfaat untuk kulit loh.

Melansir dari Taste of Home, nanas ternyata punya manfaat mulai dari mencerahkan kulit hingga bikin awet muda. Biar nggak makin penasaran, yuk simak ulasan selengkapnya.

1 dari 5 halaman

1. Mencerahkan kulit kusam

Ilustrasi Kulit Cerah © Diadona

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang dipercaya bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Hal ini membuat nanas bisa dimanfaatkan sebagai masker sekaligus eksfoliator alami untuk wajah.

Caranya gampang banget. Cukup siapkan nanas segar yang sudah dipotong kecil, lalu oleskan secara langsung pada area wajah secara merata. Diamkan kira-kira 5 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Pastikan wajah dalam kondisi yang bersih dan hindari mengaplikasikannya di area sensitif seperti mata atau area berjerawat. Cara ini bisa kamu lakukan secara rutin untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam.

2 dari 5 halaman

2. Memudarkan bekas jerawat

Ilustrasi Perempuan Mengaca © Diadona

Kandungan enzim bromelain di dalam nanas juga mampu memudarkan bekas jerawat, bahkan yang sudah menghitam. Caranya yakni dengan memanfatkan nanas sebagai masker dan menggunakannya dua kali dalam seminggu.

Campurkan nanas yang sudah diblender dengan 1 sendok madu alami. Aplikasikan di wajah secara merata, diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Perpaduan jus nanas dan madu dipercaya bisa menghilangkan noda hitam, melembapkan, sekaligus menghaluskan kulit. Bye-bye bekas jerawat!

3 dari 5 halaman

3. Mengatasi tanda-tanda penuaan

Ilustrasi Perempuan Mengaca © Diadona

Nanas juga diperkaya dengan vitamin C, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai astringent alami. Kandungan tersebut bisa mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus, sehingga kulit bisa jadi lebih kencang.

Caranya juga simpel nih. Cukup siapkan daging buah nanas, lalu gunakan untuk memijat wajah kira-kira 5-10 menit. Diamkan beberapa saat sampai air nanas terserap ke dalam kulit, kemudian bilas dengan air bersih.

4 dari 5 halaman

4. Menghaluskan bibir

Ilustrasi Eksfoliasi Bibir dengan Bahan Alami © Diadona

Satu lagi manfaat tak terduga dari nanas, yakni untuk menghaluskan dan melembapkan bibir sehingga tampak lebih plump. Kali ini, kamu bisa memanfaatkan nanas sebagai eksfoliator dan bahan scrub bibir alami.

Cukup siapkan 1 sendok teh jus nanas, 1 sendok teh minyak kelapa, dan 2 sendok makan gula pasir. Campurkan semua bahan sampai menjadi pasta, lalu oleskan di area bibir secara merata.

Gosok pasta tersebut secara perlahan hingga sel kulit mati pada bibir bisa terangkat. Kemudian bilas menggunakan kain basah ya..

Beri Komentar