Intip Detail Gaun Komodo Ayu Maulida untuk Gelaran Miss Universe 2020, Kece Abis!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 26 April 2021 15:15
Intip Detail Gaun Komodo Ayu Maulida untuk Gelaran Miss Universe 2020, Kece Abis!
National Costume ini mengangkat warisan prehistoris Indonesia.

Gelaran Miss Universe 2020 yang sempat tertunda akibat covid-19, akhirnya akan segera diselenggarakan di Florida (AS) pada bulan Mei 2021. Rr Ayu Maulida Putri sebagai Putri Indonesia 2020 akan tampil mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi tersebut.

Baru-baru ini, Yayasan Putri Indonesia mengumumkan National Costume yang akan dipakai Ayu Maulida pada acara tersebut. Perempuan yang akrab di sapa Ayuma ini akan mengenakan kostum menyerupai Komodo Dragon, yang merupakan hewan langka Indonesia sekaligus warisan dunia hewan purba.

1 dari 3 halaman

National Costume Indonesia untuk Miss Universe 2020 © Diadona

Gaun ini merupakan hasil kolaborasi Fashion Designer Diana M Putri dari Diana Couture, Accessories Designers Yuling Hoo, serta Silvy Prajogo dari Le Ciel Design. 

Gaun panjang dengan belahan tinggi di bagian tengah ini terbuat dari bahan dasar sequin 3D berwarna hitam dan emas yang reversible untuk menciptakan kesan mewah, misterius dan liar bagaikan komodo. Gaun tersebut juga dilengkapi dengan korset sebagai kerangka agar bentuk tubuh Ayuma tetap terlihat.

2 dari 3 halaman

National Costume Indonesia untuk Miss Universe 2020 © Diadona

Area dada dan ekor gaun dibuat dengan teknik Leather Lasercutting, serta diwarnai dengan metode khusus agar bisa menyerupai warna asli hewan Komodo. Bahkan, ekor gaun dibuat menggunakan efek 3D khusus agar mirip dengan ekor komodo sungguhan.

Terlihat begitu detail, ternyata manik-manik pada gaun tersebut dikerjakan secara handmade alias manual dengan tangan. Lempengan metal yang menyerupai sisik pun dijahit dengan teknik yang cukup rumit. Ada 3 jenis metal dengan warna berbeda yang digunakan yakni rustic gold, bronze, serta hitam untuk menampilkan kesan ombre pada gaun.

3 dari 3 halaman

National Costume Indonesia untuk Miss Universe 2020 © Diadona

Sebagai penyempurna penampilan, Ayuma juga mengenakan hiasan kepala yang menyerupai bentuk kepala komodo. Hiasan kepala ini dibuat dengan sistem robotik, menggabungkan motor, sensorik, serta mikrokontroler yang cukup rumit. Selain itu, ada pula aksesori berupa choker yang berbentuk sisik dan sarung tangan yang dilengkap LED sehingga nantinya bisa menyala.

National Costume ini diharapkan bisa merepresentasikan Komodo sebagai warisan prehistoris Indonesia, sekaligus menampilkan kesan anggun dan elegan di ajang bergengsi Miss Universe 2020. Gimana nih menurut Diazen, kece banget kan kostum Komodo yang satu ini?

Beri Komentar