Jangan Malas, Ini 7 Cara Mudah Bersihkan Alat Make Up

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 26 Mei 2021 16:15
Jangan Malas, Ini 7 Cara Mudah Bersihkan Alat Make Up
Peralatan makeup perlu dibersihkan secara rutin loh..

Bagi sebagian perempuan, makeup merupakan teman terbaik yang bisa dipakai hari setiap hari selama sepanjang hari. Penggunaannya secara rutin, kadangkala membuat kita jadi jarang membersihkannya. Padahal, alat makeup bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri penyebab masalah kulit loh!

Kalau kamu masih bingung gimana cara membersihkannya, berikut ada 7 tips simpel untuk membersihkan alat makeup secara cepat dan mudah. Kira-kira seperti apa caranya, simak selengkapnya ya!

1 dari 4 halaman

1. Pakai Air Panas

Ilustrasi Air Panas © Diadona

Hal termudah yang bisa kamu lakukan yakni dengan mencuci alat makeup dengan air hangat/panas. Cukup rendam alat makeup tersebut dalam baskom yang berisi air panas, kemudian ganti air jika sudah terlalu kotor. Ulangi lagi sampai alat makeup tidak meninggalkan noda atau bekas kotor.

2. Sabun cair/sampo

Sabun cair atau sampo jika bisa kamu manfaatkan untuk mencuci peralatan makeup. Tuangkan sabun/sampo secukupnya pada alat makeup yang sudah dibasahi dengan air, lalu gosok hingga bersih. Jangan lupa keringkan dengan sempurna ya!

2 dari 4 halaman

3. Sabun khusus alat makeup

Ilustrasi Membersihkan Alat Makeup © Diadona

Jika kamu merasa sabun cair/sampo biasa kurang efektif, maka kamu bisa menggunakan sabun khusus untuk membersihkan alat makeup. Biasanya sabun ini nggak cuma membersihkan, tapi juga sekaligus menjaga bulu-bulu dan spons tetap lembut.

4. Olive oil (minyak zaitun)

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan olive oil sebagai pembersih alat makeup. Pertama, campurkan 1 sendok minyak zaitun dengan 2 sendok sabun cuci piring, lalu pijat-pijat perlahan sampai kotoran terlepas. Kedua, bersihkan spons makeup dengan minyak zaitun, lalu cuci dengan sabun.

3 dari 4 halaman

5. Pakai sikat gigi bekas

Ilustrasi Sikat Gigi © Diadona

Sikat gigi bekas rupanya masih bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan peralatan makeup loh. Cukup menggosokkannya secara perlahan, tentunya dengan arah yang sama supaya bulu halus pada alat makeup tidak terganggu.

6. Makeup remover

Makeup remover nggak cuma berfungsi membersihkan makeup di wajah, tapi juga yang menempel di peralatannya. Penggunaannya pun sebaiknya sesudah pengaplikasian makeup ya, sehingga sisa makeup nggak kelamaan menempel di peralatannya.

4 dari 4 halaman

7. Brush cleanser makeup

Ilustrasi Brush Cleanser © Diadona

Cara terakhir ini bisa dibilang yang paling gampang buat dilakuin sih. Cukup dengan pakai brush cleanser yang terbuat dari bahan silikon dan serat halus, kamu bisa membersihkan alat makeup secara lebih efektif.


So, jangan lagi malas bersihkan alat makeup ya. Tinggal pilih pakai cara yang mana dan jaga alat makeup-mu selalu bersih!

Beri Komentar