Jangan Sampai Tertipu, Begini Cara Bedakan Skincare yang Asli dan Palsu

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 16 Agustus 2021 09:15
Jangan Sampai Tertipu, Begini Cara Bedakan Skincare yang Asli dan Palsu
Sebelum membeli, perhatikan hal-hal berikut ini.

Beberapa waktu belakangan produksi makeup dan skincare semakin menjamur. Kemudahan yang ditawarkan membuat daya beli masyarakat ikut meningkat.

Salah satu cara yang sering digunakan yakni belanja online atau melalui e-commerce. Tanpa disadari, tren belanja online ini menimbulkan risiko baru berupa beredarnya makeup atau skincare palsu.

Lantas, gimana sih cara membedakan skincare yang asli dan palsu agar nggak tertipu? Berikut tips yang bisa kamu ikuti sebelum memutuskan untuk membeli.

1 dari 6 halaman

1. Cek harga di pasaran

Ilustrasi belanja online © Diadona

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni dengan melakukan kroscek harga di pasaran. Jangan hanya melihat di satu tempat, tapi kamu bisa mengecek harga produk serupa di tempat lain.

Jika ada harga yang terlalu murah, jangan buru-buru tergiur ya! Bisa jadi yang dijual ternyata produk palsu.

2 dari 6 halaman

2. Cari tahu asal produk

Membeli produk impor tentu nggak ada salahnya, tapi kamu tetap perlu berhati-hati karena justru produk impor lebih sering dipalsukan. Jadi jangan terlalu santai, tapi coba cek negara asal makeup tersebut dibuat.

Ada kalanya skincare/makeup tersebut berasal dari negara A, tapi diproduksi di negara B. Hal semacam ini memang bisa terjadi, so tetap teliti sebelum membeli yaa..

3 dari 6 halaman

3. Cek tempat pembelian

Ilustrasi Belanja Online © Diadona

Cara paling tepat untuk membeli produk asli tentunya di toko/gerai/distributor resmi brand tersebut. Bisa melalui supermarket, drugstore, atau official store di marketplace.

Kalau memang kamu ingin membeli di toko biasa secara online, pastikan untuk mencari tahu reputasi toko tersebut. Jangan lupa pertimbangkan review atau testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya.

4 dari 6 halaman

4. Tanyakan keaslian produk

Menanyakan keaslian produk kepada penjual juga sah-sah aja dilakukan. Namun ingat, tanyakan dengan sopan supaya tidak menyinggung penjualnya.

Jika memang masih ragu dengan jawaban yang diberikan penjual, kamu bisa mencari alternatif toko lain yang mungkin lebih bisa dipercaya.

5 dari 6 halaman

5. Perhatikan kemasan, tekstur, hingga bau

Ilustrasi Belanja Skincare © Diadona

Yang satu ini bisa dicek saat barang sudah ada di tangan. Kamu bisa menilai dari kemasannya apakah masih tersegel dengan sempurna atau tidak, kemudian label produk apakah sama dengan yang asli atau tidak.

Setelah itu kamu bisa lanjutkan dengan meneliti tekstur dan baunya. Kamu bisa membandingkan dengan produk asli yang kamu punya atau dengan hasil review dari orang lain.

6 dari 6 halaman

Produk yang asli tentunya memiliki kualitas yang bisa dipertanggung jawabkan. Jika kamu menerima produk yang palsu, bisa disikapi denga melapor pada pihak marketplace. Namun jika kamu nggak mau memperpanjang masalah, cukup berikan review sejujurnya dan jangan lanjutkan pemakaian produk tersebut.

Beri Komentar