Katanya Senam Wajah Bisa Bikin Awet Muda, Beneran Nggak sih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 28 Desember 2020 18:15
Katanya Senam Wajah Bisa Bikin Awet Muda, Beneran Nggak sih?
Wah, perlu dicoba nih..

Hampir semua orang, utamanya para perempuan, seringkali berlomba-lomba melakukan berbagai cara untuk menjaga penampilannya tetap awet muda. Mulai dari berolahraga, makan makanan sehat, bahkan melakukan 'tipuan' melalui make up.

Tapi ternyata ada cara tidak terduga yang disebut-sebut bisa menimbulkan kesan awet muda loh. Senam wajah, baik yang dilakukan secara mandiri ataupun oleh profesional, disebut-sebut bisa membuat penampilan jadi lebih awet muda. Tapi, emang bener kayak gitu ya?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Senam Wajah © Diadona

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Northwestern Medicine menemukan fakta bahwa senam wajah memang bisa membuat wajah terlihat lebih awet muda. Penelitian yang dimuat dalam JAMA Dermatology ini menyebut bahwa wajah awet muda bisa terwujud jika senam wajah dilakukan setidaknya selama 30 menit setiap hari, minimal selama 20 minggu.

Senam wajah memang bisa dilakukan secara mandiri jika memang sudah diajarkan oleh para profesional. Tapi akan lebih tepat jika dilakukan secara langsung oleh profesional, agar efeknya lebih mudah terasa.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Senam Wajah © Diadona

Senam wajah yang dilakukan oleh profesional juga bisa membuat wajah terasa lebih rileks dan segar. Meski cukup menguras kantong, tapi perawatan ini memberikan manfaat yang banyak diidam-idamkan banyak perempuan.

Kendati demikian, Tina Alster, M.D., seorang profesor klinis dermatologi di Pusat Medis Georgetown University menambahkan bahwa senam wajah bukan satu-satunya cara untuk menghasilkan wajah awet muda. Perlu rutinitas perawatan kulit tambahan seperti microneedling yakni terapi induksi kolagen/teknologi laser untuk mengencangkan kulit, serta mengurangi kerut dan kendur.


Gimana, masih tertarik mencoba?

Beri Komentar