Kecilkan Pori-Pori Nggak Pakai Ribet, Ini 6 Trik Yang Bisa Kamu Cobain

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 22 September 2020 11:15
Kecilkan Pori-Pori Nggak Pakai Ribet, Ini 6 Trik Yang Bisa Kamu Cobain
Nggak bisa dihilangkan, tapi ukuran pori-pori bisa dikecilin kok..

Pori-pori besar memang jadi salah satu hal yang mengganggu penampilan perempuan. Belum lagi efek yang dihasilkan, membuat banyak perempuan kadang jadi nggak percaya diri dengan penampilannya.

Tapi kamu tenang aja, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan pori-pori nih. Penasaran apa aja? Simak selengkapnya ya..

1 dari 6 halaman

1. Bersihkan Wajah 2 Kali Sehari

Ilustrasi menggunakan hydrating cleanser © Diadona

Pertama-tama kamu perlu membersihkan kotoran dan minyak dari pori-pori. Cara termudah yang bisa dilakukan yakni dengan rutin membersihkan wajah 2 kali sehari.

Sebisa mungkin pilihlah cleanser atau pembersih yang berupa gel. Kenapa harus gel sih? Nah ternyata, cleanser yang berbasis gel dipercaya bisa lebih kuat mengangkat minyak dari pori-pori.

2 dari 6 halaman

2. Lakukan Eksfoliasi 2 Kali dalam Seminggu

Ilustrasi Eksfoliasi © Diadona

Masih serangkaian dengan upaya membersihkan pori-pori, kamu juga perlu melakukan eksfoliasi secara rutin. Setidaknya, lakukan eksfoliasi 2 kali dalam seminggu ya.

Selama melakukan eksfoliasi, sebaiknya kamu juga berfokus pada produk perawatan yang memang bisa mengurangi produksi sebum. Sebagai contoh yakni produk yang mengandung salicylic acid, niacinamide, dan retinoids.

3 dari 6 halaman

3. Jaga Kelembapan Kulit

Ilustrasi Menggunakan Pelembab © Diadona

Meski berniat untuk membersihkan pori-pori, kamu juga wajib menjaga kelembapan kulit ya. Tentunya dengan mengaplikasikan produk perawatan yang memang bisa menghidrasi kulit.

Produk-produk yang demikian, setidaknya harus mengandung hyaluronic acid dan glycerin.

4 dari 6 halaman

4. Pakai Clay Mask

Ilustrasi Clay Mask © Diadona

Langkah selanjutnya yakni dengan memakai clay mask. Bukan rahasia lagi, clay mask memang diformulasikan untuk mengatasi komedo membandel dan ukuran pori-pori yang besar.

Jadi, jangan lupa pakai clay mask setidaknya 2 kali dalam seminggu ya. Sebisa mungkin lakukan di hari yang berbeda dengan saat melakukan eksfoliasi.

5 dari 6 halaman

5. Tingkatkan Elastisitas Kulit

Ilustrasi Serum Wajah © Diadona

Setelah membersihkan pori-pori, maka yang perlu kamu lakukan adalah mengencangkannya. Kamu perlu meningkatkan elastisitas kulit supaya pori-pori nggak lagi membesar.

Untuk mengencangkan kulit, sebaiknya kamu memilih produk perawatan yang mengandung retinoids, vitamin C, glycolic acid, dan lactic acid.

6 dari 6 halaman

6. Gunakan Sunscreen (tabir surya)

Ilustrasi Penggunaan Sunscreen © Diadona

Sebagai pelengkap, kamu perlu memakai sunscreen atau tabir surya. Apalagi kalau kamu biasa beraktivitas di luar ruangan, jangan sampai melewatkan pemakaian sunscreen ya.


Nah itu dia beberapa trik perawatan kulit untuk mengecilkan dan mengencangkan pori-pori. Pori-pori nggak bisa mengecil dalam sekejap mata, jadi lakukan step-step tersebut dengan rutin supaya lebih cepat terlihat hasilnya ya..

Beri Komentar