Kenali Perbedaan Sunscreen SPF 30 dan SPF 50, Kira-Kira Mana yang Lebih Baik?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 1 Juni 2021 10:15
Kenali Perbedaan Sunscreen SPF 30 dan SPF 50, Kira-Kira Mana yang Lebih Baik?
Tipe manakah yang jadi andalanmu?

Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu skincare yang tidak asing lagi bagi kita. Pemakaian sunscreen pun bisa diterapkan setiap hari, baik saat berada di dalam maupun di luar ruangan.

Kebutuhan yang cukup tinggi akan sunscreen, membuat banyak perusahaan produk kecantikan menawarkan sunscreen dalam beragam tipe. Meski banyak pilihan, salah satu yang wajib dipertimbangkan yakni kandungan SPF yang ada di dalamnya.

Yang paling sering ditemukan yakni SPF 30 dan SPF 50. Lantas, apakah perbedaan antara dua hal tersebut dan manakah yang lebih baik?

1 dari 4 halaman

Apa itu SPF?

Ilustrasi Sunscreen © Diadona

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. Angka yang menunjukkan besaran kandungan SPF mengindikasikan sebaik apa produk tersebut dalam melindungi kulit dari sinar matahari.

Melansir dari Healthline, angka SPF ini sekaligus menentukan seberapa lama kamu bisa berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. Seringkali, kita menemukan produk pelindung yang mematok tipe SPF mulai 10 hingga 50.

Angka 10 merupakan yang terkecil karena biasanya kulit bisa terbakar matahari dalam waktu 10 menit jika tidak diberi krim pelindung seperti sunscreen atau sunblock.

2 dari 4 halaman

SPF 30

Ilustrasi Sunscreen © Diadona

Sunscreen dengan SPF 30 bisa melindungi kulit dari sinar matahari hingga 30 kali lipat. Jika dihitung 30 x 10 menit = 300 menit alias 5 jam.

SPF 30 mengindikasikan bahwa sunscreen bisa melindungi kulit dari sinar UVB sebesar 97%. Beberapa ahli dan dokter kulit menyarankan sunscreen SPF 30 sebaiknya dipakai oleh orang-orang yang kerap beraktivitas di dalam ruangan.

3 dari 4 halaman

SPF 50

Ilustrasi Sunscreen © Diadona

Sunscreen dengan SPF 50 bisa melindungi kulit dengan lebih baik, hingga 50 kali lipat. Jika dikonversi dalam waktu, 50 x 10 menit = 500 menit atau sekitar 8 jam.

SPF juga memiliki proteksi lebih sehingga bisa melindungi kulit dari sinar UVB sebesar 98%. Produk ini bisa kamu gunakan jika beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan.

Beri Komentar