Kenali Sederet Manfaat Mentimun untuk Kecantikan, Mampu Atasi Jerawat bahkan Selulit!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 14 April 2021 15:15
Kenali Sederet Manfaat Mentimun untuk Kecantikan, Mampu Atasi Jerawat bahkan Selulit!
Murah, mudah ditemukan, dan punya banyak manfaat.

Mentimun adalah salah satu sayur yang murah dan mudah ditemukan. Sayuran sederhana ini terbilang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Tapi tahu nggak sih, mentium juga menyimpan beragam manfaat untuk kecantikan kulit loh! Melansir dari Times of India, berikut adalah beragam manfaat tidak terduga dari mentimun. Simak selengkapnya ya..

1 dari 7 halaman

1. Atasi masalah jerawat

Ilustrasi Perawatan Kecantikan Pakai Mentimun © Diadona

Mentimun memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi bekas jerawat bahkan peradangan pada kulit. Caranya yakni dengan membuat pasta kental dari campuran bubur mentimun, gel lidah buaya, beberapa tetes tea tree essential oil, serta susu bubuk.

Oleskan pasta ini pada area wajah dan leher, lalu diamkan kira-kira 15 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin dan ulangi secara rutin.

2 dari 7 halaman

2. Mengurangi lingkaran gelap di bawah mata

Mentimun juga memiliki kandungan silika dan vitamin C yang bisa mengurangi lingkaran gelap di bawah mata sekaligus menyegarkannya. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan, yakni dengan meletakkannya secara langsung di area mata atau membuat pasta.

Untuk membuat pasta, kamu perlu mencampurkan mentimun, minyak kelapa, minyak essential biji wortel, serta gel lidah buaya. Dinginkan pasta tersebut berupa bongkahan lalu oleskan di area mata.

3 dari 7 halaman

3. Mengurangi selulit

Ilustrasi Ramuan Mentimun © Diadona

Bahan kimia alami dalam mentimun bisa memproduksi kolagen dan membantu menghilangkan selulit utamanya di area paha. Kamu cukup membuat ramuan dari jus mentimun, biji kopi bubuk, serta satu sendok makan madu murni.

Oleskan ramuan tersebut pada area selulit, lalu bungkus dengan kain tipis. Diamkan kira-kira 30 menit lalu lepaskan secara perlahan. Ulangi 2x seminggu untuk mendapat hasil optimal.

4 dari 7 halaman

4. Melawan tanda-tanda penuaan

Tak banyak yang tahu, mentimun ternyata juga berkhasiat melawan tanda-tanda penuaan sekaligus bisa mengencangkan kulit yang kendur. Untuk memanfaatkannya, kamu cukup membuat mentimun jadi masker sederhana.

Blender mentimun sampai encer, lalu pisahkan air dari serat-serat padat yang tersisa. Oleskan air tersebut secara merata pada wajah dan leher, lalu duiamkan selama 15 menit. Sedangkan untuk serat-seratnya, bisa kamu gunakan lagi sebagai masker untuk mengurangi kerutan.

5 dari 7 halaman

5. Jadi body scrub

Ilustrasi Ramuan Mentimun © Diadona

Mentimun bisa juga dimanfaatkan sebagai eksfoliator alami sebab memiliki sifat antioksidan yang bisa melembapkan, sekaligus melindungi kulit. Buatlah lulur dari campuran mentimun, kemangi, gula pasir, dan minyak kelapa.

Blender sampai teksturnya kasar, lalu aplikasikan langsung di tubuh. Kamu bisa mengulanginya setiap hari untuk membuat kulit halus dan lembut.

6 dari 7 halaman

6. Menghilangkan kulit kering

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mentimun bisa mengencangkan pori-pori sekaligus mengurangi iritasi dan peradangan. Namun di sisi lain, mentimun juga bisa mengatasi kulit kering.

Caranya, blender mentimun kupas, lalu tambahkan 1 sendok yogurt dan aduk rata. Basuh wajah dengan air hangat, lalu oleskan masker tersebut dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat, lalu ulangi lagi dengan air dingin.

7 dari 7 halaman

7. Menenangkan kulit yang terpapar sinar matahari

Ilustrasi Ramuan Mentimun © Diadona

Kulit yang terpapar sinar matahari lama-kelamaan akan mengalami kekeringan dan kemerahan akibat iritasi. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan mentimun.

Ambil 1 sendok teh jus mentimun, campur dengan air mawar, serta beberapa tetes jus lemon, lalu aduk rata. Semprotkan campuran ini ke wajah dan leher, lalu bersihkan dengan air dingin kira-kira setelah 10 menit. cara ini akan membantu meremajakan dan menenangkan kulit yang terbakar.


Nah, itu dia sederet manfaat mentimun untuk kecantikan kulit. Gimana, tertarik mencoba?

Beri Komentar