Kenapa sih Makeup Cenderung Menggumpal Jika Wajah Berminyak dan Berkeringat?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Minggu, 29 Agustus 2021 11:15
Kenapa sih Makeup Cenderung Menggumpal Jika Wajah Berminyak dan Berkeringat?
Ternyata ini loh penyebabnya..

Mengaplikasikan makeup mungkin sudah menjadi kebutuhan bagi hampir semua perempuan. Apalagi dengan aktivitas harian yang menuntut penampilan paripurna, makeup adalah penolong yang paling bisa diandalkan.

Banyak makeup dikembangkan menyesuaikan jenis kulit tiap-tiap orang. Namun ada satu yang paling menjadi musuh utama saat bermakeup, yakni kondisi kulit yang berminyak atau mudah berkeringat.

1 dari 5 halaman

Seringkali makeup akan menjadi cakey atau menggumpal pada wajah berminyak yang juga rentan berkeringat. Hal inilah yang kadang membuat makeup justru menjadi boomerang yang mengganggu penampilan.

Menurut makeup artist Dhirman Putra, kondisi cakey atau menggumpal ini seringkali terjadi karena pemilihan base makeup yang kurang tepat. Base makeup yang dimaksud adalah primer.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Make Up © Diadona

" Mitosnya, kebanyakan orang takut pakai base makeup yang tebal karena akan cakey, sebenarnya tidak juga. Kalau kita pintar memilih base makeup yang sesuai jenis kulit, mau setebal apapun tidak bakal cakey atau pecah," ujar Dhirman Putra, seperti melansir dari KumparanWOMAN.

" Pemakaian primer jangan terlalu banyak, cukup sedikit saja. Selain itu, alas bedaknya (foundation atau bb cushion) juga jangan terlalu banyak," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Sebagai tips, Dhirman menyarankan agar pemilik kulit berminyak menggunakan primer yang memang khusus untuk kulit berminyak. Hal ini terkait kandungan silikon yang berperan penting dalam mengatur kadar minyak di wajah.

Menggunakan primer yang sesuai jenis kulit berminyak tentunya akan membantu makeup lebih menempel. Selain itu, primer khusus kulit berminyak biasanya memiliki tekstur matte yang mudah menyerap dan nggak meninggalkan kesan kilap di wajah.

4 dari 5 halaman

Face Mist © Diadona

Untuk menghindari kemungkinan menggumpalnya base makeup, kamu bisa menambahkan facial mist atau setting spray jika sudah selesai makeup. Meski bertujuan untuk mengunci makeup, setting spray bisa dipakai sebelum maupun sesudah merias wajah.

" Setting spray yang dipakai sebelum makeup gunanya untuk memberi kelembapan pada wajah sekaligus membuat wajah tidak kering. Setting spray yang dipakai setelah makeup, gunanya untuk me-laminating makeup agar tetap menempel," pungkasnya.

Beri Komentar