Keramas Pagi atau Malam Hari, Sebenarnya Lebih Baik yang Mana sih?

Beauty | Minggu, 14 Juni 2020 15:30
Keramas Pagi atau Malam Hari, Sebenarnya Lebih Baik yang Mana sih?

Reporter : Devi Puspitasari

Lebih bagus pagi atau malam hari ya?

Keramas jadi cara yang paling sederhana bagi kita untuk merawat rambut. Biasanya, setiap orang punya preferensi yang berbeda-beda nih tentang waktu mencuci rambut.

Ada yang lebih suka keramas di pagi hari sebelum beraktivitas dan ada juga yang lebih memilih keramas di malam hari sebelum tidur setelah beraktivitas seharian.

Tapi sebenarnya, lebih bagus mana sih keramas di pagi atau malam hari ya? Daripada bingung, yuk simak ulasannya yang dilansir dari Bustle berikut ini.

2 dari 5 halaman

 Ilustrasi keramasIlustrasi keramas © healthline.com

Sebenarnya hal ini tergantung pada kondisi, tipe, dan tampilan rambut seperti apa yang kamu inginkan ya. Bila kamu memiliki rambut halus atau berminyak, para ahli merekomendasikan untuk mencuci rambut di pagi hari.

Amy Bradbury, hairstylist di Kennaland mengatakan, " Semua itu (keramas) tergantung pada tipe rambutmu. Bila kamu memiliki tipe rambut yang tipis atau halus, waktu terbaik untuk mencucinya yakni di pagi hari."

Sebaliknya, bila kamu punya tipe rambut yang tebal atau keriting, direkomendasikan untuk keramas di malam hari.

3 dari 5 halaman

Tampilan Rambut yang Diinginkan

 

 Ilustrasi Rambut WanitaIlustrasi Rambut Wanita © shutterstock

Nggak hanya tergantung dengan tipe rambut kamu, pilihan keramas di pagi atau malam hari juga tergantung pada tampilan rambut seperti apa yang kamu inginkan.

" Bila kamu suka rambut terlihat halus berkilau, akan lebih baik bila kamu keramas di pagi hari. Sebaliknya, bila kamu lebih menginginkan tampilan rambut yang bergelombang, cucilah di malam sebelumnya," kata Michael David, stylist di Salon Antonio Prieto.

4 dari 5 halaman

Efek Buruk Tidur dengan Rambut Basah

 Ilustrasi KeramasIlustrasi Keramas © floem

Selain itu, tentu saja hal ini tergantung dengan waktu yang kamu punya. Bila sekiranya kamu akan sibuk di pagi hari, akan lebih baik jika kamu keramas di malam sebelumnya. Nggak mau kan rambut jadi nggak oke di pagi hari karena nggak sempet keramas?

Tapi, perlu diperhatikan ya bila keramas di malam hari usahakan untuk mengeringkan rambut lebih dulu sebelum pergi tidur karena bisa membuat rambut jadi kusut dan berketombe.

" Tidur dengan rambut basah bisa menyebabkan rambut jadi kusut, terutama jika kamu banyak bergerak saat tidur, ini akan menyebabkan kamu kesulitan menyisir rambut di pagi harinya," jelas Sally-Ann Travers, konsultan ahli kulit kepala dan rambut di The Cotswold Trichology Centre & Theradome.

5 dari 5 halaman

" Jamur suka kondisi hangat dan lembab untuk tumbuh. Secara konsisten tidur dengan rambut basah bisa berkontribusi pada pertumbuhan jamur berlebih yang berpotensi menyebabkan masalah kulit kepala atau ketombe," lanjutnya.

Terlepas dari itu semua, keramas di waktu kapan pun tetap memiliki manfaat yang baik kok bagi rambut. Pada akhirnya, semuanya kembali lagi ke segala aktivitas dan kondisi kita ya. Kalau kamu, lebih suka keramas di pagi atau malam hari nih?

Join Diadona.id