Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari, Ini Tips Pilih dan Gunakan Sunscreen yang Tepat!

Reporter : Sheila Fathin
Selasa, 12 April 2022 16:00
Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari, Ini Tips Pilih dan Gunakan Sunscreen yang Tepat!
Jangan pernah melupakan untuk menggunakan sunscreen!

Siapa disini yang selalu skip menggunakan sunscreen? Tahukah kamu apabila mengesampingkan penggunaan sunscreen dampaknya bisa cukup bahaya kedepannya, lho. Kulit kamu bisa saja mengalami penuaan dini, muncul hiperpigmentasi, kulit tidak terhidrasi dengan baik, muncul garis-garis halus dan permasalah kulit lainnya.

Sunscreen sendiri adalah lotion yang menyerap ke dalam lapisan teratas kulit, yang digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Menggunakan sunscreen secara rutin dapat mencegah dampak dari sinar UVA/UVB merusak jaringan kulit. Jenis sunscreen saat ini sudah sangat beragam juga, Diazens. Tak hanya bertekstur lotion, namun ada juga yang berbentuk spray. 

Sebagai pengguna sunscreen, menggunakan sunscreen sendiri sudah sangat dimudahkan. Sehingga, tidak ada alasan bagi kalian untuk malas menggunakannya. Toh, dengan menggunakan sunscreen kulit kalian juga bisa tetap terjaga maksimal, bukan?

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan yaitu cara memilih dan memakai sunscreen agar kulit kalian terlindungi secara maksimal. Apa saja beberapa hal itu? Berikut tipsnya di bawah ini, ya!

 

1 dari 11 halaman

Pakai Sebelum Kamu Memulai Aktivitas

Dewasa ini, perubahan iklim jauh tidak menentu. Belum lagi saat cuaca sedang panas-panasnya, kulit kita terasa jauh lebih terbakar dari biasanya. Penggunaan sunscreen sebelum memulai aktivitas adalah cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kulitmu. 

Penggunaan sunscreen sendiri bisa digunakan 15 menit sebelum memulai aktivitas. Caranya dengan mengaplikasikannya sebanyak dua ruas jari, kemudian oleskan di muka. Kamu juga bisa memilih jenis sunscreen yang dapat melembabkan kulit kamu agar nantinya saat digunakan kulitmu tidak berubah menjadi kering.

2 dari 11 halaman

Pilih Sunscreen yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Jenis sunscreen di luar sana cukup beragam. Pastikan kamu memilih jenis sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Apabila jenis kulit kamu cenderung berminyak dan kombinasi pastikan memilih jenis sunscreen yang memiliki tekstur gel atau gel cream. Hal itu karena tekstur gel jauh lebih cepat menyerap ke dalam kulit yang cenderung berminyak. Kulit kering bisa menggunakan jenis sunscreen dengan tekstur lotion agar kulit jauh lebih lembab. 

3 dari 11 halaman

Memilih Kandungan yang Lengkap

Tidak hanya jumlah SPF saja yang perlu diperhatikan, namun kamu juga perlu memastikan kalau produk yang kamu gunakan sudah sesuai dengan jenis kulit kamu saat ini. Selain itu, perhatikan juga ingredients dalam produknya, adakah kandungan yang akan membuat kulitmu berjerawat atau iritasi.

4 dari 11 halaman

Pastikan untuk Re-apply Setiap 2-4 Jam Sekali

Walau sunscreen yang kamu gunakan mempunyai SPF yang tinggi, khasiatnya juga akan tetap berkurang seiring berjalannya waktu. Kamu bisa mulai mengaplikasikan ulang sunscreen setiap 2-4 jam sekali, ya. 

Aturannya sih, kalau kamu lebih sering berada di dalam ruangan kamu bisa mengaplikasikan sunscreen yang kamu gunakan 4 jam sekali. Namun, kalau kamu sering berada di luar ruangan, aplikasikan sunscreen setiap 2 jam sekali. 

Biasanya, re-apply sunscreen adalah hal yang paling malas untuk dilakukan. Kenapa? Hal ini karena kita perlu untuk touch up ulang makeup kita. Tentunya itu agak sedikit ribet dan bikin malas. 

Tapi tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak jenis sunscreen yang nggak akan bikin makeup kamu aneh kalau re-apply. Malahan, kamu bisa menggunakan jenis sunscreen spray. Cukup dengan semprotkan pada wajah seperti menggunakan face mist dan kamu sudah siap beraktivitas lagi.

5 dari 11 halaman

Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Semua Jenis Kulit

Sunscreen Azarine x Lee Minho © Diadona

Lagi-lagi kalau ngomongin brand skincare lokal emang nggak pernah ada habisnya ya. Brand-brand lokal kali ini udah nggak kalah bagusnya sama brand-brand asal luar. Belum lagi brand-brand lokal juga menggunakan kandungan-kandungan yang ampuh untuk mengatasi dan melindungi kulit dari segala permasalahan yang ada. 

Ada salah satu brand lokal yaitu Azarine yang semakin dikenal karena salah satu produknya yaitu sunscreen-nya yang hype banget. Sunscreen dari Azarine telah menjadi favorit para skincare enthusiast. Kali ini Azarine menggandeng aktor terkenal dari Korea Selatan yaitu Lee Minho sebagai Brand Ambassador-nya. Dengan tagline “ Juaranya Sunscreen”, Azarine mengeluarkan 4 sunscreen baru. Kalau kamu penasaran, ini nih rekomendasi sunscreen dari Azarine yang bisa membantu melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari dan sinar blue light! 

 

6 dari 11 halaman

1. Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45++++

Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45++++ © Diadona

Udah nggak asing lagi pastinya dengan sunscreen satu ini. Sunscreen lokal yang nggak kalah bagusnya dengan sunscreen dari brand-brand luar. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45++++ hadir dengan formula baru yang sebelumnya hanya untuk melindungi kulit dari sinar UVA/UVB, kini sunscreen kesayangan banyak orang ini improved dengan formulasi blue light protection. 

Sinar blue light kini menjadi perhatian banyak orang karena efeknya yang ternyata berbahaya untuk kulit. Sinar blue light sendiri didapat dari pancaran cahaya yang terdapat di gadget dan laptop. Menurut para ahli, sinar ini bisa menembus lapisan kulit terdalam daripada sinar UV yang mana jika diabaikan secara berkala akan menyebabkan kulit menjadi rusak.

Teksture Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45++++ © Diadona

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45++++ akan melindungi kamu tidak hanya dari sinar UVA/UVB yang berbahaya, bahkan dari sinar blue light. Selain itu, sunscreen Azarine ini memiliki texture gel ringan yang gampang menyerap ke dalam kulit. Apalagi sunscreen ini cocok untuk kulit berminyak, kombinasi bahkan acne prone sekaligus.

Produk ini memiliki keunggulan yaitu bebas minyak, alkohol dan silikon yang mana kandungan tersebut tidak baik digunakan pada kulit secara terus menerus. Di tambah juga Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45++++ memiliki key ingredients seperti Royal Jelly yang membantu mengurangi produksi minyak, Resveratrol  dan Green Tea sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas , dan Ectoin merupakan formula baru untuk melindungi kulit kita dari sinar blue light. 

 

 

7 dari 11 halaman

2. Hydrasoothe Sunscreen Mist

Hydrasoothe Sunscreen Mist SPF 50 © Diadona

Dengan tagline #OnTheGoSunscreen, Azarine mengeluarkan produk baru yaitu sunscreen spray atau mist. Dengan konsep On The Go Sunscreen yang praktis dan anti ribet, kamu nggak perlu kesusahan lagi untuk re-apply sunscreen karena kamu cuman perlu menyemprotkannya ke muka dan kulitmu sudah terlindungi seharian.

Hydrasoothe Sunscreen Mist ini akan memberikan efek soothing dan refresh setelah diaplikasikan pada wajah. Tentunya tekstur yang dimiliki sunscreen jenis ini cair dan tidak lengket serta mudah untuk diserap oleh kulit. 

Kalau lihat dari kandungannya sendiri, sunscreen ini memiliki kandungan yang sangat luar biasa. Dari kandungan Centella Asiatica saja sudah mampu memberikan efek soothing dan calming serta anti inflamasi. Belum lagi ada kandungan ceramide yang mampu menjaga dan mengunci kelembapan di mana kandungan ini juga bisa memperkuat skin barrier kamu, lho.

Hydrasoothe Sunscreen Mist SPF 50 © Diadona

Selain itu, efek lembab yang diberikan setelah menggunakan sunscreen spray ini berasal dari kandungan Hyaluron 11 Multi-complex yang mana mampu menghidrasi kulit hingga 11 lapisan kulit terdalam. Plus, kandungan yang paling penting adalah ectoin yang mampu melindungi kulit dari sinar blue light, polusi, dan sinar UVA/UVB.

8 dari 11 halaman

3. Hydramax-C Sunscreen Serum

Hydramax-C Sunscreen Serum SPF 50 © Diadona

Nggak cuman melindungi kulit dari sinar matahari dan radikal bebas ternyata Hydramax-C Sunscreen Serum ini juga bisa membantu mencerahkan dan meningkatkan kadar kolagen kamu, lho. Sunscreen keluaran terbaru Azarine ini mengandung Ascorbic Acid yang mana kandungan ini merupakan turunan dari Vitamin C. Kita semua tahu kalau Vitamin C memang bagus untuk mencerahkan kulit dan tinggi antioksidan.

Selain itu sunscreen ini cocok untuk digunakan semua jenis kulit, namun lebih disarankan untuk kulit kering karena formulasinya yang mampu melembabkan kulit. Kelembapan ini didapatkan dari 11 jenis HA atau Hyaluron 11 Multi-complex yang akan terus membantu menghidrasi kulit kamu seharian hingga 11 lapisan terdalam. Tak lupa kandungan ectoin yang akan melindungi kulit kamu dari sinar blue light dan menjaga skin barrier kamu. 

Hydramax-C Sunscreen Serum SPF 50 © Diadona

Untuk tekstur dari Hydramax-C Sunscreen Serum ini berbentuk gel yang sedikit agak thick namun masih ringan untuk digunakan. Dan tentunya, saat kamu menggunakan sunscreen ini tidak akan meninggalkan whitecast sedikit pun.

9 dari 11 halaman

4. Tone Up Mineral Sunscreen Serum

Tone Up Mineral Sunscreen Serum SPF 50 © Diadona

Berbeda dari ketiga sunscreen lainnya, Tone Up Mineral Sunscreen Serum keluaran terbaru dari Azarine merupakan physical sunscreen. Di mana sunscreen dengan tipe ini efeknya akan langsung terjadi setelah dioleskan. Selain itu, Tone Up Mineral Sunscreen Serum ini mampu melembabkan kulit 2x daripada sunscreen lainnya. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan moisturizer tambahan jika menggunakannya.

Tone Up Mineral Sunscreen Serum sendiri diformulasikan dengan bahan aktif yang mampu memberikan efek cerah tanpa memberikan efek abu-abu setelahnya. Hal ini karena Azarine menggunakan skintelligence technology yaitu kemampuan mencerahkan dengan cara menyesuaikan warna kulit tanpa efek kulit berubah menjadi abu-abu.

Key ingredients yang ada pada produk ini juga termasuk ke dalam golongan kandungan yang cruelty free. Ada Squalane yang mampu melindungi kulit dan memperbaiki skin barrier dan melembabkan kulit, ceramide 3 yang bagus untuk menjaga memperbaiki dan melindungi skin barrier yang rusak akibat kurangnya hidrasi. Kemudian ada Argireline peptide membantu mencegah kulit kamu dari penuaan dini dan menyamarkan kerutan. 

Tone Up Mineral Sunscreen Serum SPF 50 © Diadona

Di sisi lain, sunscreen ini memiliki tekstur cream dan agak thick. Namun, setelah diaplikasikan pada kulit terasa ringan dan bleandable. Keunggulan dari sunscreen ini yang perlu dilihat adalah produk ini menggunakan Encapsulated Titanium Dioxide Technology serta kandungan seperti MossCellTech No. 1 yang mampu menenangkan kulit serta sebagai pereda stress pada kulit akibat perubahan pada iklim. 

10 dari 11 halaman

Berikut detail perbedaan dari 4 jenis Sunscreen Azarine:

Perbedaan Sunscreen Azarine © Diadona

11 dari 11 halaman

Nah, itu dia beberapa rekomendasi sunscreen yang bisa kamu gunakan setiap hari. Dengan begini kamu nggak perlu takut lagi apabila kulit kamu terpapar sinar matahari dan polusi karena sudah terlindungi secara maksimal. Jadi, jangan lupa ya untuk selalu gunakan sunscreen di setiap kondisi apapun. Kulit sehat, kamu pun bahagia.

Beri Komentar