Masih Muda kok Udah Ubanan? Ternyata ini Loh Penyebabnya..

Beauty | Jumat, 31 Juli 2020 16:15
Masih Muda kok Udah Ubanan? Ternyata ini Loh Penyebabnya..

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Siapa nih yang diam-diam udah muncul satu atau dua helai uban di rambutnya?

Secara umum, uban akan muncul saat seseorang memasuki usia 50-an atau bisa dibilang saat usia sudah mulai menua. Tapi nggak bisa dipungkiri, ada juga yang justru sudah mengalami ubanan saat usianya masih sekitar 20-an.

Banyak yang bilang, hal itu terjadi karena orang tersebut sedang mengalami stres. Emang bener kayak gitu?

2 dari 4 halaman

Sebenarnya nggak juga sih.. Melansir dari Radiance by WebMD, sebenernya stres nggak secara langsung menimbulkan uban kok. Stres justru menyebabkan rambut jadi lebih mudah rontok dan rambut yang kembali tumbuh biasanya baru menjadi warna putih.

Jadi bukannya karena stres, tumbuhnya uban saat seseorang masih berusia muda ternyata dipengaruhi oleh gen orang tua. Jadi, kalau orang tuanya sudah memiliki rambut beruban di usia 30-an, bisa jadi anaknya pun akan mengalami hal serupa.

3 dari 4 halaman

 Ilustrasi UbanIlustrasi Uban © 2020 https://www.diadona.id

Selain dipengaruhi gen, hal ini juga bisa terjadi karena pengaruh kesehatan. Kondisi kekurangan vitamin B12, penyakit tiroid, atau bahkan vitiligo atau alopecia areata.

4 dari 4 halaman

Vitiligo sendiri merupakan kondisi yang menghancurkan sel-sel pembuat pigmen di kulit kepala. Nah sedangkan alopecia areata menyebabkan bercak rambut dan juga kerontokan.

Jika kamu mengalami hal semacam ini, mendingan uban yang sehelai atau dua helai itu mending jangan dicabut deh, karena nantinya akan timbul uban baru di tempat yang sama. Selain itu, mencabut rambut beruban hanya akan merusak folikel loh!

Join Diadona.id