Mengenal Apa Itu Hormonal Acne? Berikut Ini Tanda Kamu Sedang Menghadapinya!

Reporter : Sheila Fathin
Kamis, 29 April 2021 15:55
Mengenal Apa Itu Hormonal Acne? Berikut Ini Tanda Kamu Sedang Menghadapinya!
Apa sih jerawat hormonal itu?

Punya jerawat sering menjadi momok tersendiri bagi kita, terutama wanita. Kamu sudah capek-capek merawat kulitmu sedemikian rupa agar terhindar dari jerawat, tapi jerawat masih aja tetep nongol. Apalagi ketika kamu baru memulai mencoba produk skincare baru untuk mengatasi permasalahan kulit kamu. Pasti kamu akan serta-merta mengira kalau produk tersebut nggak cocok kan di kulit kamu? Wait! Itu bisa aja jerawat hormonal, lho!

Kamu harus tahu ada dua jenis jerawat yang muncul di wajah kamu sebelum kamu memutuskan produk skincare baru itu gak cocok. Pertama jerawat hormonal itu berbeda dengan jerawat akibat lingkungan atau produk skincare yang gak cocok. Jerawat hormonal adalah jerawat yang mengganggu, menyakitkan, dan tidak menyenangkan yang muncul di saat-saat terburuk yang bisa dibayangkan. Jerawat hormonal secara langsung terkait dengan hormon kamu. Hormon ini lah, estrogen dan progesteron, yang menyebabkan jenis jerawat ini. 

Selain itu, perubahan hormon yang tidak menentu ini terjadi saat menstruasi atau menjelang menstruasi yang menyebabkan peningkatan produksi minyak di pori-pori. Jadi, jerawat hormonal berbeda dengan jerawat pada umumnya. Kamu bisa melihat jerawat yang bukan hormonal itu akan muncul pada bagian-bagian yang belum pernah muncul jerawat. Maka dari itu, Diazens perlu tahu tanda-tanda dari jerawat hormonal.

 

1 dari 3 halaman

Jerawat Muncul di Bagian Dagu dan Rahang

Jerawat Hormonal © Diadona

Salah satu tanda terjadinya hormonal breakout terletak pada wajah. Hal ini karena saat menjelang menstruasi atau menstruasi hormon dalam tubuh wanita menstimulasi kelenjar minyak. Yang mana diantaranya terjadi disekitar area dagu dan rahang. Kelenjar minyak berlebih ini membuat kulit kamu menjadi tempat utama untuk jenis jerawat ini muncul. Selain itu tidak menutup kemungkinan kalau-kalau jerawat hormonal ini juga muncul di lehar dan sisi wajah kamu, lho, Diazens.

2 dari 3 halaman

Jerawat yang Hanya Terjadi Satu Bulan Sekali

Jerawat Hormonal © Diadona

Kamu perlu mengenali dirimu sendiri untuk mengetahui jerawat yang muncul ini benar karena hormonal atau produk skincare baru yang nggak cocok ke kulitmu. Pasalnya jerawat hormonal hanya muncul sebulan sekali dan munculnya pun mendekati kamu hendak menstruasi, lho. 

Jerawat hormonal juga memiliki kecenderungan muncul di tempat yang sama setiap bulannya. Ini terjadi karena pori-pori tertentu membesar ukurannya oleh jerawat sebelumnya. Ini wajar terjadi kok, Diazens. Jadi, kalau jerawat kamu muncul di tempat yang tidak biasanya maka bisa diartikan kalau kamu nggak cocok dengan suatu produk itu, ya.

3 dari 3 halaman

Kamu Mengalami Stress Berlebihan

Jerawat Hormonal © Diadona

Pernah gak kamu tiba-tiba ngalamin jerawat yang muncul tapi kamu tidak sedang mengalami masa PMS? itu bisa saja terjadi karena kamu stress. Stress juga mempengaruhi hormon, lho. 

Kortisol adalah hormon stress yang bisa memengaruhi semua hormon kamu yang lain. Ya, hal itu karena wanita cukup rentan mengalami perubahan hormonal yang naik dan turun. Sehingga, hormon stress ini bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Beri Komentar