Mengenal Kandungan Centella Asiatica pada Skincare, Apa Manfaatnya bagi Kulit?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 6 Mei 2021 15:15
Mengenal Kandungan Centella Asiatica pada Skincare, Apa Manfaatnya bagi Kulit?
Centella Asiatica jadi primadona di dunia skincare.

Dunia skincare akan terus mengalami perkembangan. Seiring kemajuan zaman, akan banyak penelitian-penelitian mengenai bahan-bahan baru yang bisa memberi manfaat bagi kulit.

Salah satu kandungan yang jadi hits belakangan ini adalah Centella Asiatica. Bahan ini memiliki nama yang berbeda-beda di masing-masing daerah. Di Indonesia dikenal dengan nama daun pegagan, sedangkan di negara lain dikenal dengan Gotu Kola, brahmi, pegagan Indian atau pegagan Asiatic.

Melansir dari Health, Centella Asiatica pada awalnya dikenal memberi manfaat bagi kesehatan, utamanya bagi obat kulit. Lantas apa yang membuat Centella Asiatica akhirnya dimanfaatkan untuk campuran skincare?

1 dari 4 halaman

Kandungan dalam Centella Asiatica

Ilustrasi Centella asiatica © Diadona

Mona Gohara, MD, profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine, mengungkapkan bahwa Centella Asiatica mengandung asam amino dengan konsentrasi tinggi, beta-karoten, serta asam lemak. Sedangkan Shari Marchbein, MD, dokter kulit di New York City menyebut bahwa Centella Asiatica juga memiliki sifat anti-inflamasi.

Tak cuma itu, Centella Asiatica juga memiliki 2 senyawa lain yakni, madecassoside dan asiaticoside. Senyawa tersebut diketahui bermanfaat untuk menenangkan kulit yang bermasalah.

2 dari 4 halaman

Manfaat Centella Asiatica untuk kulit

Dengan beragam kandungan tersebut, Centella Asiatica dipercaya punya beragam manfaat bagi kulit. Yang pertama yakni memperlancar peredaran darah dan membentuk kolagen, sehingga membuat kulit jadi lebih kenyal, kencang, dan awet muda.

Ilustrasi Kandungan Centella asiatica © Diadona

Centella Asiatica juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari, debu dan polusi, serta zat radikal bebas lainnya. Tak hanya melindungi, Centella Asiatica juga menjaga kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi dengan baik.

3 dari 4 halaman

Sebagai bahan alami, Centella Asiatica cukup aman bagi pemilik kulit sensitif. Jika biasanya kulit akan mengalami gatal, iritasi, dan kemerahan, maka krim cica akan membuat kulit lebih halus, lembut dan meredakan area yang kasar.

Centella Asiatica juga mampu menghambat pertumbuhan sel-sel penyebab peradangan, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi iritasi kulit. Kalaupun kulit sudah terlanjur mengalami lukas, maka Centella Asiatica bisa mempercepat penyembuhan dan menyamarkan bekas luka.

4 dari 4 halaman

Jadi bagi kamu-kamu yang memiliki bekas jerawat membandel, stretch mark, eksim, bekas luka bakar, luka pasca operasi atau luka robek, maka cukup atasi dengan Centella Asiatica. Kulit akan kembali bersih dan mulus tanpa bekas noda! Selamat mencobaa...

Beri Komentar