Mengenal Kandungan Panthenol, Bagaimana Manfaat dan Efek Sampingnya pada Kulit?

Beauty | Rabu, 8 September 2021 10:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Terkandung pada skincare, ini seluk beluk Panthenol yang perlu kamu tahu.

Pencinta skincare pasti udah nggak asing dengan kandungan Panthenol. Panthenol diklaim kaya akan vitamin B5, dipercaya bisa mengikat air hingga membuat kulit tetap lembap dan elastis.

Panthenol merupakan zat kimia yang terbuat dari asam pantotenat atau biasa disebut vitamin B5. Zat ini diproduksi dari tumbuhan dan hewan, sehingga tergolong organik.

Mengenal Kandungan Panthenol, Bagaimana Manfaat dan Efek Sampingnya pada Kulit?
2 dari 6 halaman

Saat diserap ke dalam kulit, Panthenol akan berubah menjadi vitamin B5. Kandungan ini juga memiliki manfaat tambahan sebagai humektan dan emolien.

Humektan berfungsi menarik dan mengikat air di dalam kulit, sedangkan emolien akan mengunci air di dalam kulit. Bisa dibilang, kombinasi ini membuat Panthenol bisa memberi efek melembapkan pada kulit.

3 dari 6 halaman

Manfaat Panthenol

Ilustrasi Kulit LembabIlustrasi Kulit Lembab © shutterstock.com/id/g/Phonsawat

Kandungan Panthenol akan menembus lapisan kulit dan menyerap air ke dalam sel. Hal ini membuat Panthenol sangat baik dalam menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Fungsi humektan yang terkandung di dalamnya juga membuat kulit selalu terhidrasi karena kadar air terikat di dalam kulit.

Selain mengunci kelembapan, Panthenol juga bisa menyembuhkan luka. Vitamin B5 yang ada di dalamnya, berfungsi sebagai anti inflamasi dan bekerja efektif dalam mempercepat produksi kolagen. Apabila kulit mengalami luka, seperti iritasi, jerawat, bahkan eczema, Panthenol akan bekerja untuk menenangkan kulit.

4 dari 6 halaman

Efek samping Panthenol

Ilustrasi SkincareIlustrasi Skincare © shutterstock.com/id/g/paullynn

Penelitian dari Food and Drug Administration (FDA) dan European Commission on Cosmetic Ingredients, Panthenol tergolong aman digunakan pada skincare/produk kecantikan. Sejauh ini tidak ada bukti signifikan jika kandungan ini bisa mengiritasi atau membahayakan kulit.

Meski tergolong aman, bukan berarti bisa digunakan sembarangan. Untuk menghindari kemungkinan alergi atau iritasi, sebaiknya lakukan pengujian pada area tertentu apakah cocok atau tidak.

5 dari 6 halaman

Bisakah Panthenol dikombinasikan dengan kandungan lain?

Panthenol umumnya digunakan sendiri, namun jika ingin dikombinasikan dengan kandungan lain ternyata bisa kok. Untuk mendapat kelembapan sempurna pada kulit, kamu bisa mengombinasikan Panthenol dengan Hyaluronic Acid dalam skincare routinemu.

Join Diadona.id