Meski Tertutup, Kulit Ketiak Tetap Perlu Dirawat loh!

Beauty | Kamis, 13 Mei 2021 10:15
Meski Tertutup, Kulit Ketiak Tetap Perlu Dirawat loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Yuk rawat ketiak biar tetap sehat dan wangi.

Hampir kebanyakan perempuan lebih fokus merawat kulit yang terlihat dari luar, seperti kulit wajah, tangan, serta kaki. Hal ini membuat kulit ketiak jadi salah satu bagian tubuh yang seringkali terlupakan.

Seringkali, kita merawat ketiak untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap. Padahal, ketiak juga perlu dirawat agar tetap mulus dan cerah loh..

Lantas, seperti apa sih cara merawat kulit ketiak secara tepat? Alicia Zalka, ahli dermatologi sekaligus pendiri Surfcae Deep membagikan 5 tips untuk merawat kulit ketiak. Check this out!

2 dari 7 halaman

1. Bersihkan tiap hari

 Ilustrasi Membersihkan KetiakIlustrasi Membersihkan Ketiak © shutterstock.com/id/g/Tinnawat Pechrak

Kulit ketiak cenderung lembap dan kurang aliran udara karena berada di area lipatan. Hal ini membuat bakteri, jamur, serta organisme tertentu mudah bersarang di area tersebut.

Itulah sebabnya, area ketiak perlu dibersihkan agar kelembapannya tetap seimbang. Ketiak bisa dicuci sehari sekali atau bisa juga dengan menggunakan pembersih tubuh atau ketiak dengan pH seimbang.

3 dari 7 halaman

2. Lakukan eksfoliasi

Area ketiak juga sering terlihat kusam lantaran terlalu banyak produksi minyak, tersumbatnya pori-pori, serta menumpuknya sel kulit mati. Itulah sebabnya, kulit ketiak pun perlu di-eksfoliasi sama seperti kulit wajah.

Ada 2 jenis eksfoliasi yang bisa dilakukan yakni secara fisik (menggunakan masker atau scrub) dan secara kimia (memakai toner AHA, BHA, dan PHA). Eksfoliasi fisik akan mengangkat sel kulit manti secara manual, sedangkan eksfoliasi kimia akan mencairkan penumpukan kotoran.

4 dari 7 halaman

3. Cukur dengan lembut

 Ilustrasi Mencukur Rambut KetiakIlustrasi Mencukur Rambut Ketiak © shutterstock.com/id/g/Vladimir Gjorgiev

Mencukur rambut ketiak juga sah-sah saja dilakukan, tapi tentunya nggak sembarangan. Mencukur rambut ketiak harus dilakukan dengan lembut agar nggak meninggalkan luka dan iritasi.

Sebisa mungkin balurkan shave gel atau busa sabun yang lembut di area ketiak. Kemudian, cukur dengan pisau cukur tajam dan jangan lupa bilas hingga bersih.

5 dari 7 halaman

4. Pakai pelembap

Sama seperti kulit luar, kulit ketiak pun perlu pelembap agar tetap terhidrasi. Namun, pemakaiannya nggak perlu terlalu sering.

Cukup pilih lotion dengan pH seimbang, lalu aplikasikan pada area ketiak 1-2 kali dalam seminggu. Jika terjadi iritasi, hentikan aktivitas bercukur dan pemakaian deodoran ya!

6 dari 7 halaman

5. Pakai deodoran yang aman untuk kulit

 Ilustrasi Pemakaian Deodorant SprayIlustrasi Pemakaian Deodorant Spray © shutterstock.com/id/g/Aquarius Studio

Pemakaian deodoran juga bisa jadi salah satu cara untuk merawat kulit ketiak. Jangan sembarangan pakai, tapi sesuaikan dengan kebutuhan kulit ya..

Kamu bisa memilih deodoran dari bahan alami yang bebas dari zat kimia. Biasanya deodoran alami akan membuat kamu tetap berkeringat, namun nggak meninggalkan aroma yang tidak sedap.

Join Diadona.id