Mudah dan Murah, Gini loh Cara Menghilangkan Ketombe dengan Menggunakan Garam

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 21 September 2020 16:15
Mudah dan Murah, Gini loh Cara Menghilangkan Ketombe dengan Menggunakan Garam
Emang gimana caranya?

Kecantikan seseorang nggak cuma dilihat dari wajah, tapi juga dari rambut loh. Maka nggak heran kan kalau banyak cewek yang berlomba-lomba untuk membentuk rambutnya jadi sehat dan berkilau.

Rambut sehat dan berkilau emang badai banget sih.. Tapi apa jadinya kalau masih ada ketombe? Kan nggak asik banget tuh.

Eits, tapi nggak perlu panik. Menghempaskan ketombe ternyata bisa pakai garam loh! Penasaran gimana caranya? Simak selengkapnya yuk..

1 dari 7 halaman

1. Larutan garam

Ilustrasi Garam © Diadona

Jika kamu memiliki ketombe berjenis kering, maka kamu bisa mengatasinya dengan larutan garam. Coba siapkan 2-5 sendok makan garam, kemudian larutkan dalam air hangat.

Setelah itu, gosokkan larutan garam tersebut ke kulit kepala, pijat secara perlahan, dan diamkan kira-kira 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih ya..

2 dari 7 halaman

2. Garam dengan minyak kelapa

Ilustrasi Garam dan Minyak Kelapa © Diadona

Kalau kamu pengen menghempaskan kulit kepala sekaligus merawatnya agar tetap sehat, maka campuran garam dengan minyak kelapa bisa jadi solusinya. Cukup campurkan garam dan minyak kelapa dengan perbandingan 1:1.

Aplikasikan campuran tersebut pada kulit kepala sambil beri pijatan ringan. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih deh..

3 dari 7 halaman

3. Garam dengan cuka apel

Ilustrasi Cuka Apel © Diadona

Perpaduan garam dengan cuka apel ternyata bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan ketombe sekaligus menjaga rambut tetap lembap. Coba campurkan garam dan cuka apel sampai menjadi sebuah scrub.

Kemudian, gosokkan scrub tersebut pada kulit kepala yang berkemtombe. Diamkan sejenak, lalu bilas dengan air bersih ya..

4 dari 7 halaman

4. Garam dengan air lemon

Ilustrasi Garam dan Lemon © Diadona

Bagi kamu yang memiliki ketombe dan minyak berlebih pada kulit kepala, maka sebaiknya diatasi dengan campuran garam dengan air perasan lemon. Campurkan 2 sendok makan garam laut dengan air perasan lemon hingga merata.

Aplikasikan pada kulit kepala sambil diberi pijatan-pijatan ringan. Diamkan kira-kira 15-20 menit agar campuran tersebut meresap dengan sempurna, kemudian cuci bersih dengan shampo berbahan dasar ringan.

5 dari 7 halaman

5. Garam dengan aloe vera

Ilustrasi Aloe Vera © Diadona

Campuran garam dan aloe vera ternyata bisa menghempaskan ketombe sekaligus melindungi batang rambut agar tetap sehat. Caranya gampang banget nih..

Siapkan sebatang aloe vera, kemudian taburi garam secukupnya. Setelah itu, gosokkan pada kulit kepala secara perlahan. Ulangi cara ini secara rutin ya..

6 dari 7 halaman

6. Garam dengan minyak zaitun

Ilustrasi Garam dan Minyak Zaitun © Diadona

Jika kamu memiliki kulit kepala yang cenderung kering tapi berketombe, maka bahan yang tepat untuk mengatasinya yakni dengan menggunakan campuran garam dengan minyak zaitun. Siapkan 2 sendok makan garam laut dan seperempat minyak zaitun hangat, campurkan keduanya sampai benar-benar merata.

Balurkan campuran tersebut pada kulit kepala tentu dengan diselingi pijatan ringan ya. Usai diberi pijatan, diamkan kira-kira 20 menit. Terakhir, bilas dan cuci bersih dengan shampo berbahan dasar ringan ya..

Beri Komentar