Nggak Cuma Melembapkan, Sebenarnya Body Oil Lebih Bagus Nggak sih Daripada Lotion?

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 3 Juli 2020 22:30
Nggak Cuma Melembapkan, Sebenarnya Body Oil Lebih Bagus Nggak sih Daripada Lotion?
Lebih bangus yang mana ya?

Saat memilih produk untuk melembabkan tubuh, kadang kita suka bingung ya lebih pilih pakai body oil atau lotion aja karena dirasa udah cukup. Sebenarnya, kedua produk perawatan kulit ini punya manfaat yang kurang lebih sama kok. keduanya sama-sama mampu menghidrasi sekaligus melembutkan kulit.

Tapi, body oil punya manfaat yang lain nih seperti bisa memperbaiki kondisi kulit, meningkatkan mood, dan nggak mudah membuat kulit iritasi karena berasal dari bahan alami.

Kalau begitu, bisa nggak sih body oil dikatakan lebih baik dari lotion meski sama-sama melembapkan karena segudang manfaat lainnya? Daripada penasaran, yuk langsung aja kita simak ulasannya yang dilansir dari Loreal Paris berikut ini.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi body oil © Diadona

Jawabannya, sayangnya enggak.

Meski sama-sama melembapkan, nyatanya body oil nggak bisa menggantikan lotion lho. Pasalnya, masing-masing punya formula dan fungsi yang berbeda.

Sebenarnya, secara alami kulit kita menghasilkan minyak, tapi produksi minyak ini bisa melambat seiring bertambahnya usia. Nah, body oil bisa memberikan kulit kita nutrisi hilang ini. Tapi, bukan berarti ia bisa menggantikan peran lotion ya.

2 dari 4 halaman

Lalu, kondisi kulit seperti apa sih yang pas menggunakan body oil?

Pertama, kulit yang berminyak. Bila kamu punya tipe kulit satu ini, body oil malah lebih cocok dibanding lotion. Mungkin kamu bertanya-tanya ya kenapa kulit berminyak malah membutuhkan body oil yang jelas-jelas merupakan minyak.

Hal ini karena bisa aja malah minyaklah yang dibutuhkan kulitmu. Pasalnya, jika kulit berminyak nggak memperoleh kelembapan yang cukup, ia mungkin malah menghasilkan minyak berlebih. Karena itulah penggunaan body oil diperlukan.

Selain itu, saat kamu menginginkan kulit nampak bercahaya, bisa banget nih kamu menggunakan body oil. Body oil sendiri bisa membuat kaki dan tanganmu bersinar secara alami.

3 dari 4 halaman

Kondisi Kulit yang Cocok Menggunakan Lotion

Ilustrasi Wanita Memakai Body Lotion © Diadona

Sebaliknya, bila tipe kulit kamu cenderung kering, menggunakan lotion lebih pas buat kamu. Hal ini karena lotion cenderung diformulasikan dengan air sehingga membantu kulit untuk menahan air tersebut.

Faktanya, lotion biasanya terdiri dari campuran minyak dan air yang menjadikannya sangat pas bagi kulit yang membutuhkan kelembaban dan hidrasi. Selain itu, lotion bisa jadi penyelamat buat kamu yang ingin melembabkan kulit kapan pun. 

4 dari 4 halaman

So, baik body oil ataupun lotion punya perannya sendiri-sendiri ya. Kembali lagi nih ke preferensi dan kebutuhan kulit kita masing-masing.

Tapi, nggak ada salahnya kok bila kamu ingin menggunakan dua-duanya. Kamu bisa mengaplikasikan lotion lebih dulu setelah mandi, lalu baru deh kunci dengan body oil untuk membuat kulit lembap lebih lama. Semoga membantu, ya.

Beri Komentar