Penyebab Kulit Wajah Kering dan Gatal Itu Gara-Gara Ini loh Girls!

Beauty | Selasa, 30 Juni 2020 22:54
Penyebab Kulit Wajah Kering dan Gatal Itu Gara-Gara Ini loh Girls!

Reporter : Wicha Mashita

Kenali penyebab kulit wajah kering dan cara mengatasinya ya!

Tahu nggak sih girls, kalau penyebab kulit kering itu karena kekurangan cairan pada lapisan terluar kulit. Sehingga bagian tubuh yang terbuka seperti lengan, tangan dan kaki menjadi area paling rentan kering.

Dalam dunia medis, kulit kering ini sering disebut dengan xerosis. Semua orang bisa mengalaminya, nggak mandang jenis kelamin. Justru tergantung pada kondisi kesehatan, lingkungan tempat tinggal, lama waktu ruangan terbuka dan bisa karena faktor usia. Biasanya, lansia lebih rentan mengalami kulit kering.

2 dari 8 halaman

Penyebab Kulit Wajah Kering

 Penyebab Kulit KeringPenyebab Kulit Kering © amoremiog
Ada beberapa penyebab kulit wajah kering yang perlu diketahui nih girls! Biasanya penyebab kulit wajah kering yang utama karena kurangnya minyak. Kalau sudah begini bisa berisiko mengalami iritasi dan kena infeksi kulit. Gak mau kan? Kenali faktor pemicunya di bawah ini ya!

Membersihkan Wajah Berlebihan


Membersihkan wajah memang bagus girls, tapi kalau terus-menerus secara berlebihan bisa mengurangi kadar minyak alami di wajah. Sehingga kulit menjadi dehidrasi. Padahal kalau kurang kadar minyak alami kulit menjadi kering.

3 dari 8 halaman

Sering Menggunakan Air Panas


Air panas memang bagus untuk membuat otot jadi lebih rileks. Apalagi kalau mandi di malam hari sebelum tidur. Namun, penggunaan air paans terlalu sering pada wajah bisa mengurangi kadar air dan minyak sehingga kulit menjadi kering.

Jenis Sabun Wajah yang Nggak Sesuai


Selain penggunaan air panas, sabun wajah yang nggak sesuai juga bisa menjadi penyebab kulit wajah kering. Jadi, jangan asal pilih ya girls. Pakai sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

4 dari 8 halaman

Faktor Lingkungan

 Dehidrasi Penyebab Kram KakiDehidrasi Penyebab Kram Kaki © wisegeek
Nggak hanya kebiasaan sehari-hari yang kurang tepat, tapi juga faktor lingkungan turut memengaruhi penyebab kulit kering. Misalnya seperti cuaca yang terlalu panas akan membuat kelembapan kulit menurun.

Kalau kamu juga terlalu dekat dengan sumber panas, kayak api unggun, pemanas ruangan dan terpapar sinar matahari juga bisa membuat kulit jadi kering loh girls! Selain itu cuaca yang terlalu dingin juga membuat kelembapan menurun dan memicu penyebab kulit kering.

Kebiasaan Merokok


Merokok memang bukan hal asing yang bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit. Gangguan pada jantung dan paru-paru misalnya. Tapi rokok juga bisa memengaruhi kesehatan kulitmu loh girls, menjadi kering dan kasar!

5 dari 8 halaman

Terpapar Senyawa Kimia


Sadar nggak sih, kalau kena paparan senyawa kimia juga bisa memicu kulit menjadi kering? Misalnya kamu berenang dan terkena klorin yang digunakan untuk membersihkan air kolam.

Kondisi Medis


Selain kebiasaan buruk kita, penyebab kulit wajah kering juga bisa dikarenakan kondisi medis tertentu. Misalnya seperti menderita hipertiroidisme, dermatitis atau eksim, dermatitis seboroik dan psoriasis.

6 dari 8 halaman

Penyebab Kulit Kering dan Gatal

 Penyebab Kulit Kering dan GatalPenyebab Kulit Kering dan Gatal © mirror
Kalau tadi membahas kulit wajah, kali ini kenali penyebab kulit kering dan gatal yang bisa terjadi di bagian manapun yuk!

Faktor Usia


Semakin bertambahnya usia, maka kondisi kulit seseorang akan semakin tipis dan kering. Hal ini wajar terjadi kok, sebab semakin tua maka kadar hormin dalam tubuh juga berkurang.

Menggosok Kulit


Kebiasaan menggosok kulit untuk membersihkannya ini bisa menyebabkan kulit jadi kering girls. Apalagi kalau kamu menggosoknya dengan alat seperti spons. Gesekan antara alat gosok dengan kulit ini berisiko merusak lapisan kelembabpan di permukaan kulit.

7 dari 8 halaman

Menggosok Tubuh dengan Handuk Setelah Mandi


Selain menggosok tubuh dengan alat, mengeringkan tubuh setelah mandi dengan menggosokkan sabun juga nggak baik loh! Sebab, kelembapan bisa hilang gitu aja guys.

Eits.. kamu juga perlu memperhatikan sabun yang dipakai untuk mandi ya. Sabun dengan kandungan formulasi kuat seperti antiseptik bisa berisiko tinggi menjadi penyebab kulit kering.

Iritasi


Mengalami iritasi karena sabun, parfum atau bahkan kain bahan pakaian juga bisa mempengaruhi keadaan kulitmu. Sabun cuci pakaian dan cara mencucinya juga perlu diperhatikan nih girls biar nggak merusak kelembapan kulit.

8 dari 8 halaman

Mandi Uap


Mandi uap air panas memang nikmat dan menenangkan ya girls? Tapi temperatur yang terlalu tinggi membuat minyak alami kulit makin mengering sehingga kulit pun jadi kering dan kasar. Jangan sering-sering ya!

Perubahan Cuaca


Perubahan cuaca juga berperan menjadi pemicu kulit kering loh girls! Semakin rendah kelembapan udara maka kulit menjadi semakin kering. Nggak hanya suhu yang tinggi, tapi suhu terlalu rendah juga bisa membuat kulit kering.

Jadi itu lah beberapa penyebab kulit kering baik di wajah maupun bagian lainnya. Gunakan sabun yang sesuai jenis kulit dan mandi tidak lebih dari 10 menit, maupun kurang dari 5 menit untuk mencegah kulit kering.

Join Diadona.id