Rutin Melakukan Senam Wajah Bisa Bikin Awet Muda, Benar Nggak Sih?

Beauty | Selasa, 16 Februari 2021 12:25

Reporter : Mutia Wella Lukitasari

Cara ini disebut efektif untuk usia 40an. Mitos atau fakta, simak berikut ini yuk!

Awet muda merupakan salah satu hal yang diidamkan banyak orang. Karena itu tak sedikit yang melakukan berbagai teknik kecantikan untuk merawat wajah.

Salah satunya cara simpel yang dipercaya dapat membuat wajah awet muda adalah dengan melakukan senam wajah. Bener nggak ya?


Menurut penelitian dari Northwestern Medicine yang diterbitkan di jurnal JAMA Dermatology, senam wajah memang dapat membuat wajah terlihat lebih muda. Para peneliti menemukan bahwa pada wanita berusia 40-65 tahun yang melakukan senam wajah selama 30 menit setiap hari dengan cara yang tepat selama 20 minggu, hal ini dapat menghasilkan pipi atas dan bawah yang lebih berisi sehingga memberikan penampilan yang tampak lebih muda.

Rutin Melakukan Senam Wajah Bisa Bikin Awet Muda, Benar Nggak Sih?
2 dari 3 halaman

Kurang Efektif

Ilustrasi Senam WajahIlustrasi Senam Wajah © shutterstock.com/g/StudioRomantic

Senam wajag disebut dapat meningkatkan otot-otot di wajah mengisi kekenduran yang mungkin terjadi karena penuaan.

Namun, menurut Tina Alster, M.D., seorang profesor klinis dermatologi di Pusat Medis Universitas Georgetown, kendur bukanlah masalah otot. "Melatih otot-otot individu wajah bisa membuatnya lebih besar, tetapi itu belum tentu menjadi alasan sebagian besar penuaan yang dialami kulit kita. Seiring bertambahnya usia, kulit mulai kendur dan membentuk kerutan, terutama karena reabsorpsi struktur kerangka kita," ungkapnya.


Ia pun menambahkan jika sebagian besar otot wajah telah dilatih secara fungsional untuk aktifitas sehari-hari.

"Kita berkedip, tersenyum, mengunyah, berbicara (menggunakan) otot-otot di wajah yang dilatih secara teratur. Sulit untuk mengetahui apakah latihan benar-benar melatih mereka [otot wajah] dalam hal anti-penuaan." tambahnya.

3 dari 3 halaman

Perlu Perawatan Lainnya

Ilustrasi Perawatan WajahIlustrasi Perawatan Wajah © 2019 https://www.diadona.id/@pexels

Jadi jika melakukan senam wajah dengan rutin selama 20 minggu seperti yang disarankan memang  memungkinkan wajah jadi lebih berisi. Namun tentu saja hal ini saja tak cukup.

Perlu dilakukan perawatan lainnya, Dr. Tina menyarankan untuk melakukan rutinitas perawatan kulit atau prosedur non-invasif lainnya, seperti microneedling yang dikenal sebagai terapi induksi kolagen atau teknologi laser yang dapat mengencangkan kulit, mengurangi kendur di wajah. Selamat mencoba!

Join Diadona.id