Sering Jadi Andalan pada Skincare, Apa Manfaat Ceramide untuk Kulit?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 26 Juli 2021 16:15
Sering Jadi Andalan pada Skincare, Apa Manfaat Ceramide untuk Kulit?
Yuk kenali apa itu Ceramide dan manfaatnya bagi kulit.

Dunia skincare memang terus mengalami perkembangan. Ada-ada saja kandungan 'baru' yang diformulasikan dalam produk kecantikan yang kita gunakan. Salah satunya yang lagi nge-hits adalah Ceramide.

Ceramide merupakan golongan asam lemak yang sering terkandung dalam skincare, seperti pelembap, serum, masker, dan sebagainya. Namun sebenarnya, Ceramide bisa ditemukan secara alami di dalam sel kulit.

Ceramide membentuk lapisan kulit paling luar hingga 50% dan berperan penting dalam melindungi kulit. Sayangnya, kualitas dan kuantitas Ceramide akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia, adanya paparan sinar matahari, serta penggunaan skincare yang kurang tepat.

Lantas, bagaimana manfaat kandungan Ceramide yang ada pada skincare bagi kondisi kulit? Yuk, simak ulasan selengkapnya.

1 dari 5 halaman

1. Menjaga kelembapan kulit

Ilustrasi Kulit Lembab © Diadona

Ceramide dipercaya bisa melindungi lapisan epidermis kulit dari kerusakan yang timbul dari luar tubuh. Kebutuhan Ceramide yang terpenuhi pada kulit bisa membantu menjaga kulit tetap lembap dan lapisan pelindung kulit jadi lebih kuat. Dengan kelembapan yang terkunci, kulit tidak mudah kering dan iritasi.

2 dari 5 halaman

2. Menghambat munculnya tanda penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan kulit kering. Dengan memenuhi kebutuhan Ceramide dalam kulit, kemunculan tanda-tanda penuaan ini bisa dihambat dan diperlambat. Sebuag studi menemukan fakta bahwa pengaplikasikan ceramide pada perempuan berusia 20-an bisa membuat kulit jadi lebih halus dan lembut.

3 dari 5 halaman

3. Mengembalikan fungsi skin barrier

Ilustrasi Kulit Sehat © Diadona

Jumlah Ceramide yang terus berkurang di dalam kulit bisa menyebabkan skin barrier jadi rusak, kulit pun jadi kering, kasar, iritasi dan mudah dehidrasi. Pemenuhan kebutuhan Ceramide melalui skincare tentunya bisa mengembalikan fungsi skin barrier. Dengan kondisi skin barrier yang terlindungi, maka kulit akan lebih terjaga kelembapan dan kelembutannya.

4 dari 5 halaman

4. Mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat

Salah satu penyebab jerawat adalah bakteri serta penumpukan kotoran dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Bakteri ini bisa berkembang pada lapisan kulit yang kondisinya sehat maupun tidak. Kandungan Ceramide pada skincare dipercaya bisa melindungi lapisan kulit, sehingga masuknya bakteri bisa diminimalisir agar tidak berkembang di dalamnya.

5 dari 5 halaman

5. Mengurangi kulit sensitif

Ilustrasi Kulit Sensitif © Diadona

Kulit yang sensitif ditandai dengan kondisi yang kering, tidak terhidrasi dengan baik, dan mudah bereaksi pada berbagai produk perawatan kulit. Kondisi kulit sensitif ini dipengaruhi oleh kurangnya kelembapan yang berfungsi sebagai pelindung. Itulah sebabnya, Ceramide sangat diperlukan kulit untuk menjaga kelembapan dan mengurangi sensitivitas kulit.


Itu dia sejumlah manfaat dan seberapa pentingnya kandungan Ceramide bagi kulit. Gimana, tertarik mencoba?

Beri Komentar