Sering Jadi Andalan, Sebenarnya Toner Berbahan Cuka Apel Aman Buat Kulit Nggak sih?

Beauty | Kamis, 26 November 2020 18:15
Sering Jadi Andalan, Sebenarnya Toner Berbahan Cuka Apel Aman Buat Kulit Nggak sih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Lebih banyak manfaatnya atau kerugiannya?

Beberapa waktu belakangan banyak bermunculan skincare berbahan alami yang digadang-gadang cukup aman jika langsung diaplikasikan ke kulit. Salah satunya yang cukup tenar yakni toner berbahan dasar cuka apel.

Menurut dr. Richard Lee, MARS, cuka apel tuh sebenernya bagus banget kok. Cuka apel memiliki kandungan vitamin A, C, E, potasium, kalium, dan magnesium. Di dalamnya juga terkandung antioksidan dan antibakteri yang memang bermanfaat banget.

2 dari 3 halaman

 Ilustrasi Cuka ApelIlustrasi Cuka Apel © shutterstock.com/g/Mizina

Tapi ternyata, belum ada penelitian yang berhasil menemukan manfaat cuka apel terhadap kulit wajah. Jika dipakai sembarangan, cuka apel justru bisa menyebabkan kulit jadi gatal-gatal, terasa panas, bahkan iritasi dan menimbulkan efek seperti terbakar.

Toner sebetulnya diformulasikan untuk mengembalikan pH kulit yang sempat 'kacau' karena terkena sabun. Tapi sayangnya, toner cuka apel justru tidak bisa mengontrol atau menyeimbangkan pH tersebut.

3 dari 3 halaman

 Ilustrasi Cuka ApelIlustrasi Cuka Apel © shutterstock.com/g/9dreamstudio

Cuka apel yang merupakan hasil fermentasi ternyata juga mengandung alkohol loh.. Jadi kalau dipakai terlalu sering, toner cuka apel bisa membuat kulit menjadi kering, menimbulkan bruntusan, bahkan jerawat.

Well, sebisa mungkin pakai toner yang bahannya normal-normal aja deh. Cari tau dulu kandungan apa yang sesuai dengan kondisi kulitmu, supaya toner tersebut bisa benar-benar bermanfaat dan nggak semakin merusak wajahmu. Anyway, semoga bermanfaat ya..

Join Diadona.id