Serupa tapi Tak Sama, Ini nih Perbedaan Serum dengan Face Oil

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 27 Februari 2021 15:15
Serupa tapi Tak Sama, Ini nih Perbedaan Serum dengan Face Oil
Jangan sampe salah pilih, sesuaikan kebutuhan kulit.

Skincare yang dikenakan kaum hawa memang banyak banget jenisnya. Yang belakangan ini paling populer digunakan adalah serum wajah dan face oil.

Banyak yang mengira keduanya memiliki manfaat yang sama. Namun ternyata, keduanya punya perbedaan mendasar, baik dari segi tekstur, kandungan, bahkan manfaat.

Biar nggak salah pilih dan malah merusak kondisi kulit, coba simak ulasan berikut ini deh.

1 dari 5 halaman

Serum Wajah

Ilustrasi Serum Wajah © Diadona

Serum biasanya mengandung bahan aktif yang diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Bisa dibilang, pemakaian serum ini fungsinya untuk merawat kulit secara khusus.

Serum memiliki tekstur yang beragam. Ada yang ringan dan encer seperti air, tapi ada juga yang agak kental seperti lendir. Perbedaan tekstur ini biasanya disesuaikan dengan jenis permasalahan kulit yang akan diatasi.

2 dari 5 halaman

Bahan utama serum mengandung bahan aktif yang berfokus untuk mengatasi permasalahan kulit. Biasanya terbagi dalam beberapa jenis, seperti untuk mencerahkan wajah, peremajaan kulit, memperbaiki tekstur kulit, atau menghidrasi kulit.

Secara umum, bahan aktif yang terkandung dalam serum biasanya berupa vitamin C, jenis-jenis acid, galactomyces, snail, green tea extract, dan beberapa bahan lainnya. Bahan-bahan ini pun dipilih secara khusus yang benar-benar mampu mencapai lapisan epidermis paling dalam.

3 dari 5 halaman

Face Oil

Ilustrasi Face Oil © Diadona

Secara umum, face oil dikenal bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, sekaligus menghidrasi dan melembapkannya. Face oil juga berfungsi sebagai pertahanan terakhir untuk melindungi, menyembuhkan, dan menutrisi kulit.

Sebagaimana namanya, face oil tentunya memiliki tekstur yang pekat hampir seperti minyak. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan ekstrak tumbuhan dan minyak esensial yang menyediakan lemak bagi kulit.

4 dari 5 halaman

Lemak dari tumbuhan bisa berupa jojoba, rosehip, seabuckthorn, serta argan. Manfaatnya tentu aja untuk membantu membentengi penghalang kelembapan sekaligus menjaga kulit tetap seimbang.

Meski tujuan utama face oil untuk menghidrasi kulit, tentunya ada manfaat-manfaat sampingan yang ditawarkan. Selain membantu meningkatkan kelembapan, face oil juga dipercaya bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat lingkungan yang menimbulkan jerawat dan tanda-tanda penuaan.

5 dari 5 halaman

Kalau kamu mau menggunakan dua-duanya, lebih baik aplikasikan serum lebih dulu karena teksturnya lebih ringan. Seusai memakai serum, kamu bisa mengaplikasikan face oil dan mengunci khasiatnya dengan memakai pelembap.

Namun, jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, alangkah baiknya pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit ya. Well, semoga ulasan ini bermanfaat buatmu..

Beri Komentar