Stop Digunakan, 5 Bahan Skincare Ini Berbahaya Untuk Kulit Sensitif

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 14 September 2020 14:25
Stop Digunakan, 5 Bahan Skincare Ini Berbahaya Untuk Kulit Sensitif
Berbeda dengan jenis kulit lain, kulit sensitif sebaiknya tak menggunakan skincare berbahan berikut ini.

Kulit memang memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah sensitif. Memiliki kulit sensitif biasanya cenderung membuat kulit jadi lebih mudah untuk berjerawat, pori-pori besar, kulit mudah kemerahan, beruntusan dan juga munculnya komedo di wajah.

Karena keadaan itu lah yang membuat pemilik kulit sensitif jadi harus berhati-hati dalam menentukan skincare atau perawatan kulit lainnya. Nah ada beberapa bahan berikut yang jangan sampai ada di produk skincare kalian, karena dapat membuat kulit jadi breakout, berjerawat atau lainnya. Simak berikut ini yuk!

1 dari 5 halaman

Parfum

Ilustrasi Parfum © Diadona


Parfum memang membuat bahan skincare atau apapun jadi berbau harum dan menyenangkan untuk dihirup. Namun bagi kulit sensitif bahan ini dapat memicu adanya iritasi, kemerahan hingga memicu munculnya beruntusan.

Parahnya, kandungan parfum dalam skincare juga dapat membuat kulit jadi gatal-gatal hingga mengganggu sistem pernafasan.

2 dari 5 halaman

Alkohol

Ilustrasi Cairan Alkohol © Diadona

Selanjutnya adalah alkohol, ini merupakan kandungan yang dapat membuatkulitjadi kering, iritasi, kasar dan mengelupas jika digunakan pada kulit sensitif.
Penggunaan dalam jangka waktu panjang, kandungan alkohol dapat merusak lapisan dermal pada kulit sensitif. Ini merupakan lapisan paing luar yang bertugas membuat kulit lembab, melindungi kulit dari paparan matahari dan melindungi kulit dari bakteri.

3 dari 5 halaman

Paraben


Paraben adalah bahan pengawet yang biasanya ada dalam produk skincare, kosmetik, deodoran, sabun, tabir surya dan produk kecantikan lainnya.

Produk ini pun dapat memicu timbulnya alergi pada kulit sensitif.

4 dari 5 halaman

Minyak Esensial

Ilustrasi Minyak Lavender © Diadona


Kandungan minyak esensial sebenarnya baik untuk memperbaiki masalah kulit. Namun bagi pemiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari terlalu sering menggunakan bahan ini.

Karena kandungan minyak esensial dapat menyebabkan kulit jadi lebih berminyak, beruntusan dan membuat pori-pori tersumbat yang dapat mengakibatkan jerawat batu.

5 dari 5 halaman

Scrub


Tekstur dari scrub yang kasar dapat mengganggu kesehatan kulit. Hal ini karena scrub sebagai eksfoliator dapat mengangkat kulit mati, justru dapat membuat kulit jadi ruam dan kemerahan.

Nah itu dia lima bahan yang mengganggu kesehatan kulit sensitif. Jangan lupa untuk selalu melakukan tes produk dulu sebelum menggunakan skincare ya.

Beri Komentar