Stres Bikin Kulitmu Jadi Bermasalah? Atasi dengan 5 Skincare Ini, Yuk!

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 10 Juni 2020 22:30
Stres Bikin Kulitmu Jadi Bermasalah? Atasi dengan 5 Skincare Ini, Yuk!
Meski mengalami stres, jangan lupa untuk tetap merawat kulit ya.

Rutinitas kerja dan berbagai masalah yang menumpuk nggak jarang membuat kita mengalami stres. Nggak hanya mempengaruhi mood dan kinerja kita, stres juga berpengaruh pada kulit lho.

Stres sendiri memiliki berbagai efek buruk pada kulit kita. "Stres memperlambat penyembuhan luka, merusak penghalang kulit, dan meningkatkan peradangan," kata dermatologis yang berbasis di Kota New York Joshua Zeichner, MD, seperti yang dilansir dari Real Simple.

Zeichner menjelaskan stres juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Hal ini karena hormon yang sama yang mempersiapkan tubuh kita untuk menghadapi tekanan juga merangsang kelenjar minyak dan menyebabkan peradangan pada folikel.

Nah, bila sekarang kulitmu sedang mengalami masalah akibat stres, berikut Diadona sajikan sederet skincare yang bisa membantumu mengatasi masalah kulit akibat hal satu ini. Apa aja itu? Yuk simak sederet skincarenya yang dilansir dari Real Simple di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Cleanser

Ilustrasi cleanser © Diadona

Menjaga kulit tetap bersih memang penting ya apalagi saat kulit sedang bermasalah. Salah satu caranya dengan menggunakan cleanser atau pembersih.

Bukan sembarang cleanser, memilih cleanser yang lembut juga penting lho agar nggak menyebabkan lapisan kulit terluar jadi terkikis karena tekstur kasar dari cleanser.

" Beberapa cleanser yang kasar bisa mengikis kulit dan menyebabkan lapisan kulit terluar jadi nggak berfungsi," terang Zeichner.

2 dari 5 halaman

Krim Malam

Ilustrasi Wanita Memakai Krim Wajah © Diadona

Memakai krim malam juga sama pentingnya. Zeichner mengatakan bila kadar hidrasi kulit kita akan menurun mulai dari sore hari. So, penting banget bagi kamu memakai krim malam.

" Saat kulit mengalami stres dan skin barrier terganggu, kekeringan pada kulit bisa jadi lebih buruk," kata Zeichner.

Karena itu, ia merekomendasikan untuk menggunakan krim malam yang mengandung bahan-bahan yang membantu kulit untuk mempertahankan hidrasi, seperti hyaluronic acid atau ceramides.

3 dari 5 halaman

Retinol

Ilustrasi retinol © Diadona

Ada berbagai perawatan nih yang bisa membantumu melawan tanda-tanda stres pada kulit. Salah satunya Retinol. Nggak hanya dikenal sebagai anti-penuaan, Retinol juga bisa membantu mereka yang rentan terhadap perubahan kulit akibat stres seperti minyak berlebih, peradangan dan kulit kering.

4 dari 5 halaman

Masker Wajah

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Seperti Retinol, masker juga bisa lho membantu mengatasi peradangan pada kulitmu akibat stres. Kamu bisa memilih masker yang berfungsi untuk membersihkan ataupun menenangkan kulit. Jangan lupa, sesuaikan dengan masalah kulit yang kamu alami ya. 

5 dari 5 halaman

Masker Mata

Ilustrasi memakai masker mata © Diadona

Selain masker wajah, masker mata juga nggak boleh kamu lewatkan. Apalagi, kulit di bagian bawah mata adalah salah satu yang rentan.

" Kulit di bawah mata adalah salah satu yang paling tipis dan paling sensitif pada tubuh, sehingga paling berisiko mengalami kering, iritasi, bahkan bengkak," ucap Zeichner.

Ia menambahkan, " Masker mata yang menenangkan sangat baik untuk stres karena efek menenangkan yang diberikan bisa bermanfaat untuk kulit sekaligus pikiran saat kamu menggunakannya."

Nah, itu dia sederet skincare yang bisa membantumu mengatasi masalah kulit yang timbul akibat stres. Semoga membantu, ya.

Beri Komentar