Stress Bisa Bikin Kulit Kusam, lho! Gimana Solusinya?

Reporter : Sheila Fathin
Rabu, 21 April 2021 16:49
Stress Bisa Bikin Kulit Kusam, lho! Gimana Solusinya?
Stress ternyata bisa bikin kulit kamu kusam

Tahukah kamu kalau stress ternyata bisa mempengaruhi kondisi kulit kamu dan membuat kulit kamu jadi kusam? Iya itu benar, lho ternyata. Hal itu terjadi karena sistem saraf dan kulit adalah dua hal yang saling terhubung. Saat stress tubuh kamu akan mengeluarkan hormon melanocyte - stimulation yang berperan memberi warna hitam pada kulit. 

Cara kerja hormon ini adalah dengan melepaskan melanin ke seluruh lapisan kulit sehingga membuat kulit kita tampak kusam dan hitam. Sebenarnya, stress bukanlah hal yang jarang kita rasakan. Kita bahkan sering merasakannya. Namun, untuk mengurangi rasa stress itu agar tidak mempengaruhi kondisi tubuh, kita perlu mengetahui penyebab dari stress itu sendiri. Mengetahui penyebab stress bukan perkara yang mudah juga untuk dilakukan. Nah, berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa stress kamu agar tidak semakin berlebihan.

1 dari 4 halaman

Menjalani Pola Hidup dengan Benar

ilustrasi pola hidup sehat © Diadona

Pola hidup yang sehat dan benar adalah pola hidup yang dilakukan seperti tidur selama 7-8 jam, dan olahraga secara rutin. Dengan tidur selama 7-8 jam per hari akan membuat tubuh kamu lebih rileks dan stabil dibandingkan dengan orang yang tidur kurang dari 7-8 jam. Mereka akan cenderung mengalami perubahan emosi yang naik turun dan lebih sering mengalami stress. 

Selain itu, dengan olahraga yang rutin minimal 30 menit, bisa membantu memperlancar peredaran darah ke otak sehingga otak dipenuhi dengan oksigen dan membuat diri kita lancar dalam berpikir. Jangan lupa, banyak minum air putih agar tubuh dan kulit kamu tetap terhidrasi dengan baik.

2 dari 4 halaman

Mencuci Wajah dengan Benar

Mencuci wajah © Diadona

Membersihkan wajah dengan double cleansing bisa membuat kotoran yang menempel pada kulit kamu hilang. Jangan lupa membersihkan kulit harus dengan double cleansing, ya. Agar semua kotoran yang menempel hilang dan kamu produk skincare yang akan kamu aplikasikan bisa masuk ke dalam kulit secara maksimal.

3 dari 4 halaman

Melakukan Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit © Diadona

Eksfoliasi kulit berguna untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang tidak bisa dijangkau hanya dengan facial wash saja. Selain untuk membersihkan sisa-sisa kotoran, eksfoliasi kulit dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati agar regenerasi kulit berjalan dengan baik. Keuntungan eksfoliasi yang dilakukan setiap hari membuat kulit kita lebih bersih, sehat dan terhindar dari kusam.

4 dari 4 halaman

Gunakan Sunscreen

Carasun Solar Smart UV Protector SPF45 PA ???? © Diadona

Menggunakan sunscreen bisa melindungi kulit kamu dari UVA dan UVB yang bisa merusak kulit. Sunscreen dapat membantu kamu untuk bisa lebih menjaga kulit kamu agar tidak kusam. 

Beri Komentar