Tangkal Krisis Percaya Diri ala Erviera Lovienta sang Putri Indonesia Sumatera Barat 2022

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 25 Maret 2022 14:53
Tangkal Krisis Percaya Diri ala Erviera Lovienta sang Putri Indonesia Sumatera Barat 2022
Erviera Lovienta juga menyediakan wadah untuk saling dukung antar perempuan

Masalah krisis kepercayaan diri adalah isu yang sangat lekat dengan kaum perempuan. Adanya standar kecantikan, ekspektasi pihak luar, hingga perubahan-perubahan yang dipengaruhi aspek biologis membuat perempuan jadi sangat rentan untuk kehilangan rasa percaya diri.

Isu itulah yang coba dibicarakan dan dipecahkan oleh Diadona. Lewat program Diatalk, Diadona menggandeng Erviera Lovienta, Putri Indonesia Sumatra Barat 2022, untuk membicarakan tips-tips mengalahkan krisis kepercayaan diri.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by DIADONA (@diadona.id)

1 dari 6 halaman

Percaya Diri Bukan Goals Utama

Erviera Lovienta menyebut bahwa kepercayaan diri adalah suatu hal yang sebenarnya bisa dengan mudah kita miliki. Hanya saja, diperlukan sedikit penyesuaian dalam hal pola pikir, yakni dengan tidak menempatkan rasa percaya diri sebagai target besar di ujung perjalanan, namun sesuatu yang kita kumpulkan perlahan.

" Saat kita bilang confidence sebagai goals, rasanya kan kayak sulit untuk diraih, tapi (akan lebih mudah) jika kita memulainya sedikit demi sedikit, mulai dari fisik, knowledge, talent, skill. Ini semua kan membutuhkan kepercayaan diri," tutur sosok yang akrab disapa Viera dalam Diatalk episode 'Get Up Girls! Kalahkan Krisis Kepercayaan Diri', Rabu (23/3) lalu.

" Itu semua merupakan suatu kesinambungan yang membuat kita betul-betul percaya diri. Jadi kalau menurut saya kita mulai dari luar dulu, kita accept dulu dengan apa yang kita miliki," imbuhnya.

2 dari 6 halaman

Menghadapi Pendapat Orang Lain

Pendapat orang lain sering juga menjadi musuh besar para perempuan yang sedang membangun rasa percaya diri. Satu dua tanggapan negatif sudah lebih dari ampuh untuk meruntuhkannya. Bagi Viera, hal ini memang tak dapat dihindarkan, namun bisa dilawan dengan cara memberi afirmasi positif pada diri sendiri sesering mungkin.

" Saya selalu katakan kepada diri saya bahwa saya cukup. Kalau ada yang berpendapat lain, ya itu pendapat mereka. Pendapat tidak sama dengan fakta kan?" terang Viera.

3 dari 6 halaman

      View this post on Instagram

A post shared by VIERA (@vieralovienta)

Hal tersebut bertujuan agar perempuan bisa lebih fokus untuk mengikuti arah berdasarkan pikiran positifnya sendiri--sesuatu yang bisa dikontrol--alih-alih termakan ujaran negatif orang lain yang akhirnya membuat diri selalu merasa kurang.

"Jika kita melihat diri kita selalu ada yang kurang, itulah yang akan menghancurkan kepercayaan diri kita," tegas Viera.

"Take control of yourself. Take control of your thought," lanjutnya.

4 dari 6 halaman

I'm With Her Indonesia

Berkenaan dengan hal tersebut, Viera rupanya telah menyediakan sebuah wadah bernama I'm With Her Indonesia sebagai sarana saling dukung antar perempuan.

" I'm With Her Indonesia merupakan platform yang saya dirikan mengenai perempuan bantu perempuan. Kita menyediakan suatu platform di mana kita bisa saling mengedukasi dan menginspirasi sesama perempuan," ujar Viera.

" Tujuannya adalah agar kita bisa beraliansi, bersama-sama untuk menghadapi isu-isu yang dihadapi perempuan sehari-harinya," tambahnya.

5 dari 6 halaman

Dengan adanya I'm With Her Indonesia, Viera ingin membuat perempuan agar bisa saling dukung dalam menghadapi permasalahan masing-masing secara bersama-sama.

"Misalnya isu terhadap kepercayaan diri. Bukan hanya satu orang yang menghadapinya. Platform ini menyediakan wadah (agar perempuan sadar) bahwa isu ini perempuan lain juga mengalaminya," kata Viera.

"Yuk kita hadapi sama-sama, menemukan solusi agar kita bisa terinspirasi untuk memecahkan isu tersebut," pungkasnya.

Saat ini I'm With Her Indonesia tersedia lewat Instagram @imwithher.id. Lewat sarana tersebut, Viera biasa melakukan diskusi untuk saling tukar gagasan dan pendapat soal berbagai isu perempuan. I'm With Her Indonesia juga membuka kesempatan menjadi volunteer dengan cara menghubungi mereka lewat direct message.

      View this post on Instagram

A post shared by DIADONA (@diadona.id)

Beri Komentar