Tips Memilih Produk Anti-Aging berdasarkan Jenis Kulit, Jangan Sembarangan ya!

Beauty | Sabtu, 9 Oktober 2021 11:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Catat mana yang sesuai untukmu.

Seiring bertambahnya usia, kulit juga ikut mengalami penuaan. Tanda-tanda penuaan pada kulit terlihat dari munculnya garis-garis halus, kerutan, kulit terasa kering dan kasar, hingga berkurangnya kekenyalan kulit.

Penuaan memang nggak bisa dihentikan, tapi tentunya masih bisa ditunda atau diminimalisir efeknya. Salah satu caranya yakni dengan menggunakan produk anti-aging.

Tips Memilih Produk Anti-Aging berdasarkan Jenis Kulit, Jangan Sembarangan ya!
2 dari 7 halaman

Penggunaan produk anti-aging pun nggak bisa sembarangan. Kamu harus memilih dengan tepat agar hasilnya optimal di kulit.

Melansir dari L'Oreal Paris, berikut ada tips yang bisa kamu ikuti dalam memilih produk anti-aging yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit. Simak selengkapnya ya!

3 dari 7 halaman

1. Produk anti-aging untuk kulit kering

Ilustrasi Kulit KeringIlustrasi Kulit Kering © shutterstock.com/id/g/chris_tina_portfolio

Kulit kering cenderung memiliki kondisi yang kaku dan sering gatal saat dehidrasi dan kurang kelembapan. Kondisi ini membuat kulit rentan mengalami kerutan dan terjadi penumpukan sel kulit mati yang membuat wajah tampak kusam.

Cara terbaik untuk mengatasinya yakni dengan melakukan eksfoliasi ringan secara rutin. Selain itu, gunakan produk anti-aging yang diformulasikan untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Produk yang menghidrasi akan masuk ke dalam lapisan kulit untuk mengikat kandungan air di dalam kulit, sedangkan produk yang melembapkan bisa menjaga skin barrier agar terlindungi dari sinar UV, debu, dan polusi.

4 dari 7 halaman

2. Produk anti-aging untuk kulit berminyak

Ilustrasi Kulit BerminyakIlustrasi Kulit Berminyak © shutterstock.com/g/Makistock

Sama seperti kulit kering, kulit berminyak pun tetap mengalami tanda penuaan. Untuk mengatasi kulit yang mengalami dehidrasi, maka kamu harus tetap menggunakan produk anti-aging yang bertujuan untuk menghidrasi dan melembapkan kulit namun dengan formula yang lebih ringan.

Selain itu, pilih produk anti-aging yang juga membantu menyeimbangkan kadar minyak di wajah sekaligus mempercepat proses regenerasi sel kulit. Apabila wajahmu juga rentan berjerawat, jangan lupa tambahkan obat jerawat sebelum memakai pelembap.

5 dari 7 halaman

3. Produk anti-aging untuk kulit kombinasi

Ilustrasi SkincareIlustrasi Skincare © shutterstock.com/id/g/paullynn

Kulit kombinasi terdiri dari area yang kering, tapi juga ada bagian yang berminyak. Untuk mengatasi munculnya tanda penuaan pada kulit kombinasi, tentu kamu harus memilih produk khusus yang tetap aman bagi kulit kering atau berminyak.

Pastinya, kamu harus memilih produk anti-aging yang terfokus untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Namun ada baiknya pertimbangkan produk dengan kandungan bahan aktif agar bisa bekerja lebih maksimal. Pilih juga produk dengan tekstur yang ringan atau water based agar tidak memicu produksi minyak berlebih di wajah.

6 dari 7 halaman

4. Produk anti-aging untuk kulit di usia matang

Ilustrasi Skincare WanitaIlustrasi Skincare Wanita © 2019 https://www.diadona.id

Memakai produk anti-aging memang sebaiknya sejak sedini mungkin, namun kamu tetap bisa menggunakannya meski kulit sudah menunjukkan tanda penuaan. Jika memang kamu baru menggunakan produk anti-aging di usia dewasa, maka pilihlah produk yang kaya nutrisi dan bahan aktif, seperti hyaluronic acid.

Penggunaannya pun harus rutin dan jangan hanya di daerah yang mengalami penuaan. Aplikasikan produk secara merata, mulai dari wajah hingga leher agar semua area tetap lembap dan terhidrasi sehingga tanda penuaan bisa tersamarkan.

Join Diadona.id